Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Login SIM PKB 2020 dan dapatkan Sertifikat 64 JP Setelah Pelatihan

kangruslan.com-SIM PKB adalah Sistem Informasi manajemen Pengembangan Keprofesian (dan) berkelanjutan.

Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ini merupakan sebuah program lanjutan dari hasil pemetaan kualitas guru, dengan melihat kualitas guru dari instrumen uji Kompetensi Guru (UKG) yang telah dilakukan pada tahun 2015 kemarin.

Tujuan utama dari adanya program ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi guru dalam menjalankan fungsi dan tugas mereka.

SIMPKB sendiri dapat digunakan untuk login pretest dan posttest pkb, pretest ppg, cek sktp dan cek hasil pretest ppg.

Dengan program ini, semua guru, kepala sekolah, serta pengawas sekolah masuk dalam pemberdayaan komunitas GTK yang terdiri dari gugus atau kelompok kerja guru (KKG)

Musyawarah guru mata pelajaran (MGMP)/ Musyawarah guru bimbingan konseling (MGBK)/ kelompok kerja kepadala sekolah (KKKS)/ Kelompok kerja pengawas sekolah (KKPS).

Pada Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang jabatan fungsional guru dan angka kreditnya

PKB adalah unsur utama yang kegiatannya juga diberikan angka kredit untuk pengembangan karir guru, selain kedua unsur lainnya, yakni pendidikan dan pembelajaran/pembimbingan dan tugas tambahan dan/atau tugas lain yang relevan.

Menurut Permennegpan itu telah pula dijelaskan bahwa pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) terdiri dari 3 komponen, yaitu pengembangan diri, publikasi ilmiah dan karya inovatif.

Apa yang terbaru di SIM-PKB?

Saat ini SIMPKB telah dilakukan pengembangan dan pembaruan terhadap antar muka atau user interface. Selain itu, SIMPKB juga telah disatukan ke dalam seluruh Protal Layanan Program GTK Kemendikbud. Sehingga Guru akan lebih mudah mengakses ke dalam masing-masing aplikasi Program GTK Kemendikbud. 

Apa Saja Aplikasi Program GTK Kemendikbud Yang Tergabung di Dalam SIMPKB?
Berikut ini merupakan seluruh layanan program GTK Kemendikbud : 
  1. SIMPKB - Admin / Personal merupakan aplikasi induk dalam manajemen pengembangan keprofesian dan berkelanjutan.
  2. Guru Berbagi merupakan platform layanan berbagi materi, media dan keilmuan dalam lingkup kependidikan.
  3. Guru Penggerak merupakan aplikasi seleksi untuk fasilitator, pendamping dan Calon Guru Penggerak.
  4. Upskilling dan Resklilling Guru Kejuruan (Vokasi) merupakan program upgrade Guru SMK dan bantuan pemerintah bidang kemitraan dan penyelarasan dengan DUDI.
  5. Studi Lanjutan Guru - Bantuan Pemerintah.
  6. PPG - Prajabatan dan Dalam Jabatan merupakan aplikasi yang menunjang dalam kegiatan Pendidikan Profesi Guru.
  7. Organisasi Penggerak merupakan program pemberdayaan masyarakat dari pemerintah untuk meningkatkan kualitas guru dan kepala sekolah.
  8. Diklat GPK - Guru Pembimbing Khusus merupakan sarana untuk menjadi bagian dari Guru Pembimbing Khusus abad ke-21 guna memajukan pendidikan inklusif di Indonesia.
  9. Guru Praktik Baik. Merupakan platform berbagai pengalaman karya-karya praktik baik mahasiswa PPG untuk kemajuan generasi bangsa.
  10. Diklat Penguasaan Kepala Sekolah.

Cara Login SIM-PKB 2020

  1. Kungjungi halaman gtk.belajar.kemdikbud.go.id, maka akan muncul Portal Layanan Program GTK Kemendikbud seperti pada gambar di bawah ini: 
  2. Kemudian pilih pada link SIMPKB-Admin/Personal dan masukkan username atau surel yang terdaftar beserta paswordnya. 

  3. Setelah itu masuk dan kita akan dibawwa ke halaman menu SIMPKB seperti di bawah ini:

Demikianlah cara login SIM-PKB 2020 semoga dapat bermanfaat.



Post a comment for "Cara Login SIM PKB 2020 dan dapatkan Sertifikat 64 JP Setelah Pelatihan"