Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Operator Sekolah Harus Bisa Hasilkan Tunjangan Lain dari Online, Simak Caranya

Assalamualaikuam. wr. wb.

Salam Literasi

Entah mengapa saya tiba-tiba ingin menulis atrtikel ini, bukan berarti saya orang yang profesional dalam mencari penghasilan tambahan dari internet atu sok ingin pamer toh buktinya gak ada yang dapat saya pamerin di blog cepot yang gratisan ini.

Saya menulis artikel ini semata-mata ingin kembali membangkitkan semangat menulis saya di blog yang sudah lama di buat sekitar tahun 2013 silam dan baru dikembangkan pada tahun 2019 setelah saya sadar bahwa menulis artikel di blog itu menyenangkan disamping kita mendapatkan penghasilan tambahan tentunya.

Apakah tujuan membuat blog untuk mencari keuntungan?

Tujuan utamanya sih bukan karena uang tetapi semata-mata ingin belajar menulis, merangkai kata demi kata kadang saya buat beberapa kali dihapus lagi karena setelah dibaca bahasanya rancu atau kurang enak di dengar.

Maklum saya bukan seorang yang pandai menulis karena jujur waktu SD dulu saya paling gak suka di suruh mengarang, membuat puisi atau cerita-cerita pendek apalagi membuat catatan harian aduh saya rasa lebay banget dulu kek gitu heheee.

Wah kayaknya intermezonya kepanjangan deh, baiklah kita kembali ke pokok bahasan. Muncul pertanyaan

Mengapa Operator Sekolah Harus Bisa Hasilkan Tunjangan Lain dari Online ?

Dengan gaji yang relatif kecil yang didapatkan dari sekolah tentunya kita harus memutar otak dalam-dalam (sedalam samudera hindia he) dari mana lagi kita harus mendapatkan penghasilan untuk mencukupi kebutuhan sehari-harai.

Saya ibaratkan seorang OPS atau pegawai honorer  bagaikan seorang survival yang sedang berada di tengah hutan yang sedang bertahan hidup,

Kalian atau seorang survival?

Survival adalah mempertahankan hidup di alam bebas dari hambatan alam sebelum mendapat pertolongan dengan memanfaatkan alat seadanya atau bahan dari alam, yah mungkin terlalu dramatis jika disamakan dengan seorang survival alam liar. 

Tapi memang kenyataanya seperti itu, jika tidak bekerja denagn cara lain tidak akan mencukupi kebutuhan sehari-hari (jadi curhat) terlalu terbawa emosi akuhnya hiiii

Secara sadar dan tidak sadar kita sebagai OPS sehari-hari menggunakan apa yang namanya internet atau bahasa kitanya daring atau dahar sapiring, hehee canda

Jadi sudah seharusnya kita memanfaatkan celah kecil ini menjadi jalan yang dapat mengasilkan tambahan penghasilan tentunya, bahkan mungkin teman-teman OPS lain bisa sukses menjalankan bisnis tambahan di internet.

Banyak cara yang dilakukan agar kita mendapatkan penghasilian dari internet, berdasarkan pengelaman pribadi dalam beberapa bulan kebelakang dari saya menulis artikel ini alhamdulillah saya telah mendaparkan belasan juta rupiah dari internet.

Lalu darimana sajakah saya mendapatkan tunjangan sampingan OPS dari hasil ngenet ini, berikut daftarnya.
  1. Jual beli Online 
  2. Jual file di blog dan aplikasi
  3. Blog Adsense
  4. Program Affiliasi, 
  5. Trading Crypto ( tidak direkomendasikan)
  6. Main CPA (dalam pengembangan)
  7. Youtube (dalam pengembangan)
  8. FP FB, Ads Facebook (dalam pengembangan)
Baikalah saya akan jelaskan satu persatu dari 8 daftar di atas yang mungkin dapat teman-teman OPS kerjakan sebagai bahan alternatif mendapatkan hasil tambahan.

Bagi para master, dan suhu mohon koreksi dan bimbingannya yang newbie ini apabila ada yang salah atau kurang izinkanlah aku menjelaskannya walaupun agak belepotan menulisnya.

1. Jual Beli Online

Apa yang harus saya jua?

Masih ingat pas waktu kita di SMA dulu ada pelajaran Ekonomi dan Akutansi ada barang ada pasar dan tentunya modal dulu yang ada di pikiran saya ada modal ada barang bikin toko atau warung terus pembeli nyamperin ke toko atau kita dorong gerobak (bakso, Mie ayam, Bubur, Cendol atau Sol sepatu). Namun di Online sekarang itu semua jadi berbeda menurut web binar yang saya ikuti seperti ini

a. Buat Website Pribadi

Toko = website landing page
Pemasaran = SEO, Backlink, adwords, FB ads, Instagram, Twitter, FB dan sosmed lainnya

Penjelasannya seperti ini kita buat website toko online kita taruh foto produk yang akan kita jual biaya untuk membuat website dari blogger aja agar lebih murah karena kita gak perlu sewa hosting cukup domain dan beli template perkiraan harganya Rp. 500.000 untuk domain dan template toko online. Bagi yang berminat bikinn toko online bisa kirim email atau komentar di bawah ya.

Setelah kita buat toko online selanjutnya cari pasar atau orang yang mau membeli produk kita ada dua cara yang pertama garitasan dan berbayar.

Cara Gratisan
  • SEO
  • Sebarlink website kita di medsos
Apa itu SEO ?  SEO = Search Engine Optimation, maksimalkan pencarian toko online kita di mesin pencari Google apabila produk kita muncul di halaman pertama Google siap-siap anda akan kebanjiran order saya contohkan pada gambar di bawah ini:

Jika toko kita masuk 10 daftar pencarian Google kita dapat kesempatan orang mengunjungi toko kita dan berbelanja Namun kita harus belajar tentang SEO dan tekniknya cari aja di Google banyak kok yang ngejelasin.

Cara Berbayar

Cara yang kedua ini saya dapat kata 95% berhasil kenapa karena kita menggunakan jasa iklan berbayar seperti Adwords Google dan Ads FB karena saya sendiri menggunakan dua jasa ini sebagai bahan iklan untuk produk yang akan dijual.

Adwords Google dan FB Ads sudah tidak di ragukan lagi karena kiat sendiri tau 2 raksasa perusahaan besar jasa advertiser ini, karena iklan kita akan lebih tepat sasaran kepada orang yang membutuhkan barang yang akan kita jual.

Sebagai contoh dengan uang 100 ribu kita beriklan di Ads FB dapat menjangkau ratusan bahkan ribuan orang mengetahui produk kita yang FB tayangkan kepada pemilik akun di beranda mereka.

b. Daftar di Marketplace

Siapa yang tak kenal dengan Marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee, atau Lazada mungkin kita juga pernah berbelanja di sana

Post a Comment for "Operator Sekolah Harus Bisa Hasilkan Tunjangan Lain dari Online, Simak Caranya"