Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berhasil. Inilah Cara Meningkatkan Kinerja Komputer dan Laptop Kamu

pixabay.com

Kita meski bersyukur hidup di era globalisasi yang mana hampir segala sesuatu pekerjaan kita bisa dikerjakan dengan bantuan komputer.

Komputer adalah alat yang saat ini menjadi salah satu alat yang dimiliki hampir setiap orang yang membutuhkan pekerjaan dengan komputasi.

Namun bebrapa pengguna mengeluhkan dengan kinerja PC mereka yang mengalami kinerja lambat atau bisa kita bilang lemot, nah berikut ini ada beberapa cara yang dapat kita kerjakan untuk meningkatkan kinerja PC.

Berikut adalah cara yang admin gunakan dari berbagai sumber

Periksa program startup


Ketika komputer lambat untuk boot, penyakit umum adalah memiliki terlalu banyak program startup. Untuk memperbaikinya di Windows 10, tekan tombol Windows, dan kemudian ketik (dan pilih) Task Manager.

Ketika Task Manager terbuka, klik tab "startup". Di sini, Anda akan melihat semua program yang diatur untuk mengaktifkan ketika Windows boot up. Lihatlah kolom di paling kanan berlabel startup Impact. Periksa apa pun yang dinilai memiliki dampak "tinggi" atau "sedang" dan putuskan apakah hal tersebut sangat penting.

Apakah Anda sangat membutuhkan Steam untuk memulai ketika Anda masuk ke PC Anda, misalnya? Jika semua yang Anda lakukan pada PC ini adalah permainan, maka jawabannya mungkin ya. Jika itu adalah PC multi-tujuan, jawabannya hampir pasti "tidak." Anda tidak ingin mematikan sesuatu yang misi-kritis, bahkan memiliki dampak "tinggi", tetapi perhatikan semuanya dengan baik.

Setelah Anda memutuskan apa yang akan dimatikan, pilih mereka satu per sekali dengan mouse Anda dan klik Nonaktifkan di sudut kanan bawah.

Menyesuaikan setelan mulai ulang (Restart)

Ketika komputer restart secara otomatis karena sistem atau program update, secara default Windows 10 mencoba untuk membuka kembali segala sesuatu yang terbuka pada desktop sebelum shutdown. Ini adalah fitur yang bagus, tetapi juga dapat mempengaruhi kinerja, dan mematikannya mudah.


Buka aplikasi pengaturan (klik "Start" dan kemudian pilih COG pengaturan) di kiri bawah menu Start. Di dalam aplikasi setelan, pilih akun > opsi masuk. Kemudian di bawah privasi Matikan slider berlabel "Gunakan My sign-in info untuk secara otomatis selesai mengatur perangkat saya dan membuka kembali aplikasi saya setelah update atau restart."

Hapus aplikasi bloatware dan Superfluous

Aplikasi startup hanya setengah masalah. Beberapa program memiliki sedikit utilitas pembantu yang berjalan di latar belakang bahkan ketika aplikasi tidak berjalan. Anda tidak ingin mematikan ini secara manual kecuali jika Anda terbiasa dengan apa yang mereka lakukan. Pendekatan yang lebih baik adalah dengan hanya hapus atau Uninstal aplikasi yang tidak pernah atau jarang Anda gunakan, termasuk aplikasi bloatware yang telah terinstal di PC Anda.

Klik kanan pada setiap aplikasi Windows 10 toko berlebihan di menu mulai dan pilih "uninstall." Ini bekerja untuk aplikasi desktop biasa juga, tapi kami masih merekomendasikan metode Control Panel sekolah lama untuk menghapusnya.

