Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Cara Mengatasi Audio atau Suara Tidak Berfungsi di Windows 10

langruslan.com Audio tidak berfungsi di Windows 10? Inilah yang harus dilakukan ketika suara tidak muncul pada komputer.

Masakah audio tidak berfungsi pada PC Windows 10 ? Sangat membuat frustrasi karena tidak ada suara di komputer , melalui artikel ini siapa tau dapat membantu masalah yang kamu hadapi, jadi baca terus artikel ini sampai selesai

Di bawah ini, kami membahas solusi cepat dan mudah untuk memperbaiki suara Anda pada Windows 10 saat tidak berfungsi.

1. Pastikan Bahwa Volume Tidak Dibisukan (Mute)

Pertama, jika suara tidak muncul di komputer, periksa kembali untuk memastikan bahwa Anda tidak membisukan audio. Klik ikon Volume di sudut kanan bawah komputer untuk memeriksa volume master; pastikan itu tidak dibungkam atau disetel pada tingkat yang sangat rendah.

Setelah ini, klik kanan pada ikon yang sama dan pilih Open Volume mixer untuk melihat level volume saat ini untuk semua aplikasi yang memutar audio. Nyalakan sesuai kebutuhan, pastikan bahwa pengaturan tidak pada posisi volume rendah karena kesalahan.

Pastikan untuk memeriksa tingkat volume aplikasi, game, pemutar video, atau yang serupa juga. Meskipun Anda telah menaikkan tingkat volume master dan browser, video YouTube yang dibisukan tetap tidak akan menghasilkan suara.

Pada catatan terkait, tutup semua aplikasi berat audio yang tidak Anda gunakan secara aktif. Beberapa program dapat mengontrol perangkat audio Anda, sehingga Anda tidak akan mendengar apa pun dari perangkat lain. Misalnya, saat menggunakan headphone Bluetooth, berada dalam panggilan Discord dapat mencegah Anda mendengar audio dari aplikasi lain.

Sebelum melanjutkan, ada baiknya juga me-restart komputer Anda pada saat ini. Masalah suara Anda mungkin bersifat sementara, mungkin karena pembaruan tertunda yang mengunci output audio.

2. Pastikan Anda Menggunakan Output Audio yang Tepat

Jika terdapat lebih dari satu output audio yang tersambung ke komputer, kemungkinan Windows memutar suara melalui perangkat yang salah.

Untuk mengubah perangkat yang digunakan untuk pemutaran, klik ikon Volume lagi. Di atas penggeser volume, Anda akan melihat nama perangkat saat ini, jika Anda mengaktifkan lebih dari satu. Klik ini, lalu pilih opsi yang ingin Anda gunakan dari daftar.


Ini hanya pengalih cepat, jadi mungkin tidak menampilkan semua perangkat yang tersedia. Untuk melihat daftar lengkap perangkat audio yang terhubung ke PC Anda, klik kanan ikon Volume dan pilih Buka pengaturan Suara . Ini bertindak sebagai jalan pintas ke menu Pengaturan > Sistem > Suara .

Di halaman ini, klik Kelola perangkat suara di bawah judul Pilih perangkat keluaran Anda untuk melihat semua yang terhubung ke komputer Anda. Gunakan tombol Uji untuk salah satu perangkat yang tersedia untuk memainkan nada cepat.

Centang bagian Disabled untuk memastikan Anda belum mematikan perangkat yang ingin Anda gunakan. Klik opsi dan tekan Diaktifkan untuk menyalakannya kembali, jika perlu.
Jika tidak melihat output audio yang diharapkan, atau tidak berfungsi, lanjutkan dengan langkah-langkah di bawah ini. Speaker, headphone, atau perangkat lain memerlukan pemecahan masalah lebih lanjut.

3. Periksa Semua Kabel Audio dan Koneksi Nirkabel

Selanjutnya, Anda harus memeriksa koneksi fisik semua perangkat audio Anda, terutama jika output yang Anda inginkan tidak muncul di menu di atas.

Pastikan semua kabel audio (dan daya) dicolokkan dengan benar ke komputer Anda, serta ke perangkat. Sebaiknya cabut dan sambungkan kembali semuanya, hanya untuk memastikan tidak ada sambungan yang longgar. Konfirmasikan bahwa Anda memiliki kabel audio yang dicolokkan ke port yang benar.

Jika ada kabel yang terkelupas, tertekuk berlebihan, atau rusak, kabel tersebut mungkin tidak dapat digunakan. Anda mungkin harus menggoyangkannya untuk mendapatkan koneksi yang baik. Jika memungkinkan, pertimbangkan untuk mengganti kabel yang aus.

