Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5. CARA MEMINDAHKAN FILE DARI HP KE KOMPUTER ATAU DARI KOMUTER KE HP

Ingin memindahkan data dari laptop ke perangkat Android atau sebaliknya ? Berikut adalah beberapa cara mudah untuk mentransfer dalam waktu yangrelatif singkat.

Ponsel pintar kini telah berkembang sedemikian rupa sehingga dapat dengan mudah menggantikan PC kita untuk tugas sehari-hari seperti email, streaming video, dan penelusuran web. Terlepas dari perangkat utama, cepat atau lambat kita dihadapkan  harus berbagi file dari ponsel  ke PC atau sebaliknya.

Ada banyak cara berbeda untuk berbagi file dari PC ke ponsel Android , tetapi cara terbaik bergantung pada jumlah data yang akan ditransfer. Mari kita lihat bagaimana  cara agar dengan mudah dapat berbagi file dari PC ke ponsel Android.

Berikut adalah cara berbagi file dari HP android ke PC Laptop 

1. Memindahkan  File dari Laptop ke Ponsel Menggunakan Kabel USB

Jika  harus mentransfer banyak file antara ponsel Android dan PC ,  harus memilih metode transfer tertua dan paling l. Berbagi file dari ponsel ke laptop masih cepat dan mudah, selama  memiliki kabel yang kompatibel. Colokkan kabel pengisi daya  ke PC dan hubungkan dengan telepon .

Setelah  menyiapkannya, lakukan hal berikut di Windows atau Chromebook:
  • Hubungkan telepon .
  • Ketuk pemberitahuan yang ditampilkan Android berlabel Mengisi perangkat ini melalui USB .
  • Di bawah pengaturan USB , mengatur Gunakan USB untuk ke Mentransfer file atau Transfer file

Setelah jendela transfer file akan terbuka di komputer , menunjukkan ponsel (dan kartu SD jika ada). Kemudian dapat mulai menyalin file yang dibutuhkan.

Petunjuknya hampir sama di Mac, tetapi harus menginstal perangkat lunak Android File Transfer terlebih dahulu.

Metode ini cocok untuk menyalin data dalam jumlah besar. Cobalah ketika Anda ingin mentransfer beberapa film atau seluruh koleksi musik Anda. Ini juga memudahkan untuk memindahkan file ke kartu SD ponsel.

2. Bagikan File Dari PC ke Ponsel Menggunakan Email

Mengirim file melalui email ke diri kita sendiri bukanlah cara yang paling efisien untuk memindahkan data dari laptop ke telepon, tetapi kita semua melakukannya pada satu waktu atau yang lain. Ini berfungsi untuk berbagi file dengan cepat ketika  tidak dapat menggunakan metode lain apa pun.

WeTransfer memungkinkan  mengirim hingga 2GB file melalui email
 dibatasi hingga 25 MB lampiran di Gmail. Jika  membutuhkan sesuatu yang lebih besar, lihat WeTransfer . Itu memungkinkan  mengirim file hingga 2GB secara gratis, tanpa registrasi.

Masukkan alamat email  di situs web, lalu seret file  ke jendela browser dan kirim.  kemudian akan menerima email di ponsel  dengan tautan ke file yang dapat  unduh. Untuk keamanan, file dienkripsi dan dihapus setelah tujuh hari.  memerlukan keanggotaan Pro jika ingin menghapus file lebih cepat atau menyimpannya lebih lama

3. Bagikan File Dari PC ke Ponsel Dengan Aplikasi Perpesanan WhatsApp (WA)

Atau, cara mudah lainnya untuk mentransfer file antara perangkat Android dan PC  adalah dengan menggunakan WhatsApp Web . Ini adalah cara yang praktis untuk berbagi gambar, dokumen, atau bahkan video dengan cepat jika  memiliki koneksi internet yang cepat.

