Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Rahasia Trik Cepat Menulis di Blog Bagi Blogger Pemula

Rabu, 06 September 2021 Pkl. 19.10 kuambil gawai dalam tas, terlihat ada lebih dari 50 notifikasi whatsapp yang berwarna merah, tertanda pesan yang belum terbaca. Sambil penasaran dalam hati lalu ku buka WA grup belajar menulis gelombang 21, alangkah terkejutnya ketika melihat ada link absensi kelas belajar menulis yang dibagikan oleh bu Aam Nurhasanah. 


Saya baru ingat, sekarang hari Rabu materi kedua kelas belajar menulis di gelombang 21 ini, seketika itu saya ambil meja lipat kecil kayu berkaki empat dimana salah satu penyangganya patah jadi kaki mejanya tetap terlipat agar tetap kokoh ketika saya mengetik resume di blog ini.

Bu Aam Nurhasanah dari Lebak Banten yang menjadi moderator di kelas belajar menulis materi ke-2  malam ini, kemudian beliau memperkenalkan narasumber yang akan mengisi materi yaitu ibu Maesaroh, M.Pd dari Lebak Banten.  Beliau adalah guru Bahasa Inggris di SMPN 1 Lebakgedong.

Materipun dimulai oleh narasumber dengan menceritakan terlebih dahulu berbagai pengalaman beliau selama menulis, kurang lebih ada 19 paragraf yang beliau tulis di grup chat WA belajar menulis. Setelah saya baca kata demi kata, kalimat demi kalimat dan paragraf demi paragraf, tak terasa 19 paragraf tersebut selesai saya baca tanpa merasa bosan dan jenuh.

Beliau adalah alumni peserta belajar menulis gelombang 18, disaat yang sama beliau sedang membantu menggarap 6 tesis teman-temanya dimana 4 tesis beliau kerjakan full dan 2 tesis hanya bab 3, 4 dan 5. Selain itu beliau mampu menyelesaikan tesis S2 nya kurang lebih dalam waktu 1 bulan saja. Waaah! luar biasa.

Materi ke-2 kali ini adalah "Cara Cepat Menulis Resume di Blog". Berikut beberapa catatan penting yang dapat saya tulis di resume materi kali ini.

Mengapa perlu cepat menulis resume di blog? 

Dengan menulis resume tercepat di blog, kemudian dibagikan ke WA grup otomatis menempatkan tulisan kita di urutan teratas sehingga besar kemungkinan akan memiliki pengunjung paling banyak.

Hal ini sejalan dengan yang banyak dibicarakan oleh bloger-bloger terkenan tentang SEO ( search engine optimization) yaitu suatu strategi atau serangkaian teknik yang sistematis untuk menempatkan website atau blog berada di halaman utama SERP (Search Engine Result Page) dan potensial sesuai dengan keyword atau kata kunci yang ditentukan.

Memiliki artikel dengan urutan pertama di search engine google atau di mesin pencari google berpeluang meningkatkan traffik di blog kita sehingga banyak yang berkunjung ke blog kita, maka dari itu setiap blogger berlomba-lomba untuk menjadi urutan teratas artikel yang mereka tulis pada mesin pencari Google, agar banyak yang berkunjung ke blog kita.

Maka dari itu memiliki artikel dengan urutan teratas di mesin pencari merupakan hal yang paling diinginkan oleh setiap blogger. 

Mengapa demikian?

Sebagus apapun tulisan kita, semenarik apapun tulisan kita di blog jika tidak terindex di pencarian Google, maka tidak akan ada orang yang menemukan tulisan kita dan tidak ada yang berkunjung ke blog kita.

Maka dari itu apa yang disampaikan oleh narasumber, dengan share link artikel kita ke grup akan membuat artikel kita berkesempatan dikunjungi banyak orang dan membaca tulisan blog kita sehingga akan lebih mudah di SERF oleh mesin pencari google.

Kesalahan saya di pertemuan pertama adalah tidak share link resume ke grup WA kelas  belajar, hanya saya share di link form google pengumpulan resume. Alhasil resume tulisan saya jadi sepi pengunjung.

Berikut penjelasan singkat materi dari narasumber.

Trik cepat menulis resume materi di blog

  1. Selalu membiasakan diri duduk 10 menit di depan laptop sebelum materi dimulai.
  2. Selama duduk 10 menit tersebut selalu merangkai paragraf pembuka yang selalu dikemas dengan bahasa yang puitis. Serta menulis paragraf penutup dengan menyisipkan kalimat2 motivasi.
  3. Tulis resume dengan paragraf yang pendek-pendek. Pembaca blog cenderung bosan membaca paragraf yang  lama selesai, dengan membuat paragraf pendek, tulisan kita mudah difahami dan disimpulkan.
  4. Menulis pernyataan Narasumber dengan gaya bahasa Parafrase, atau bisa saja mengadopsi semua bahasa narasumber dengan memberikan tanda kutip. Pak A mengatakan

Cara menjadi Penulis Handal

Untuk menjadi penulis handal, kita harus memupuk mental baja dalam menulis dengan cara:

  1. Tanamkan sikap percaya diri. Jangan merasa malu, karena tulisan yang kita anggap jelek akan menjadi luarbiasa bagi mereka yang tidak pernah belajar menulis.
  2. Siap dengan segala kritikan. Meskipun terkadang budaya memuji lebih banyak dari budaya mengkritik, namun pujian itu harus membuat kita semakin memperbaiki tulisan. 
  3. Bangunlah tulisan di berbagai Blog.Hal ini amat perlu karena terkadang orang akan bosan melihat penampilan kita yang itu2 saja. Ibarat memakai baju, tentu orang akan bosan jika baju yang kita pakai hanya warna hijau saja. Itulah sebabnya tulisan harus memiliki warna lain, salah satunya  tulisan kita pada blog lainnya.
Demikianlah resume yang dapat saya tulis pada pertemuan ke-2 gelombang 21 ini. Kurang lebihnya mohon maaf. Terimakasih


7 comments for "4 Rahasia Trik Cepat Menulis di Blog Bagi Blogger Pemula"