Periksa ruang penyimpanan Anda


Windows 10 memberikan informasi lebih built-in untuk melihat dan mengelola penyimpanan PC Anda. Untuk menemukannya, buka aplikasi pengaturan lagi dan pilih System > Storage. Bagian ini menunjukkan ringkasan penggunaan penyimpanan utama sistem, termasuk berapa banyak aplikasi dan fitur ruang yang digunakan, serta file dan folder besar, file sementara, dan sebagainya. Biasanya, penggunaan penyimpanan harus memiliki bar biru yang menunjukkan seberapa dekat dengan penuh itu. Ketika Bar berubah merah, Anda memiliki masalah dan perlu untuk mulai membongkar file ke drive lain (atau menghapusnya).

Menggunakan fitur ini dapat membantu Anda mengetahui apa yang harus dihapus (atau Uninstal), tetapi ada beberapa hal yang tidak ingin Anda sentuh. Pertama, bahkan jika Anda melihat satu ton dari mereka di bagian "aplikasi & fitur", tidak menghapus salah satu dari Microsoft Visual C++ Redistributables. Kelihatannya berlebihan, tetapi program yang berbeda tergantung pada versi yang berbeda.

Juga, jika Anda melihat apa-apa di bagian "lain" setiap folder berlabel AMD, NVIDIA, atau Intel harus ditinggalkan sendirian. Anda juga tidak ingin menyentuh bagian Reserved & System.

Secara umum, jika Anda tidak tahu apa itu sesuatu, maka jangan uninstall atau menghapusnya.

Pada bagian ini, Anda juga dapat mengaktifkan fitur yang disebut Storage Sense, yang secara otomatis menghapus file sementara dan junk lainnya saat tidak diperlukan.

Tweak power setting (setting baterai)


Secara default, Windows 10 menggunakan rencana penggunaan daya "seimbang" yang terkadang dapat menghambat kinerja. Rencana seimbang menjaga kecepatan CPU Anda lebih rendah ketika itu tidak digunakan, dan menempatkan komponen kunci dalam mode masing-masing hemat daya selama waktu permintaan rendah.

Anda dapat Ratchet hal dengan membuka Control Panel (klik "Start" dan ketik "Control Panel"), dan pilih "Power Options." Pada panel berikutnya, klik "Tampilkan tambahan rencana" dan kemudian pilih opsi "kinerja tinggi".

Shut Down OneDrive

Jika Anda tidak menggunakan OneDrive, ini adalah cara mudah untuk mengurangi penggunaan sumber daya sistem yang berlebihan. Hal termudah yang harus dilakukan adalah mematikan OneDrive di bawah tab startup di Task Manager-jika ada di sana. Anda juga dapat membuka menu mulai, dan di bawah bagian "O", klik kanan "OneDrive" dan pilih "uninstall."  Ini akan menghapus OneDrive dari PC Anda, tetapi semua file Anda akan tetap berada di OneDrive.com.

Yang harus anda perhatikan adlah untuk menyalin file OneDrive terlebih dahulu ke bagian lain dari PC Anda sebelum Anda melakukan ini.

Stop Background Updates

Ada sesuatu yang dapat Anda lakukan untuk menghalangi Windows Update dan fitur download latar belakang lainnya di Windows. Waktu tidak dicentang, proses ini dapat menyeret ke bawah kinerja koneksi Anda, serta mesin. Setel Wi-Fi rumah atau koneksi Ethernet berkabel sebagai terukur dari Settings > Network & internet > Wi-Fi, atau Settings > Network & Internet > Ethernet.

Ini memberitahu Windows 10 untuk tidak mengunduh pembaruan besar saat pada koneksi Wi-Fi-setidaknya untuk sementara waktu. Akhirnya, itu akan memaksa upgrade, tapi pengaturan ini membantu sebagian besar waktu. Hal ini juga menghentikan beberapa aplikasi dari server ping, yang dapat membantu mengurangi kinerja proses latar belakang.

Atur Speed Up Menus dan Animations

Seperti versi lain dari sistem operasi, Windows 10 menggunakan efek visual yang dapat mengurangi kinerja. Ini adalah item seperti animasi, jendela tembus, efek bayangan, dan sebagainya.

