Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jurnal Lokakarya 7 CGP Angkatan 6 Panen Hasil Belajar

Tak terasa rangkaian kegiatan Pelatihan Guru Penggerak (PGP) telah berakhir dengan kegiatan Lokakarya 7 Festival Panen Hasil Belajar selama 2 hari dari tanggal 14-15 April 2023 bertempat di SMK Yasti Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi.

Terimakasih saya ucapkan kepada Bapak Rahmatillah Syam selaku Fasilitator yang membersamai kami selama pelatihan PGP ini dan memfasilitasi dengan begitu luarbiasa baik secara sinkronus maupun as sinkronus terutama pada sesi tuang kolaborasi yang senantiasa membawa susana belajar menjadi bermakna.

Dalam kesempatan saat ini saya akan menulis jurnal kegiatan Lokakarya 7 menggunakan Model 4F (Facts, Feelings, Findings, Future). 4F merupakan model refleksi yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway. 4F dapat diterjemahkan menjadi 4P (Peristiwa, Perasaan, Pembelajaran dan Penerapan)

1. Facts (Peristiwa) 

Jumat, 14 April 2023 yang bertempat di SMK Yasti Cisaat Kab. Sukabumi, dengan kegiatan pembelajaran diskusi  tepatnya kami berada di kelas A . dengan (PP_117_Iwan Sumantri) ada 4 CGP 1) Ruslan SDN 1 Cigintung; 2) Samsudin SDN Sempurcagak; 3) Anita SLB PGRI Gegerbitung; 4) Heri Ashari SMPN 1 Gunungguruh, PP_ 115_Sri Susilawati  dengan para CGP 1) Ema Novitasari TK Sakihan 1; 2) Euis Rosidah SDN 5 Cibadak; 3) Euis Sartika SDN 3 Nagrak; 4) Dian Sukmawijaya SMAN 1 Nagrak   dan PP_ 129_ Dedeh Septy Kurniasih   dengan para CGP: 1) Nuraeni TKS Bani saleh; 2) Deden Riyandi SDN Sukabakti; 3) Iwa Kartiwa SDN 2 Cimanggu; 4) Irma Suzilawati SMAN 1 Cikembar.

Kegiatan Pembelajaran di Ruang Kelas

kegiatan di Lokakarya 7 yang bertemakan “Panen Hasil Belajar“ terbagi secara garis dalam 5 kegiatan/sesi.

1. Pembukaan
2. Kelas Belajar Calon Guru Penggerak
3. Berbagi Aksi Nyata
4. Berbagi Dampak Positif
5. Persiapan Pameran Hasil Program

Tujuan Kegiatan Lokakarya 7

  1. CGP dapat menjelaskan proses yang dialami dan praktik baik yang didapatkan dalam mengembangkan program yang berdampak pada siswa
  2. CGP dapat menjelaskan untuk pengembangan program dari para pengunjung
  3. CGP dapat membagikan hasil pembelajaran selama 6 bulan dan dampaknya terhadap diri kepada undangan lokakarya (Kepala Sekolah, Dinas Pendidikan, Komunitas daerah).
Setelah itu kami dibuat menjadi 4 kelompok yang mana satu kelompok terdiri dari 3 orang CGP kemudian kami bekerja berdasarkan kelompok. Ada lima aspek yang akan di evaluasi, yaitu: 1) materi pelatihan; 2) Pengajar Praktik; 3) Media Belajar; 4) Bahan Belajar (modul, video atau buku saku). Lima aspek tersebut sudah dituliskan di 5 poster yang telah di tempel di ruangan kelas/dinding. Para CGP menuliskan hal yang sudah baik dan hal yang dapat ditingkatkan di tiap aspeknya. Hal yang sudah baik dituliskan di post-it berwarna hijau, sementara hal yang dapat ditingkatkan dituliskan di post-it berwarna kuning.

Setelah itu kami melaksanakan berbagi aksi nyata dalam satu kelompok secara bergantian mengenai program yang telah dibuat di sekolah masing-masing dan memberikan umpan balik dari apa yang telah dipapaparkan oleh rekan satu kelompok, hasil dari umpan balik tersebut dicatat sebagai tambahan untuk menyempurnakan program yang telah dibuat. Untuk selanjutnya dapat diupload di LMS pada menu Lokakarya 7.

2.  Feelings (Perasaan)

Perasaan saya selama mengkuti kegiatan Lokakarya 7 ini adalah menyenangkan sekaligus penasaran dengan kegiatan lokakarya pada hari ke dua tepatnya tanggal 15 April 2023 pada saat Festiival Panen Hasil Belajar, karena setelah kegiatan pembeajaran ini kita akan mempersiapkan stand untuk kita isi dengan berbagai maca hasil praktik baik dan program unggulan yang telah kita dapatkan selama mengikuti Pendidikan Guru Penggerak selama 6 Bulan.

Perasaan selanjutnya adalah sangat bersemangat sekali dalam mengukuti tahapan kegiatan Lokakarya ini karena Pengajar Praktik dalam membawakan materi kepada kami penuh dengan susana yang gembira dan menyenangkan sehingga tidak membuat kami jenuh apalagi merasa bosan ketika di dalam kelas.
Perasaan selanjutnya dalah meraasa sdih, karena kegiata ini merupakan puncak dari pelatihan PGP selama ini dan sesi terakhir dari kegiatan PGP yang telah kami lalui bersama.

3. Finding (Pembelajaran)

Pembelajaran yang saya dapat dri kegiatan Lokakkarya 7 ini adalah, pengetahuan dan pengalaman baru mengenai program-program dari rekan CGP dan dapat memberikan umpan balik kepada mereka sebaliknya program saya buatpun mendapatkan umpan balik demi penyempurnaan dan perbaikan kedepannya.

Pembelajaran yang saya dapat pada hari ke dua adalah banyak mendapatkan pengetahuan dan pengalaman mengenai program dan aksi nyata praktik baik dari CGP se Kabupaten Sukabumi yang sangat beragam dan menginspirasi saya untuk terus berinovasi dan mengadaptasi program dari rekan-renak CGP untuk kita terapkan di sekolah.

4. Future (Penerapan)

Setelah kegiatan Lokakarya 7 ini ditandai dengan berakhirnya seluruh rangkaian kegiatan Pelatihan Guru Penggerak yang dilaksanakan selama kurang lebih 7 bulan, tetapi ini bukanlah akhir dari berbagi praktik baik yang hanya sekedar untuk memenuhi tugas yang diberikan. Namun dengan berahirnya kegiatan PGP ini adalah langkah awal kita dalam berbagi aksi nyata, berbagi praktik baik yang selama ini telah kita pelajari dengan bergerak, tergerak dan menggerakkan


Ruslan
Ruslan Seseorang yang suka menulis dikala senggang, hobi makan bakso dan suka ngajak jalan-jalan istri