Untuk perangkat audio nirkabel seperti headphone, kunjungi Pengaturan > Perangkat > Bluetooth & perangkat lain dan pastikan telah memasangkan perangkat ke komputer dengan benar
Jika sedang menggunakan headphone Bluetooth tersebut dengan ponsel  atau yang lainnya, putuskan sambungannya dari perangkat lain terlebih dahulu, lalu coba sambungkan lagi ke PC Windows . Mencoba memutar audio dari komputer  ke headphone Bluetooth  tidak akan berfungsi saat headphone tersebut saat ini terhubung ke ponsel .

Terakhir, coba lepaskan semua perangkat audio dari PC  kecuali yang ingin  gunakan, jika ada sesuatu yang mengganggu perangkat lain.

4. Coba Pemecah Masalah Audio Windows (Troubleshooter)

Sebelum Anda melangkah lebih jauh, ada baiknya menjalankan pemecah masalah audio bawaan. Ini memungkinkan Windows 10 untuk mengidentifikasi dan memperbaiki masalah sendiri—terkadang. Pemecah masalah Windows ini tidak selalu memperbaiki masalah, tetapi patut dicoba sebelum Anda menyelam lebih dalam.

Buka Settings > Update & Security > Troubleshoot > Additional troubleshooters dan pilih Playing Audio . Ikuti petunjuknya, dan semoga Windows akan memperbaiki masalah secara otomatis.

5. Putar Kembali atau Instal Ulang Driver Audio

Driver biasanya bekerja dengan baik setelah awalnya dikonfigurasi, tetapi ketika terjadi kesalahan, mereka menyebabkan masalah yang mengganggu. Driver audio  mungkin rusak, atau mungkin perlu pembaruan untuk menyelesaikan beberapa masalah.

Windows 10 memberikan beberapa opsi untuk melawan driver yang bermasalah.  akan menemukannya di Pengelola Perangkat , yang dapat  akses dari menu praktis dengan mengeklik kanan tombol Mulai atau menekan Win + X .

Pertama,  dapat mencoba memutar driver kembali ke konfigurasi terakhir yang baik. Di Pengelola Perangkat, perluas bagian Input dan output Audio . Klik kanan perangkat audio yang  gunakan, pilih Properties , dan ramban ke tab Driver .

Tekan opsi Roll Back Driver jika tersedia, dan Windows 10 akan memulai proses menggunakan versi driver sebelumnya. Namun, ini hanya tersedia jika ada driver yang lebih tua untuk kembali.

Jika tidak dapat mengembalikan driver,  harus memilih Update Driver atau Uninstall Device .
Atau dapat juga dengan mencoba memperbarui driver melalui menu ini, meskipun  mungkin perlu memperbarui driver secara manual karena Windows tidak hebat dalam menemukan driver unik untuk sistem . Dengan asumsi tidak ada pembaruan yang tersedia, pilih Uninstall Device . Ini akan menghapus pengr yang mengganggu, sehingga  dapat menginstal ulang salinan baru.

Sebelum melanjutkan dengan mencopot pemasangan, unduh driver versi pabrikan terbaru, jika tersedia.  biasanya dapat mengunduhnya langsung dari situs web penerbit perangkat keras. Googling nama perangkat  diikuti dengan "driver" seharusnya cukup untuk menemukannya—hanya saja, jangan mengunduh driver dari situs web pihak ketiga yang teduh.

Jika tidak ada driver khusus yang tersedia untuk perangkat , tetap lanjutkan dan Windows akan menginstal ulang driver generik saat reboot.

Klik Uninstall Device di jendela Properties , dan  akan melihat kotak Confirm Device Uninstall . Tergantung pada drivernya, jendela ini mungkin juga berisi opsi untuk Hapus perangkat lunak driver untuk perangkat ini . Jika ini adalah opsi, centang kotak dan tekan OK .
Setelah  menghapus driver, restart sistem . Jika  dapat mengunduh driver baru, instal sekarang. Jika tidak, Windows seharusnya sudah menginstal ulang driver umumnya untuk perangkat .

Jika melakukan hal di atas untuk perangkat tertentu tidak memperbaiki masalah, coba langkah-langkah ini untuk entri perangkat di bawah kategori Pengontrol suara, video, dan game.

