Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Eksplorasi Konsep (Forum Diskusi Asinkronus) Modul 3.2

Eksplorasi Konsep Modul 3.2.png

Apakah kita bisa menggunakan Pendekatan Pengembangan Komunitas Berbasis Aset untuk mengelola sumber daya sekolah kita? Bisakah kita mengganti kata komunitas menjadi sekolah,  Pendekatan Pengembangan Sekolah Berbasis Aset? Mengapa?

Dalam pengembangan sekolah berbasis aset, fokus akan diberikan pada pemanfaatan sumber daya internal (di dalam sekolah) dan eksternal (di luar sekolah) sebagai modal utama dalam pengembangan sekolah. Dalam hal ini, sekolah akan melihat potensi dan kekuatan yang dimiliki oleh guru, siswa, staf, orangtua murid, dan masyarakat sekitar sebagai modal utama dalam mencapai tujuan pengembangan sekolah.

Pendekatan pengembangan sekolah berbasis aset dapat membantu meningkatkan partisipasi dan keterlibatan semua pihak yang terkait dalam proses pengembangan sekolah. Dengan memanfaatkan kekuatan yang ada, sekolah dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan memperkuat hubungan antara sekolah dengan masyarakat di sekitarnya.

Apa contoh pengelolaan sumber daya sekolah kita dengan pendekatan PKBA?

PKBA adalah singkatan dari Pengelolaan Kinerja Berbasis Aset. Pendekatan ini digunakan untuk mengelola sumber daya organisasi dengan fokus pada pengelolaan aset. Berikut adalah beberapa contoh pengelolaan sumber daya sekolah dengan pendekatan PKBA:

  1. Membuat inventaris aset - Membuat daftar lengkap aset sekolah seperti gedung, peralatan, perpustakaan, dan lain-lain. Aset yang terdaftar dapat membantu dalam pengambilan keputusan tentang penggunaan dan perawatan aset.
  2. Perencanaan dan pengelolaan anggaran - Dalam pengelolaan anggaran, fokus harus diberikan pada pengeluaran untuk aset sekolah. Pembelian dan pemeliharaan aset harus dipertimbangkan dalam anggaran, dan pengeluaran harus disesuaikan dengan nilai aset dan masa pakai.
  3. Pemeliharaan aset - Pemeliharaan rutin aset sekolah seperti gedung, ruang kelas, dan peralatan harus dilakukan secara teratur. Pemeliharaan dapat membantu mempertahankan nilai aset dan menghindari kerusakan yang lebih serius.
  4. Penjadwalan penggantian aset - Aset sekolah memiliki umur pakai terbatas, sehingga perlu dipertimbangkan kapan aset perlu diganti. Penggantian yang direncanakan dapat membantu sekolah menghindari biaya tak terduga dan menjaga operasi sekolah berjalan dengan baik.
  5. Evaluasi kinerja - Melakukan evaluasi kinerja terhadap aset yang ada dapat membantu mengevaluasi efektivitas penggunaan aset. Evaluasi dapat membantu menentukan apakah aset masih dibutuhkan, perlu diperbarui, atau perlu diganti.

Bagaimanakah selama ini kita mengelola sumber daya? Apakah sudah menggunakan pendekatan PKBA?

Pendekatan PKBA dapat membantu sekolah dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan sumber daya yang ada untuk dapat dipergunakan seoptimal mungkin penggunaan anggaran yang didapatkan dimanfaatkan sedemikian rupa sesuai dengan kebutuhan untuk di gunakan kepada yang lebih prioritas demi tercapainya tujuan dari sekolah yang berpihak kepada murid.

Jika belum, bagaimana caranya kita mengelola dengan pendekatan pengembangan sekolah berbasis aset?

Akan memaksimalkan penggunaan aset yang dimiliki oleh sekolah dan memperbaiki kinerja sekolah
Ruslan
Ruslan Seseorang yang suka menulis dikala senggang, hobi makan bakso dan suka ngajak jalan-jalan istri