Salah satu metode populer untuk berbagi file dengan WhatsApp adalah membuat grup WhatsApp baru hanya dengan satu kontak dan menghapusnya segera setelah  membuat grup dengan anggotanya hanya anda sendiri ini juga yang sering saya pakai ketika akan memindahkan file dari HP ke komputer.
Untuk mengirim file dari PC , pertama-tama  harus masuk ke WhatsApp Web dari PC  dan mengunggah file yang diperlukan dalam obrolan grup yang baru dibuat tadi.

4. Cara Mentransfer File Dari Laptop ke Ponsel Melalui Wi-Fi

Saat memindahkan file dengan ukuran yang lumayan besar, cara ini dapat terbilang ampuh dan cepat. Selama  menghubungkan ponsel dan laptop ke jaringan Wi-Fi yang sama,  dapat memindahkan file dengan cepat dan aman.

Untuk menyalin file melalui Wi-Fi,  memerlukan aplikasi tertentu di ponsel  tetapi tidak ada tambahan di laptop . Kami merekomendasikan Portal by Pushbullet , yang gratis dan tidak memerlukan pendaftaran. Ia bekerja dengan platform apa pun: Windows, Mac, Linux, atau Chrome OS. Unduh dan instal aplikasi Android dari Google Play Store untuk memulai.

Selanjutnya, buka browser web di laptop atau desktop  dan buka situs Portal by Pushbullet, kemudian scan kode QR yang unik kemudian memindai kode QR ini dari aplikasi ponsel.

Sekarang buka Portal di ponsel  dan ketuk scan untuk memindai . Saat kamera diluncurkan, arahkan ke kode QR untuk memindainya. Ini membuat koneksi nirkabel langsung antara ponsel  dan desktop atau laptop. Ini hanya sekali pakai, jadi jika lain kali  menjalankan aplikasi,  harus memindai kode QR lagi untuk memasangkannya.
Terakhir, seret file  ke jendela browser, dan file akan langsung mulai diunggah ke ponsel .

Secara default, Portal menempatkan gambar dan musik ke dalam folder Foto dan Musik ponsel . Segala sesuatu yang lain masuk ke folder Portal.  dapat meninggalkannya di sana dan mengaksesnya melalui aplikasi Portal, atau  dapat menggunakan pengelola file untuk memindahkan file ke folder lain (dan bahkan ke kartu SD ).

Portal sangat nyaman karena  tidak perlu menginstalnya di laptop.

5. Cara Mentransfer File Dari Laptop ke Ponsel Melalui Bluetooth

Saat  memiliki beberapa file ukuran kecil yang perlu dipindahkan ke ponsel , Bluetooth adalah cara alternatif lainnya. Ini juga cukup mudah, setelah kita mengaturnya.
Untuk mengirim file melalui Bluetooth dari laptop Windows 10 ke ponsel, harus memasangkan kedua perangkat terlebih dahulu. Buka Settings > Devices dan tekan sakelar untuk mengaktifkan Bluetooth. Pastikan itu juga diaktifkan di ponsel Anda.

Sekarang buka Tambahkan Bluetooth atau Add Bluetooth or other device > Bluetooth untuk mulai memindai. Setelah beberapa saat, ponsel akan muncul. Pilih, lalu klik Hubungkan di PC dan Pasangkan di ponsel untuk menyelesaikan prosesnya.

Untuk berbagi file melalui Bluetooth, buka Settings > Devices > Send or receive files via Bluetooth > Send files. Kemudian pilih file yang ingin bagikan.
Untuk platform lain, nama opsi menu akan berbeda, tetapi prosesnya sama. kita perlu mengaturnya dan kemudian berbagi file

Bluetooth lebih lambat daripada beberapa metode lain yang telah kami daftarkan, dan yang terbaik untuk file yang lebih kecil dan penggunaan biasa.

Ruslan
Ruslan Seseorang yang suka menulis dikala senggang, hobi makan bakso dan suka ngajak jalan-jalan istri