Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 CARA MENGATASI MOUSE ATAU KEYBOART TIDAK TERDETEKSI DI WINDOWS 10/11

 Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan bagaimana cara mengatasi mouse atau keyboard yang tidak terdeteksi di windows 10/11 komputer atau laptop teman-teman semua.

Mouse atau keyboard tidak terdeteksi di Windows 10/11

  • Apakah mouse atau keyboard Anda tidak dikenali oleh Windows 10 Anda? Driver perangkat Anda mungkin yang harus disalahkan.
  • Hal pertama yang perlu lakukan adalah memperbarui semua driver .
  • Cabut periferal dan uji untuk memastikannya berfungsi sebagaimana mestinya.
  • Mem-boot perangkat dalam Safe Mode juga akan memperbaiki periferal jika tidak berfungsi.


Untuk memperbaiki berbagai masalah PC, kami merekomendasikan DriverFix:

Perangkat lunak ini akan menjaga driver tetap aktif dan berjalan, sehingga menjaga tetap aman dari kesalahan umum komputer dan kegagalan perangkat keras. Periksa semua driver sekarang dalam 3 langkah mudah: kegagalan perangkat keras. Periksa semua driver sekarang dalam 3 langkah mudah:

  1. Unduh DriverFix (file unduhan terverifikasi).
  2. Klik Mulai Pindai untuk menemukan semua driver yang bermasalah.
  3. Klik Perbarui Driver untuk mendapatkan versi baru dan menghindari kegagalan fungsi sistem.
Ada masalah dan kesalahan tertentu yang akan ada selama masih ada Windows.

Terlepas dari kenyataan bahwa kami sudah menjalankan Windows 10, 8.1, masih ada masalah yang mengganggu seperti mouse atau keyboard tidak terdeteksi oleh komputer, laptop, atau tablet .

Jika menjalankan Windows, maka mungkin pernah mengalami masalah yang meluas ini setidaknya sekali seumur hidup Anda – mouse atau keyboard tidak terdeteksi atau dikenali oleh sistem.

Saya tahu itu terjadi pada saya juga, dan hanya setelah mencoba semua solusi yang mungkin, saya berhasil menemukan perbaikan untuk masalah ini.

Tidak masalah apakah Anda memiliki mouse atau keyboard yang dijalin dgn tali, dengan atau tanpa USB atau Bluetooth nirkabel. Kesalahan ini terus muncul dan solusi untuk memperbaikinya tidak terlalu sulit tetapi akan memakan sedikit waktu.

Masalah ini bukan satu-satunya yang dapat membuat kesulitan saat menggunakan mouse atau keyboard. Untuk memperbaiki masalah spesifik, kami sangat menyarankan menemukan penyebab pastinya.

Mencoba perbaikan yang tidak berhasil itu menjengkelkan, bukan? Maka berhati-hatilah saat mencari asal muasal masalah. Hal pertama yang harus lakukan adalah mengetahui gejalanya.

Bagaimana cara memperbaiki keyboard atau mouse tidak terdeteksi di Windows 10, 8.1?Bagaimana cara memperbaiki keyboard atau mouse tidak terdeteksi di Windows 10, 8.1?

1. Perbarui driver 

  • Tekan Tombol Windows + S dan buka Pengelola Perangkat / Device Manager .

  • Di Pengelola Perangkat , cari perangkat yang ingin perbarui.
  • Klik kanan padanya dan pilih Perbarui driver / Update driver .

  • Biarkan Windows mencari dan memperbarui driver.
Perbarui driver secara otomatis

Salah satu cara yang lebih mudah untuk memperbarui driver tanpa perlu memeriksa secara manual setiap perangkat di pengelola perangkat adalah melakukannya secara otomatis.

Jika lelah terus-menerus harus memeriksa driver yang tersedia untuk semua perangkat lunak , ketahuilah bahwa sebenarnya dapat menggunakan perangkat lunak pihak ketiga yang akan melakukannya untuk .