Untuk membuka pencarian ini untuk "kinerja" di bilah tugas, dan kemudian pilih "menyesuaikan penampilan dan kinerja Windows."

Secara default, Windows 10 mencoba memilih pengaturan yang paling sesuai untuk PC Anda, namun Anda juga dapat memilih opsi yang bertuliskan "Sesuaikan untuk kinerja terbaik", lalu klik "Terapkan". Alternatif lain adalah untuk pergi melalui daftar secara manual dan Hapus centang apa yang tidak ingin Anda gunakan.

Perubahan ini mungkin tidak akan berbuat banyak pada mid-range dan high-end mesin, tetapi perangkat anggaran dengan RAM terbatas dan CPU lemah dapat manfaat.

Memulihkan Dari Perlambatan yang Mendadak (Recoveri Sudden Slow Down)


Jika PC Anda mendadak melambat, ada dua penyebab untuk segera melihat. Pertama, buka pengaturan > update & keamanan > Lihat pembaruan Riwayat. Apakah ada update diinstal sekitar waktu PC Anda mulai melambat? Jika demikian, pencarian online dengan nomor KB update (itu dalam kurung di akhir setiap judul update), dan melihat apakah ada orang lain mengeluh tentang hal itu pada situs berita PC, forum, atau Reddit posting.

Jika jumlah orang yang baik mengalami masalah sejak pembaruan tersebut, Anda mungkin perlu mencopot pemasangannya atau menunggu Microsoft mengirim perbaikan — yang dapat memakan waktu beberapa saat.

Selanjutnya, jalankan scan standar untuk malware, dan kemudian melakukan scan secara offline dengan Windows Defender untuk membuat ekstra yakin bahwa semuanya baik.

Atur Hard Drive anda

Tip terakhir ini tidak mempengaruhi PC dengan solid-state drive (by the way, jika Anda belum memiliki SSD, kami sangat menyarankan mendapatkan satu), tapi itu saran yang baik bagi mereka dengan hard drive.

Drive berputar dapat dilakukan dengan sedikit perawatan ekstra dari waktu ke waktu. Ini adalah baik kuno bergerak yang lama pengguna PC harus akrab dengan.

Pertama, menggunakan utilitas defragment dan Optimalkan Drives. Cari di taskbar dan akan muncul. Pilih hard disk yang ingin Anda tangani, lalu pilih tombol "Optimalkan". Anda juga dapat mengaktifkan pengoptimalan otomatis. Windows mendefragmentasi dan mengoptimalkan drive Anda secara otomatis, tapi itu ide yang baik untuk memeriksa dan menjalankannya secara manual jika PC Anda lambat.

Berikutnya, adalah utilitas pembersihan disk-lagi, mencari "disk cleanup" dari taskbar atau menu Start kotak pencarian. Pilih hard disk yang ingin Anda Bersihkan dan jalankan.

Ada juga fitur ReadyBoost, yang menggunakan USB stick sebagai cache. Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, bagaimanapun, kami tidak yakin ini akan berbuat banyak untuk meningkatkan kinerja.

Tips ini hanya sebagian kecil dari apa yang dapat Anda lakukan. Ide bagus lainnya termasuk melihat file Page, mematikan pengindeksan pencarian, dan memperbarui driver komponen.

Pertimbangkan untuk mengganti hardware PC Anda

Jika langkah ini tidak menunjukkan cukup dorongan dalam kinerja, maka mungkin sudah saatnya untuk mengganti/upgrade perangkat keras PC Anda. Beralih ke SSD atau M.2 drive biasanya kinerja PC anda akan semakin meningkat, saat menginstal lebih banyak RAM jika PC Anda memiliki 8GB atau kurang juga merupakan ide yang baik jadi beli dan tambah kapasitas RAM PC anda.
Ruslan
Ruslan Seseorang yang suka menulis dikala senggang, hobi makan bakso dan suka ngajak jalan-jalan istri