Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Cara Memperbaiki Icon Baterai yang Hilang di Windows 10


Mungkin saat ini kalian sedang kebingungan karena ikon baterai telah hilang dari taskbar, terutama setelah upgrade dari versi Windows yang lebih lama. Pada artikel ini, saya akan menunjukkan beberapa hal untuk mencoba memunculkan kembali icon baterai yang tiba-tiba hilang

Berikut adalah beberapa contoh masalah yang biasanya terjadi:
  • Ikon baterai diklik Windows 10-ini adalah masalah yang sangat mirip, dan kalian dapat menerapkan sebagian besar solusi ini, juga.
  • Ikon baterai hilang Windows 7-meskipun kita berbicara tentang Windows 10 di sini, ini jugabiasanya terjadi juga pada windows 7, dan biasanya cara ini juga berlaku untuk windows 7.
  • Persentase baterai yang tidak ada atau blank.
  • Pada laptop merk Lenovo pengukur baterai tidak tampil pada Windows 10-masalah ini lebih umum pada Lenovo laptop daripada produsen lain ' mesin.
  • Windows 10 baterai ikon terkunci-masalah lain yang biasa dengan laptop yang menggunakan Windows 10.

Apa yang harus dilakukan jika ikon baterai hilang di Windows 10 berikut ada beerapa cara yang saya dapat dari windows report semoga dapat membantu

Daftar isi:
  1. Mengaktifkan ikon baterai
  2. Pindai perubahan perangkat keras
  3. Jalankan pemindaian SFC
  4. Mulai ulang Windows Explorer
  5. Jalankan pemecah masalah perangkat keras
  6. Jalankan DISM
  7. Perbarui Windows
  8. Perbarui driver
  9. Memperbarui BIOS
  10. Menonaktifkan dan mengaktifkan kembali perangkat keras di pengelola perangkat

Memperbaiki: ikon baterai hilang dari taskbar pada Windows 10

Cara 1-Aktifkan ikon baterai

Windows 10 memberi kita pilihan untuk memilih ikon yang ditampilkan di taskbar dan bahkan pilihan untuk sepenuhnya untuk menonaktifkan. Fitur ini dapat ditemukan dengan membuka jendela Settings dari Start menu dan memilih bagian System. Sekarang dari menu sisi kiri pilih Notifications & actions.


Hal pertama yang harus memeriksa adalah bahwa ikon Power diaktifkan. Untuk melakukannya, klik Turn system icons on or off dan pastikan Power diaktifkan (enable).


Selanjutnya pastikan bahwa ikon baterai diatur untuk ditampilkan di taskbar. Untuk itu kembali ke jendela sebelumnya dan klik pada Select which icons appear on the taskbar. Cari ikon Power dan Aktifkan.


Cara 2-Pindai perubahan perangkat keras


Jika kalian baru saja mengganti baterai laptop kalian, ada kemungkinan OS kalian masih belum mengakuinya. Jadi, disarankan untuk cepat memindai perubahan perangkat keras, dan biarkan sistem kalian mengenali baterai baru.

Jika kalian tidak yakin cara melakukannya, ikuti petunjuk berikut:


  1. Pergi ke pencarian, Control Panel kontrol di bar pencarian, dan Buka Control Panel.
  2. Buka Hardware and Sound > Add a device. 
  3. Tunggu Wizard untuk menemukan baterai Anda.
  4. Hidupkan ulang komputer.

Cara 3 – Run the SFC scan


Jika cara di atas masih belum bekerja dan berhasil menyelesaikan masalah, kita akan mencoba solusi pemecahan masalah.dengan pemindaian SFC.

SFC scanner adalah built-in alat pemecahan masalah yang dirancang untuk menangani berbagai masalah yang berkaitan dengan sistem. Dan mungkin juga membantu dalam kasus kami. Berikut adalah cara untuk menjalankan pemindaian SFC pada Windows 10:

  1. Buka Cari, ketik CMD, dan Buka prompt perintah sebagai administrator.
  2. Ketik perintah berikut, : sfc/scannow dan tekan ENTER 
  3. Tunggu sampai proses selesai (bisa lebih lama).
  4. Memulai ulang komputer (restart)

Cara 4-restart Windows Explorer

Solusi lain yang beberapa pengguna melaporkan sebagai berhasil membantu adalah dengan merestart Windows Explorer. Ini cukup mudah untuk me-restart Windows Explorer pada Windows 10, dan jika kalian tidak yakin bagaimana hanya dengan mengikuti petunjuk ini:
  1. Klik kanan Start Menu, dan pilih Task Manager.
  2. Gulir ke bawah dan temukan proses Windows Explorer.
  3. Klik proses Windows Explorer, dan pilih restart.
  4. Kemudian Restart komputer kalian