6. Perbarui CODEC Audio Definisi Tinggi IDT

Beberapa sistem mungkin mengalami masalah dengan CODEC Audio Definisi Tinggi IDT. Ini dapat diperbaiki dengan pembaruan driver manual, yang memungkinkan  memilih driver suara yang ingin  gunakan.

Kunjungi Device Manager lagi, seperti yang dibahas di atas. Luaskan bagian Pengontrol suara, video, dan game . Jika  melihat IDT High Definition Audio CODEC , klik kanan dan pilih Update driver .  mungkin tidak melihat ini, tergantung pada PC . Jika tidak, lanjutkan ke bagian berikutnya.

Di panel berikutnya, pilih Telusuri komputer saya untuk driver , diikuti oleh Biarkan saya memilih dari daftar driver yang tersedia di komputer saya . Ini memungkinkan  untuk memilih dari driver apa pun yang sudah diinstal sebelumnya pada sistem.
Pastikan Tampilkan perangkat keras yang kompatibel dicentang. Kemudian di bawah Model , pilih Perangkat Audio Definisi Tinggi , diikuti oleh Berikutnya , dan terakhir Ya . Anda mungkin perlu memulai ulang sistem agar perubahan diterapkan.

7. Perbaiki Masalah pada Realtek High Definition Audio

Tergantung pada pabrikan dan perangkat keras komputer Anda, Anda mungkin memiliki driver audio Realtek, bukan IDT. Driver Realtek juga sering muncul di posting forum yang membahas masalah audio di Windows.

Pertama, ikuti proses yang sama di atas untuk memeriksa pembaruan driver audio Realtek. Jika ini tidak berhasil, ada beberapa perbaikan yang lebih spesifik untuk masalah audio Realtek untuk dicoba.

Refresh Driver Wi-Fi

Satu perbaikan umum berfokus pada menonaktifkan driver Realtek WLAN, menghapus instalan, lalu menginstal ulang versi terbaru — bahkan jika  sudah menginstal versi terbaru.

Pertama, kunjungi situs web Realtek dan unduh versi driver terbaru yang berlaku untuk sistem . Kemudian buka Device Manager lagi, dan telusuri ke driver Realtek Wireless LAN . Ini harus berada di bawah Network adapters , dan akan memiliki Realtek dan Wireless di namanya.

Klik kanan driver dan tekan Uninstall device . Sekarang menuju ke file driver baru yang  unduh, ekstrak isinya , temukan setup.exe atau file instal serupa, dan ikuti instruksi.  harus me-reboot sistem  setelah instalasi.

Disable the Front Panel Audio Jack

Perbaikan ini mungkin khusus untuk sistem, tetapi tentu saja memperbaiki setidaknya satu sistem, sehingga dapat memperbaiki sistem  juga.

Pengguna Reddit Tiflotin memperbaiki masalah audio Realtek yang persisten dengan menonaktifkan deteksi jack depan dari dalam Realtek HD Audio Manager.  dapat membuka utilitas ini dengan mengklik dua kali ikon speaker Realtek yang muncul di System Tray di sudut kanan bawah layar . Ini mungkin muncul di menu yang diperluas yang muncul saat  mengklik panah kecil.

Jika  sudah mencabut rambut , ini bisa dicoba!

8. Nonaktifkan Peningkatan Audio Windows

Selanjutnya adalah peningkatan audio Windows 10 . Penyempurnaan audio adalah paket bawaan Microsoft dan pihak ketiga yang dirancang untuk membuat audio sistem  terdengar lebih baik—atau setidaknya berbeda—dalam berbagai cara. Namun, "penyempurnaan" ini dapat menjadi penyebab masalah audio Windows 10 . Untungnya, mereka mudah dimatikan.

Untuk mengakses peningkatan audio, klik kanan pada ikon speaker di System Tray dan pilih Sounds untuk membuka jendela Sound Control Panel. Di sini, alihkan ke tab Playback dan klik dua kali pada perangkat audio yang  gunakan.

Di jendela berikutnya, klik tab Penyempurnaan . Di sana, centang kotak berlabel Nonaktifkan semua perangkat tambahan jika belum, lalu tekan Terapkan . Jika  mengalami masalah audio dengan beberapa perangkat, ulangi proses ini untuk masing-masing perangkat di daftar Pemutaran .

Sampai di sini, ada baiknya juga untuk memastikan perangkat yang ingin  gunakan disetel sebagai default. Klik kanan satu dan pilih Set as Default Device untuk melakukan ini.




Ruslan
Ruslan Seseorang yang suka menulis dikala senggang, hobi makan bakso dan suka ngajak jalan-jalan istri