Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

2.1.a.3 Mulai dari diri – Modul 2.1 Pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan belajar murid


Tujuan Pembelajaran Khusus:

CGP dapat berbagi pengalaman pribadi tentang bagaimana tindakan gurunya di masa lalu membantu dirinya untuk belajar dengan lebih baik sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.

 Pertanyaan Pemantik untuk Pembelajaran 1:

1. Bagaimana seorang guru dapat mengelola kelas dan memenuhi kebutuhan belajar murid-muridnya  yang berbeda-beda?

 Pada awal Modul 2.1 ini, kita akan melakukan refleksi individu dengan pernyataan berikut ini

  • Bayangkanlah kelas yang saat ini Anda ampu dengan segala keragaman murid-murid Anda.
  • Apa yang telah Anda lakukan untuk melayani kemampuan murid yang berbeda? Apa yang Anda lakukan untuk membuat proses pembelajaran menjadi lebih mudah untuk murid Anda? Apakah ada perlakuan yang berbeda yang Anda lakukan?  Jika ada, perlakuan seperti apa? Jika tidak ada, apa dampaknya terhadap murid Anda?
  • Sebutkan tantangan-tantangan yang Anda hadapi dalam proses pembelajaran di kelas yang disebabkan oleh keragaman murid-murid Anda tersebut? Tindakan-tindakan apa yang telah Anda lakukan untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut?
  • Menurut Anda, untuk mengakomodasi tantangan yang terkait dengan keragaman murid tersebut, bagaimana seharusnya pembelajaran itu dirancang, dilaksanakan, dan dievaluasi?

Kelas yang saya ampu dengan segala keragaman murid-murid di kelas

Dalam kegiatan belajar di kelas tentunya kita sebagai pengajar akan menemukan berbagai keunikan yang ada dalam diri siswa  ada siswa yang cepat dalam belajar, ada yang lambat, ada yang kreatif dan ada pula yang tergolong biasa saja. Namun demikian tujuan dari kegiatan belajar mengajar dikelas tetap pada tujuan yaitu membantu memperoleh perubahan pada diri siswa baik tingkah laku maupun daya fikir kearah yang lebih baik sesuai dengan kodrat yang dimilikinya.

 Apa yang telah Anda lakukan untuk melayani kemampuan murid yang berbeda?

Sesuai dengan tulisan saya di atas tentang kelas yang saya ampu di kelas bahwasanya setiap murid mempunyai keunikan sendiri dalam belajar dengan keaneka ragaman yang mereka miliki dalam belajar.

Kelas yang saya ampu saat ini adalah kelas 5 dengan jumlah sebanyak 14 siswa dimana siswa laki-laki berjumlah 4 orang dan siswa perempuan berjumlah 10 orang. Dari 14 jumlah siswa tersebut dalam mengikuti kegiatan belajar ada yang tergolong cepat, sedang dan lambat.

Dalam menangani kemampuan murid yang berbeda, tentunya kitapun harus mencari cara yang berbeda pula salah satunya dengan mencari tahu penyebab kesulitan anak tersebut. Untuk mencari tahu penyebab dari kesulitan anak tersebut biasanya kita menganalisis dari hasil belajar yang mereka kerjakan.

Apa yang Anda lakukan untuk membuat proses pembelajaran menjadi lebih mudah untuk murid Anda?

Ketika kegiatan pembelajaran dimulai  kita menjelaskan dulu tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan, dengan begitu mereka akan mengetahui apa yang akan diperoleh setelah melaksanakan proses belajar.

Dalam proses kegiatan pembelajaran agar menjadi lebih mudah untuk murid saya adalah kita menjelaskan materi dan mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari dimulai dari yang sederhana yang biasa mereka ditemui. Kemudian memberikan semangat dan dengan metode pembelajaran yang menyenangkan agar tidak membosankan.

Apakah ada perlakuan yang berbeda yang Anda lakukan?  Jika ada, perlakuan seperti apa? Jika tidak ada, apa dampaknya terhadap murid Anda?

Dalam menangani kemampuan murid yang berbeda, tentunya kitapun harus mencari cara yang berbeda pula salah satunya dengan mencari tahu penyebab kesulitan anak tersebut. Setelah mengetahui penyebab dari kesulitannya, kemudian kita mencari cara untuk menjelaskan dan menuntunnya agar membantu dari kesulitan yang mereka hadapi.

Sebutkan tantangan-tantangan yang Anda hadapi dalam proses pembelajaran di kelas yang disebabkan oleh keragaman murid-murid Anda tersebut?

Tantangan yang saya hadapi dalam proses pembelajaran di kelas yang disebabkan oleh keragaman murid adalah

*      Menemukan model pembelajaran yang sesuai dengan mereka

*      Menangani siswa yang aktif/pasif

*      Menangani siswa yang sulit konsentrasi

Tindakan-tindakan apa yang telah Anda lakukan untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut?

ü  Mencari dan mencoba model pembelajaran yang sesuai dengan mereka

ü  Dalam menangani siswa yang aktif/pasif mencoba dengan menuntunnya dan

ü  Menangani siswa yang sulit konsentrasi : Memberi pendekatan dan semangat/memotivasi

Menurut Anda, untuk mengakomodasi tantangan yang terkait dengan keragaman murid tersebut, bagaimana seharusnya pembelajaran itu dirancang, dilaksanakan, dan dievaluasi?

Untuk mengakomodasi tantangan terkait dengan keragaman murid, kita merancang kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran setelah itu kita evaluasi dan refleksi. Untuk menentukan tingkat keberhasilan dan kekurangan dari proses pembelajaran yang dilakukan

 


Post a Comment for "2.1.a.3 Mulai dari diri – Modul 2.1 Pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan belajar murid"