Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Daftar Negara dengan Gaji Guru Tertinggi Di Dunia

 kangruslan.com  10 Daftar Negara dengan Gaji Guru Tertinggi Di Dunia.

Halo selamat datang di blog kangruslan.com, di artikel kali ini saya akan membahas daftar 10 Negara dengan bayaran gaji Guru tertinggi di dunia.

Guru dapat menjadi inspirasi dan untuk menggapai masa depan bagi siswa, dan mengajarkan berbagai hal kepada siswa baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Selain itu sosok guru dapat mengajarkan materi kepada siswanya sesuai dengan bidang yang diampunya untukmentransfer ilmu pengetahuan yang dapat diserap oleh setiap siswanya.

Menjadi seorang guru adalah tugas yang sangat mulia. Kemuliaan seorang guru itu karena ia merupakan sosok yang berperan penting dalam masa depan bagi anak didiknya. Tugas seorang guru yang mengubah orang yang malas menjadi orang yang rajin, mengubah yang tadinya tidak tahu menjadi tahu itu adalah tugas mulia yang diemban dari seorang guru.

Selain itu sosok guru tingkah lakunya menjadi panutan bagi semua orang. Inilah yang menjadi nilai lebih profesi sebagai guru dibandingkan dengan profesi lain, maka benar-benar istimewalah bekerja sebagai guru.

Terlepas dari itu semua yuk kita intip berapa sih rata-rata gaji yang diterima diberbagai dunia? Tapi sebelum itu marikita hitung berapa rata-rata penghasilan guru di Indonesia dalam satu tahaun.

Bagi guru pertama golongan III/a dengan masa kerja dibawah 5 tahun rata-rata yang diterima gajinya adalah Rp. 3.500.000,00/bulan jika kita kalikan 12 bulan maka jumlahnya adalah Rp. 3.500.000 x 12 bulan = Rp. 42.000.000 jika dikurs ke dolar estimasi Rp. 14.000/$ adalah Rp. 42.000.000/14.0000 = $ 3.000 dolar per tahun. Untuk yang sudah sertifikasi tinggal dikalikan 2 saja yaitu $3.000 x 2 = $6.000 dolar/tahun.

Untuk guru rata-rata sudah mengajar 20 tahun ke atas berpenghasilan 4 sampai 5 juta perbulannya tinggal kita hitung saja seperti diatas. Perhitungan diatas adalah bagi yang sudah menjadi PNS/ASN, bagi yang masih status honorer penghasilannya rata-rata kurang dari Rp. 1 juta bahkan ada yang masih menerima Rp. 300.000/bulan atau kisaran $ 21 dolar, gede yach :( 

Lha kok jadi ngelantur kesini nulisnya yah, oke lah kita ke poin utama artikel ini yaitu membahas 10 Daftar Negara dengan Gaji Guru Tertinggi.

Dikutip dari explore opportunities afterschool berikut ini Daftar 10 Negara dengan Gaji Guru Tertinggi di Dunia, berikut daftarnya

Daftar 10 Negara dengan Gaji Guru Tertinggi di Dunia

1. Swiss

Sistem pendidikan di Swiss tidak dijalankan oleh pemerintah federal, tetapi oleh pemerintah masing-masing kanton. Sebagian besar siswa memulai sekolah dasar pada usia 6 tahun, dan rata-rata siswa bersekolah selama 12 tahun. Negara ini memiliki peringkat tinggi dalam kualitas pendidikan, khususnya dalam matematika tingkat lanjut. Setelah 15 tahun pengalaman, rata-rata guru Swiss menghasilkan sekitar $69.000 per tahun. Bahkan di tahun pertama mengajar, seorang guru sekolah dasar dapat memperoleh sekitar $47.500. Dengan gaji rata-rata Ksh 11.800.800 ($110.000) per tahun di bawah sistem gaji 13 bulan Swiss, seorang guru yang bekerja di wilayah Zurich dapat mengharapkan untuk mendapatkan Ksh 11.800.800 (CHF 110.000). Mereka yang berada di luar Zurich seperti di St. Gallen dapat memperoleh hingga Ksh 10.191.600 (CHF 95.000) setiap tahun woww.

2. Luksemburg

Luksemburg dikenal memiliki kualitas pendidikan yang luar biasa. Sebagian besar sekolah di negara ini dibiayai oleh negara, hingga sampai perguruan tinggi . Setiap orang yang berusia antara 4 dan 16 tahun harus bersekolah, di mana mereka belajar berbicara tiga bahasa (Luksemburg, Jerman, dan Prancis). Dengan penekanan yang diberikan pada pendidikan, tidak mengherankan bahwa guru mendapatkan upah yang sangatlah layak. Seorang guru sekolah dasar tanpa pengalaman menghasilkan sekitar $64,000 per tahun, sementara rata-rata guru menghasilkan sekitar $98,000 setelah 15 tahun mengajar. 

