Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mulai dari Diri Modul 2.3 Coaching Untuk Supervisi Akademik

 Pertanyaan-pertanyaan reflektif sesi mulai dari diri:

Selama menjadi guru, tentunya pembelajaran Anda pernah diobservasi atau disupervisi oleh kepala sekolah Anda. Bagaimana perasaan Anda ketika diobservasi?

Perasaan saya ketika diobservasi adalah waswas karena takut hasil dari supervisi tersebut tidak memuaskan. Tetapi hasil dari supervisi ini kita dapat mengetahui kekurangan dan kelemahan yang ada pada diri kita sebagai bentuk refleksi diri untuk memperbaiki apa yang dirasa masih kurang dan belum terlaksanana dengan baik

Ceritakan pengalaman Anda saat observasi dan pasca kegiatan observasi tersebut.

Pada saat pelaksanaan observasi saya menyiapkan segala yang diperlukan dengan pelaksanaan observasi tersebut.
Setelah pelaksanaan observasi saya melihat kekurangan yang harus diperbaiki dan meningkatkan atau mempertahankan yang dirasa sudah baik

Menurut Anda, bagaimanakah proses supervisi akademik yang ideal yang dapat membantu diri Anda berkembang sebagai seorang pendidik?

Ada dua bentuk supervisi yang biasanya dilaksanakan
  1. Supervis Akademik merupakan serangkaian kegiatan membantu guru mengembangkan kemampuannya dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.
  2. Supervisi Klinis merupakan supervisi yang dilakukan berdasarkan adanya keluhan atau masalah dari guru yang disampaikan kepada supervisor. Dalam hal ini inisatif untuk melaksanakan kegiatan supervisi berawal dari keluhan guru yang mengalami masalah dalam pembelajaran.

Menurut Anda, jika Anda saat ini menjadi seorang kepala sekolah yang perlu melakukan supervisi, dimana posisi Anda sehubungan dengan gambaran ideal di atas dari skala 1 s/d 10? Situasi belum ideal 1 dan situasi ideal 10.

Jika saya menjadi kepala sekolah, akan melaksanakan Supervisi akademik dan klinis. Terlebih dahulu yang akan saya laksanakan adalah supervisi akademik, setelah itu mendengarkan keluhan dari guru baik itu sarana penunjang maupun bentuk dukungan moril bagi guru agar meningkatkan kompetensi diri, agar tercipta pembelajaran yang berpusat pada murid.

Aspek apa saja yang Anda butuhkan untuk dapat mencapai situasi ideal itu?


Ruslan
Ruslan Seseorang yang suka menulis dikala senggang, hobi makan bakso dan suka ngajak jalan-jalan istri