Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jurnal Modul 1.4 Budaya Positif-Jurnal Dwi Mingguan

Jurnal Dwi Mingguan Modul 1.4 Budaya Positif

Jurnal Refleksi Dwimingguan yang saya tulis ini merupakan bagian dari akhir Modul 1 tepatnya pada Modul 1.1 Budaya Positif yang mana saya akan merefleksi seluruh rangkaian kegiatan selama mempelajari modul 1.4ini. Dalam mengerjakan jurnal refleksi ini ini saya menggunakan model refleksi yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway , melalui pertanyaan sebagai berikut: 


1. Facts (Peristiwa) :

Ceritakan pengalaman Anda mengikuti pembelajaran pada minggu ini atau pada saat aksi nyata ke dalam kelas ? Apa hal baik yang saya alami dalam proses tersebut? Ceritakan juga hambatan atau kesulitan Anda selama proses pembelajaran pada minggu ini? Apa yang saya lakukan dalam mengatasi kendala tersebut?

2. Feelings (Perasaan): Bagaimana perasaan Anda selama pembelajaran berlangsung? Apa yang saya rasakan ketika menerapkan aksi nyata ke dalam kelas? Ceritakan hal yang membuat Anda memiliki perasaan tersebut.

3. Findings (Pembelajaran) : Pelajaran apa yang saya dapatkan dari proses ini ? Apa hal baru yang saya ketahui mengenai diri saya setelah proses ini?

4. Future (Penerapan) : Apa yang bisa saya lakukan dengan lebih baik jika saya melakukan hal serupa di masa depan ? Apa aksi/tindakan yang akan saya lakukan setelah belajar dari peristiwa ini?

Hasil Refleksi:

Facts(Peristiwa):

Alhamdulllah kita sudah menyelesaikan Modul yang pertama tepatnya pada Modul 1.4 tentang budaya positif. Seperti halnya pada modul-modul sebelumnya pada LMS kita berada pada alur MERDEKA Mulai dari diri, Eksplorasi konsep, eksplorasi konsep diforum diskusi dengan fasilitator, kolaborasi di Ruang kolaborasi dan setiap CGP berkolaborasi bersama kelompoknya masing-masing dengan didampingi fasilitator yatu Bapak Rahmatillah Syam yang begitu luar biasa dalam memfasilitasi kami selama kegiatan PGP di LMS, kemudian setelah Ruang kolaborasi yaitu Demonstrasi kontekstual sebagai wadah pemahaman CGP dalam mempelajari Modul 1.4 Budaya Positif, setelah itu kita berjumpa di Elamorasi pemahaman bersama narasumber hebat kemudian kita membuat Koneksi antar materi dari keseluruhan modul yang telah dipelajari dengan membuat keterkaitan antara satu dengan yang lainnya .

Saat Pendampingan Individu 1saya didampingi oleh Pengajar Praktik yang lluar biasa yitu Bapak Iwan Sumantri yang memberikan motivasi yang sangat luar biasa untuk saya terus berjuang mengimplementasikan apa yang saya peroleh selama program guru penggerak ini. Melalui jadwal yang telah disusun sebelumnya, kegiatan demi kegiatan telah saya lewati. Pengalaman pertama saya membuat sebuah karya dengan melibatkan peserta didik dalam menyelesaikan sebuah kasus dengan menggunakan posisi kontrol dan segitiga restitusi berupa demonstrasi konstektual penerapan posisi kontrol dan segitiga restitusi yang diunggah di chanel youtube saya.

Feeling:

Banyak hal yang saya rasakan selama menjalani Pendidikan Guru Penggerak sampai pada tahap ini. Berbagai rasa bercampur menjadi satu, ada rasa khawatir, takut tidak bisa mengikuti kegiatan ini secara maksimal, mengingat beberapa kendala yang siap menghadang saya, di antaranya yaitu kesibukan saya mengajar dan tugas tambahan saya di sekolah.

Perasaan saya selama mengikuti kegiatan PGP ini adalah sangat termotovasi dengan apa yang saya pelajari pada Modul 1.4 ini apalagi setelah saya berjumpa di ruang kolaborasi dengan CGP hebat yang mana saya dapat berbagi pengalaman dan berdiskusi bersama tentang apa yang sudah dipelajari dari modul tersebut.

Findings:

Dari pembelajaran pada modul 1.4 ini saya semakin paham bahwa menumbuhkan disiplin itu harus datang dari diri siswa itu sendiri bukan karena takut dihukum atau diberi penghargaan jika mereka tidak ada melakukan pelanggran kedisplinan. Sebagai seorang pendidik, saya harus berusaha untuk membawa siswa saya menerapkan nilai-nilai kebajikan universal dalam kehidupannya sehari hari. Saya menyadari untuk melakukan sebuah perubahan butuh perjuangan yang berat, namun saya yakin dengan berlahan perjuangan untuk melakukan perubahan pasti akan terwujud. Saya menyadari bahwa anak memiliki kodrat merdeka. Oleh karena itu saya harus memberikan kemerdekaan kepada anak-anak untuk menyelesaikan tugas-tugasnya sesuai dengan minat, bakat , dan kreatifitasnya.

Future (Penerapan):

Saya akan melakukan budaya positif di kelas saya dengan mulai berangsur menempatkan diri saya pada posisi kontrol manajer dalam menghadapi siswa saya dan mulai menggunakan Segitiga Restitusi dalam menyelesaikan masalah-masalah siswa yang ada di kelas saya. Secara berlahan dan pasti saya akan berusaha mensosialisasikan serta menggerakkan guru-guru yang ada di sekolah saya untuk mulai melakukan hal yang sama.

 

Ruslan
Ruslan Seseorang yang suka menulis dikala senggang, hobi makan bakso dan suka ngajak jalan-jalan istri