3. Kanada

Sistem pendidikan publik di Kanada cukup baik, dengan sekitar 80% siswa memperoleh diploma menengah–dan 53% siswa memperoleh diploma pascasekolah menengah. Sekitar 5,4% dari PDB negara dihabiskan untuk pendidikan, dengan pemerintah Kanada menginvestasikan sekitar $20.000 untuk setiap pendidikan tinggi siswa (sekolah menengah, perguruan tinggi, dan seterusnya). Guru dibayar dengan baik di Kanada, dengan gaji guru rata-rata naik menjadi sekitar $56.500 setelah 15 tahun pengalaman.

4. Jerman

Di Jerman, setiap negara bagian bertanggung jawab atas kualitas pendidikan. Anak-anak harus bersekolah sejak usia enam tahun, dan mereka lulus setelah 12 atau 13 tahun. hanya sedikit biya atau tidak ada biaya kuliah yang dibebankan di sebagian besar sekolah, tetapi siswa harus mengikuti tes untuk membuktikan kualifikasi mereka. Ini adalah sistem pendidikan yang sangat kompetitif. Guru di Jerman dapat memperoleh sedikit lebih dari $64.000 setelah 15 tahun pengalaman, meskipun gaji awal mereka sekitar $47.500. Guru sekolah menengah pertama yang berpengalaman dapat memperoleh hampir $65.000 per tahun.

5. Belanda

Sistem pendidikan Belanda jauh lebih berorientasi pada siswa, dengan individu menghadiri sekolah yang berbeda tergantung pada kebutuhan, latar belakang, dan pilihan karir mereka. Sistem pendidikan menduduki peringkat 9 di dunia pada tahun 2008. Belanda membayar gaji guru mereka dengan baik, dengan guru sekolah dasar berpenghasilan sekitar $ 36.000 sebagai gaji awal. Namun, setelah 15 tahun pengalaman, rata-rata guru dapat memperoleh hampir $60.000 per tahun.

6. Australia

Gaji tahunan rata-rata guru Australia yang berpengalaman adalah AU$98,000 sedangkan gaji awal untuk yang tidak berpengalaman sekitar AU$60,000. Guru di Australia menghasilkan lebih dari $62.000 AUD dan memiliki banyak waktu untuk berselancar dan snorkeling selama liburan Natal enam minggu.

7. Amerika Serikat

Gaji rata-rata seorang guru Amerika adalah sekitar $60.000. Guru yang berlokasi di New York berpenghasilan lebih tinggi dengan gaji $80.000 per tahun sedangkan yang berlokasi di South Dakota berpenghasilan lebih rendah dengan gaji $42.450.

8. Irlandia

Umumnya, di negara ini, profesi ini memiliki gaji rata-rata $ 53.000, seorang guru Irlandia yang berpengalaman dapat menghasilkan hingga 48.000 Euro per tahun dengan gaji awal rata-rata 30.000 Euro.

9. Austria

Kira-kira seorang guru di Austria memiliki gaji rata-rata $50,000 per tahun. Seorang guru kerja berpengalaman Austria dapat menghasilkan pendapatan rata-rata 45.000 Euro.

10. Denmark

Dengan gaji rata-rata $52.500, setelah beberapa tahun pengalaman, seorang guru Denmark setiap tahun dapat memperoleh penghasilan 47.000 Euro dengan gaji awal berkisar antara 35.000 Euro hingga 38.000 Euro.

Demikianlah info yang dapat admin bagikan, barangkali ada yang berminat menjadi guru di sana yang perlu dicatat adalah kesejahteraan seorang guru di Indonesia memang tidaklah seperti kesejahteraan di negara  lain.. Namun, kebanggan dan kepuasan menjadi seorang guru tidaklah dapat diukur dari gaji yang diterima setiap bulan melainkan melakukan suatu pekerjaan mulia untuk memberikan ilmu kepada anak bangsa sehingga nantinya mereka akan menjadi manusia yang lebih baik serta kebahagian atas pahala yang tak pernah berhenti mengalir teruntuk seorang guru yang telah berjasa dalam mencerdaskan dan mendidik anak-anak tersebut walaupun guru tersebut telah tiada.

Terimakasih telah berkunjung keblog ini semoga menambah wawasan kita ya.

Ruslan
Ruslan Seseorang yang suka menulis dikala senggang, hobi makan bakso dan suka ngajak jalan-jalan istri