Cara 5-Run Hardware Troubleshooter

Jika kalian sedang menjalankan Windows 10 Spring creators update atau versi lebih terbaru, kalian memiliki opsi pemecahan masalah terpadu untuk mengatasi berbagai masalah perangkat keras dan sistem. Berikut cara menjalankan troubleshoote:
  1. Buka settingupdate & keamanan.
  2. Arahkan ke tab Troubleshoot .
  3. Scroll ke bawah dan klik hardware & Devices.
  4. Sekarang, klik Jalankan Run the troubleshooter.
  5. Ikuti petunjuk lebih lanjut pada layar dan menunggu Wizard untuk menyelesaikan tweaker komputer Anda.
  6. Hidupkan ulang komputer atau restart

Cara 6- Run DISM

Cara selanjutnya adalah dengan menjalankan DISM (penyebaran gambar servis dan manajemen). DISM mirip dengan SFC scan, tetapi lebih kuat. Jadi, ada kemungkinan pemecah masalah ini sebenarnya akan menyelesaikan masalahnya.

Berikut adalah cara untuk menjalankan DISM pada Windows 10:

  1. Ketik CMD di pencarian, klik kanan pada prompt perintah dan menjalankannya sebagai administrator.
  2. Pada baris perintah, copy-paste baris ini satu per satu dan tekan Enter setelah masing-masing di ketik: pertama ketikkan DISM /online /Cleanup-Image / ScanHealth lalu DISM /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth 
  3. Tunggu sampai prosedur berakhir (mungkin diperlukan waktu hingga 10 menit).
  4. Restart PC Anda.

Cara 7 - Update Windows 

Microsoft terus-menerus bekerja pada peningkatan Windows 10 dan perbaikan ini disampaikan sebagai pembaruan melalui fitur Pemutakhiran Windows. Pembaruan ini dapat berisi perbaikan keamanan, peningkatan kinerja dan perbaikan bug dan merupakan tempat pertama untuk mencari memperbaiki masalah Windows.

Untuk menginstal pembaruan Windows 10 terbaru buka Start menu kemudian pilih settting. arahkan ke bagian update & Security dan klik pada tombol Check for Updates.


















    Setelah Windows Update selesai men-download dan menginstal update reboot mesin Anda untuk memastikan bahwa pengaturan baru diterapkan.

    Cara 8 – Update drivers

    Sebagian besar pengguna Windows 10 telah ditingkatkan dari versi sebelumnya seperti Windows 7 atau Windows 8,1. Apa ini berarti bahwa mereka mungkin masih menggunakan driver yang dirancang untuk versi yang lebih tua dan perlu diperbarui. Windows Update melakukan pekerjaan yang baik untuk memberikan driver generik terbaru tapi terkadang tidak cukup.

    Untuk memeriksa driver terbaru yang tersedia untuk mesin Anda pergi ke situs web produsen, akses bagian dukungan atau download dan pilih nomor model komputer kalian cari aja di google banyak kok disini admin hanya memberi petunjuk aja. 

    Solusi 9-Nonaktifkan dan aktifkan kembali perangkat keras di Device Manager


    Satu hal yang perlu dicoba adalah menonaktifkan dan mengaktifkan kembali perangkat keras baterai dan komponen ACPI. Ini adalah salah satu cara alternatif memecahkan masalah ikon baterai yang hilang bagi banyak pengguna Windows 10.

    Klik kanan pada tombol Start menu  dan pilih Device Manager. Kalian juga dapat melakukan pencarian untuk Device Manager dan membukanya dari sana. Sekarang Perluas bagian Battery, klik kanan pada Microsoft AC Adapter dan pilih Disable. Ulangi proses untuk Microsoft ACPI-compliant metode kontrol baterai.


    Setelah menonaktifkan keduanya Anda harus mengaktifkannya kembali. Untuk melakukannya klik kanan lagi pada masing-masing dan Pilih Enable. Jika ini adalah yang menjadi penyebab masalahnya, ikon baterai akan segera muncul.

    Terkadang inipun tidak cukup dan kita harus mencopot pemasangan (uninstal) dan menginstalnya kembali. Untuk itu, kalian klik kanan pada masing-masing dan pilih uninstall. Setelah telah dihapus, klik kanan pada nama komputer di bagian atas daftar dan pilih Scan for hardware changes. Ini akan memaksa Windows untuk mendeteksi komponen perangkat keras dan menginstalnya kembali.

    Device Manager

    Itulah 9 cara yang dapat kalian lakukan untuk memecahkan masalah icon baterai yang hilang di windows kamu, mudah-mudah dari ke 9 cara diatas salah satunya dapat membantu icon baterai yang hilang.

    Terimakasih telah berkunjung ke blog ini, akhir kata semoga kita tetap semangat diberi kesehatan dan rezeki yang melimpah dari arah yang tidak-disangka-sangka.

    Jangan lupa berkunjung lagi ke blog ini yah. Terimakasih

    Post a comment for "9 Cara Memperbaiki Icon Baterai yang Hilang di Windows 10"