Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kisi-kisi soal dan instrumen PAS Kels 1 s.d 6 SD Kurikulum 2013


Pada setiap akhir semester baik itu semester ganjil atau semester genap, kita sebagai tenaga pendidik tentunya akan mempersiapkan bahan evaluasi bagi peserta didik sebagai tolok ukur keberhasilan siswa tersebut belajar dalam satu semester terakhir.

Untuk mengukur kemampuan siswa tentunya kita menggunakan alat ukur berupa tes yang terdiri dari soal yang dibuat dari materi yang telah diberikan sebelumnya, untuk mengetahui sejauhmana daya serap anak didik selama kegiatan belajar.

Dalam membuat bahan soal tersebut biasanya kita membuat kisi-kisi soal yang akan kita buat sebagai bahan kerangka acuan dalam membuat soal yang akan diujikan kepada peserta didik sebagai bahan evaluasi kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Pembuatan kisi-kisi soal pada setiap akhir semester menjadi rutin dilaksanakan sehingga para guru akan membuat kisi-kisi soal terlebihdahulu sebelum membuat soal yang akan diujikan.

Kisi-kisi soal adalah suatu format berbentuk matriks berisi informasi yang memuat  pedoman untuk menulis atau merakit soal. Sebaiknya kisi-kisi disusun berdasarkan tujuan penggunaan tes.

Kisi-kisi menjadi pedoman pembuatan soal yang memuat secara lengkap kriteria dari soal yang akan diusun dalam sebuah tes. selain itu kisi-kisi soal juga disusun sesuai silabus mata pelajaran.

Di dalam menyusun kisi-kisi soal, guru tidak bisa asal saja membuat, akan tetapi harus memenuhi standar pedoman penulisan soal yang baik dan benar,

Kisi-kisi soal adalah sebagi gambaran soal yang akan dibuat sehingga dalam pembuatan soal telah tersusun sesuai dengan materi yang telah diajarkan dengan mempertimbangkan bobot soal yang akan diujikan tersebut.

Pembuatan kisi-kisi soal akhir semester biasanya kita kerjakan dalam sebuah forum atau kelompok kerja guru KKG di gugus masing-masing sehingga pembuatan kisi-kisi soal menjadi lebih variatif dan lebih cepat selesai sehingga pada pelaksanaan ujian akhir semester setiap guru dapat tercapai sesuai target sehingga hasilnya menjadi lebih maksimal.

Di sini kami akan membagikan contoh kisi-kisi soal yang mana kami susun dalam bentuk ms. office baik itu dalam format word ataupun excell sehingga lebih memudahkan bagi para pembaca, ataupun bagi guru sebagai bagah referensi bagi yang akan melaksanakan penilaian dikelasnya melalui kisi-kisi di  bawah ini.

Berikut adalah kisi-kisi penilaian akhir semester dari kelas 1 s.d kelas 6 Kurikulum 2013 SD/MI

Kisi-kisi PAS Kelas 1 Semester 1 download

Kisi-kisi PAS Kelas 2 Semester 1 download

Kisi-kisi PAS Kelas 3 Semester 1 download

Kisi-kisi PAS Kelas 4 Semester 1 download

Kisi-kisi PAS Kelas 5 Semester 1 download

Kisi-kisi PAS Kelas 6 Semester 1 download

Komponen-komponen yang  dalam sebuah kisi-kisi harus sesuai dengan tujuan pelaksanaan tes. Komponen kisi-kisi terdiri atas komponen identitas dan komponen matriks. Identitas diletakkan di atas  matriks.

Demikianlah contoh kisi-kisi soal PAS kelas 1 s.d 6 semester 1 yang dapat kami bagikan semoga bermanfaat.

Terimakasih telah berkunjung ke blog kami semoga lain kali dapat berkunjung kembali ke blog kami, karena kami akan terus update blog seputar dunia pendidikan dan cara mendapatkan penghasilan dari internet.

Salam literasi



Ruslan
Ruslan Seseorang yang suka menulis dikala senggang, hobi makan bakso dan suka ngajak jalan-jalan istri