Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Informasi Lowongan Kerja Lulusan SMK di Bursa Kerja Khusus Kemdikbud



Bagi yang telah lulus di SMK yang sangat didambakan adalah memiliki sebuah pekerjaan yang dapat menghasilkan pendapatan yang layak dengan jenis pekerjaan sesuai  dengan harapan. Jenis pekerjaan yang dicari tentunya adalah pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan kita ataupun keahlian kita sehingga ketika bekerja nanti di sebuah perusahaan ataupun lembaga tidak akan kesulitan dalam bekerja.

Diera globalisasi seperti sekarang ini kita harus pandai-pandai memilah dan memilih dalam mencari lowongan pekerjaan jangan sampai kita salah melangkah dan akhirnya kita sendiri yang rugi karena bukan pekerjaan yang akan didapatkan sebaliknya  kita tertipu oleh lowongan pekerjaan fiktif dengan meminta sejumlah uang sebagai jaminan bisa diterima kerja. Alhasil pekerjaan tak didapat malah uang melayang tentu ini tidak kita harapkan dan jangan sampai terjadi kepada kita.


Lalu bagaimana agar kita terhindar dari penipuan lowongan kerja ?

Pastikan iklan tersebut bersumber dari yang terpercaya dan jangan langsung kita telan mentah-mentah. Sumber yang terpercaya biasanya kita cari di website resmi perusahan atau lembaga tersebut biasanya di website resminya dicantumkan bahwa mereka membuka lowongan pekerjaan ataupun kita mengikuti bursa kerja baik secara langsung ataupun daring . 


Bagaimana Cara Mengetahui Lowongan Pekerjaan Lulusan SMK dari BKK PSMK  ?

Direktorat Pembinaan SMK Dirjendikdasmen Pendidikan dan kebudayaan meluncurkan sebuah website yang khusus menyediakan informasi lowongan pekerjaan bagi para lulusan SMK yang siap bekerja di berbagai perusahaan dengan Bursa Kerja Khusus

Bursa Kerja Khusus (BKK) adalah sebuah lembaga yang dibentuk di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri dan Swasta, sebagai unit pelaksana yang memberikan pelayanan dan informasi lowongan kerja, pelaksana pemasaran, penyaluran dan penempatan tenaga kerja, merupakan mitra Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Di website tersebut kita dapat melihat dan mencari jenis pekerjaan dari perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan. Pada kolom pencarian kita isi dengan jenis lowongan, nama perusahaan, atau keyword lainnya kemudian kita klik tombol pencarian seperti pada gambar di bawah ini.


Selain itu kita dapat melihat berbagai macam lowongan pekerjaan secara langsung tanpa mencari di kolom pencarian dari beberapa perusahaan dengan scroll ke bawah hingga nampak seperti gambar di bawah ini.

Setelah kita menemukan perusahaan yang akan dilamar kemudian kita dapat melihat dulu atau langsung mengajukan lamaran dengan memilih menu LIHAT dan LAMAR
Jika kita ingin melihat dahulu sebelum mengajukan lamaran maka klik lihat kemudian akan terlihat nama perusahaan, tanggal dibuat tanggal berakhir, rentang gaji yang akan didapat, deskripsi lowongan seperti dibutuhkan tenaga Teknisi-Mekanik.pengalaman diutamakan (pernah magang/kerja).
Setelah tertarik dengan perusahaan yang akan kita tuju kemudian klik lamar, kemudian pilih Daftar untuk registrasi dan mengisi formulir seperti Nama Lengkap, NISN, Tanggal Lahir, Alamat Email, Provinsi, Kabupaten dan Asal Sekolah. Setelah semua terisi secara lengkap klik register kemudian periksa email yang didaftarkan untuk mengikuti langkah selanjutnya seperti membuat pasword untuk login.



Bagaimana cukup praktiskan?
Ayo segera cek alamat resminya di psmk.kemdikbud.go.id atau bkk.ditpsmk.net/.

Sebagai informasi tambahan disediakan juga menu helpdesk yang tersambung dengan WA (WhatsApp) agar mudah bertanya secara langsung bila mana ada kendala ataupaun hal-hal yang ingin ditanyakan terlebih dahulu.

Akhir kata semoga artikel ini dapat membantu teman-teman khususnya lulusan SMK untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan.

Post a Comment for "Informasi Lowongan Kerja Lulusan SMK di Bursa Kerja Khusus Kemdikbud"