Sebagian besar waktu, driver generik untuk perangkat keras dan periferal PC tidak diperbarui dengan benar oleh sistem. Ada perbedaan utama antara driver generik dan driver pabrikan. Mencari versi driver yang tepat untuk setiap komponen perangkat keras dapat menjadi hal yang membosankan. Itu sebabnya asisten otomatis dapat membantu menemukan dan memperbarui sistem dengan driver yang benar setiap saat, dan kami sangat menyarankan DriverFix . Berikut cara melakukannya:

  • Unduh dan instal DriverFix .
  • Luncurkan perangkat lunak.
  • Tunggu deteksi semua driver yang salah.
  • DriverFix sekarang akan menunjukkan kepada semua driver yang bermasalah, dan  hanya perlu memilih yang ingin diperbaiki.
  • Tunggu aplikasi untuk mengunduh dan menginstal driver terbaru.
  • Restart PC agar perubahan diterapkan.

2. Periksa komponen 




Hal pertama yang perlu lakukan ketika hal seperti itu terjadi adalah memastikan bahwa perangkat keras, masalah fisik tidak mungkin terjadi.

Yang saya maksud dengan ini adalah perlu memastikan apakah masalahnya tidak disebabkan oleh debu, kelembapan, atau drive USB yang rusak.

Dengan mouse atau keyboard nirkabel, tentu saja, perlu memastikan bahwa baterai tidak habis.

Apa yang saya alami sendiri adalah kenyataan bahwa baterai tidak sepenuhnya mati, jadi kursor mouse saya berhenti dari waktu ke waktu. Setelah mengganti baterai, masalah telah terpecahkan.

Selain itu, tidak masalah siapa pembuat mouse, keyboard, dan laptop, komputer, atau tablet yang menjalankan Windows 8 atau Windows 8.1.

Sebagian besar waktu masalah serupa, jika tidak, sama. Banyak yang melaporkan masalah seperti itu terutama setelah mereka meningkatkan Windows mereka.

3. Lepaskan semua perangkat yang terhubung dengan USB


Jika Anda memiliki mouse atau keyboard yang mendukung USB, coba lepas semua perangkat yang terhubung dengan USB, mulai ulang perangkat , lalu sambungkan hanya perangkat yang menurut bermasalah.

Juga, saat berada dalam kategori Pengelola Perangkat yang disebutkan di atas, kita dapat mencoba dan mencari pembaruan driver khusus untuk USB (pengontrol Universal Serial Bus).

Selain itu, jika menggunakan perangkat Bluetooth , periksa juga apakah driver Bluetooth terbaru telah diperbarui.

4. Boot perangkat Anda dalam Safe Mode

  • Tekan Tombol Windows + I untuk membuka Pengaturan .
  • Pergi ke Perbarui & Keamanan , lalu ke Pemulihan .
  • Selanjutnya, buka Pengaturan Lanjutan .
  • Pilih Mulai Ulang Sekarang .
  • PC akan restart. Setelah selesai restart, pilih Troubleshoot .


  • Lalu pergi ke Opsi lanjutan / Advanced options.

  • Selanjutnya pilih Startup Settings , lalu Restart .

  • Setelah PC restart, pilih 4 atau F4 untuk mem-boot PC Anda dalam Safe Mode .
Mungkin ada konflik perangkat lunak atau perangkat keras dengan mouse dan keyboard , jadi coba dan reboot dalam Safe Mode dan dari Device Manage yang sama, cukup hapus devices .

Kemudian, ketika akan memulai ulang, Windows akan mengenalinya dan akan mulai mencari driver secara otomatis, jika perlu.

Ini telah menjadi solusi yang bekerja untuk saya. Juga, untuk berjaga-jaga, pastikan BIOS juga diperbarui. Tentu saja, jika belum mencobanya, alat Pemecahan Masalah bawaan juga dapat membantu.

Semoga dengan adanya cara-cara diatas bisa membantu para pembaca mengatasi masalah yang sedang terjadi pada komputer atau laptopnya.















Ruslan
Ruslan Seseorang yang suka menulis dikala senggang, hobi makan bakso dan suka ngajak jalan-jalan istri