Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

2 Contoh Surat Keterangan Pindah Sekolah Terbaru Sesuai data Dapodik atau Emis

Hallo selamat datang di blog kangruslan.com, blog yang menyediakan seputar informasi dunia pendidikan dan teknologi sebagai bahan referensi bagi pembaca.

 kangruslan.com Download surat keterangan pindah sekolah sesuai dengan data yang ada pada emis atau dapodik di sekolahnya.

Bagi setiap siswa yang ingin pindah tempat belajar atau mutasi ke sekolah lain, tentunya membutuhkan surat keterangan pindah dari sekolah lama ke sekolah baru, sebagai pengantar bahwa siswa tersebut akan pindah sekolah.

Berbagai alasan yang menjadi penyebab siswa mutasi atau pindah sekolah baik itu karena tuntutan orangtua karena pindah lokasi tempat tinggal terkait pekerjaan ataupun hal-hal lain yang menjadi penyeban siswa tersebut pindah sekolah 

Orangtua ingin sekolah terbaik bagi anaknya. Tapi seringkali keinginan tersebut membuat orangtua tidak sadar sebenarnya memilih sekolah bagi siapa, orangtua sendiri atau bagi anaknya.


Bagi  membangun kemitraan orangtua dan sekolah yang efektif dalam mendukung keberhasilan siswa.  Sekolah perlu bagi melibatkan orangtua dalam proses pendidikan. Ketika sekolah dan keluarga bekerja bersama, siswa memiliki kesempatan jauh lebih baik bagi tidak hanya sukses di sekolah tetapi juga sukses dalam kehidupan. 

Kunci dari kemitraan sekolah dan orang tua, adalah dengan membangun rasa hormat, tanggung jawab, dan hubungan. Respect atau Rasa hormat Kuncinya adalah sekolah menghormati dan mempercayai keberadaan orangtua. Sekolah mengakui bahwa keluarga berperan penting dalam memberikan wawasan dan informasi tentang apa yang dibutuhkan anak. 

Orang tua adalah mitra bagi sekolah dalam proses pengambilan keputusan sehingga sekolah perlu mengembangkan kebijakan pintu terbuka. Artinya, sekolah menciptakan iklim yang menyambut orang tua dan mengungkapkan kepedulian terhadap kebutuhan mereka, yakni kebutuhan orang tua serta kebutuhan anak.

Namun kadangkala orangtua harus memindahkan sekolah anaknya ke tempat yang baru. Berbagai alasan yang dapat menyebabkan siswa pindah sekolah, salah satunya adalah ikut orangtua sehingga mau tidak mau anak tersebut harus  pindah ke tempat yang baru bersama orangtuanya sehingga sekolahnya pun akan pindah juga.

Dalam kondisi seperti itu orangtua siswa datang kesekolah untuk meminta izin dalam surat keterangan pindah sekolah ke tempat sekolah yang baru.

Pihak sekolah akan memberikan surat keterangan pengantar pindah atau mutasi, sebagai tenaga administrasi di sekolah tersebut tentunya membutuhkan file Surat Pindah Sekolah sebagai bahan referensi untuk membuatnya admin akan membagikan file tersebut dan dapat didownload dengan mudah disediakandalam format ms. word sehingga memudahkan untuk mengeditnya disesuaikan dengan sekolah masing-masing.

Surat keterangan ini dapat diubah kembali atau disesuaikan dengan kebutuhan di sekolah yang bersangkutan, demi penyempurnaan.

Suar Keterangan Pindah Sekolah atau Mutasi admin sediakan dalam 2 contoh format yang dapat diunduh pada link di bawah ini


Download Surat Keterangan Pindah Sekolah Format 1 DISINI

Download Surat Keterangan Pindah Sekolah Format 2 DISINI


Demikianlah artikel kali ini yang dapat saya bagikan semoga bermanfaat dan semoga kita selalu diberikan kesehatan dan keberkahan dalam melaksanakan aktivitas kita sehari-hari.

Mohon maaf apabila banyak kekurangan dalam penjelasan diatas, baik dalam perbendaharaan kata atau kalimat yang tidak sesuai dengan kaidah penulisan yang baik dan benar, ataupun tulisan yang menyinggung, tiada lain admin maksudkan hanyalah untuk berbagi.

Terimakasih telah berkunjung ke blog ini jangan lupa mampir lagi ke blog ini atau bisa menekan ctr+d pada keybord laptop atau PC sobat pembaca kangruslan.com agar halaman ini tetap ada di bookmark beranda broswer sobat.

Sampai jumpa diartikel selanjutnya.

Ruslan
Ruslan Seseorang yang suka menulis dikala senggang, hobi makan bakso dan suka ngajak jalan-jalan istri