Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Cara Mengatasi Speaker laptop tidak bekerja dan Tidak Mengeluarkan Suara [HP, Asus, Dell, Acer]


  • Setiap laptop dilengkapi dengan speaker. Meskipun kinerja dapat bervariasi, memiliki speaker yang bekerja sangat penting untuk pengalaman yang baik. Jadi jika audio tidak bekerja, mari kita Perbaiki ini.
  • Petunjuk ini berlaku untuk masalah terkait perangkat lunak: mengubah pengaturan dan memperbarui driver biasanya menyelesaikannya. Masalah perangkat keras harus ditangani dengan layanan resmi.
  • Maslah ini biasanya terpecahkan keika kita instal driver bawaan dari situs resmi merk laptop soabat
  • Membaca panduan dari laptop dan PC bagian troubleshooting membantu Anda memimpin kehidupan teknologi bebas kesalahan-itu adalah sesuatu yang kita semua perjuangkan.


Laptop merupakan hal yang menjadi kebutuhan pokok bagi para penggunanya karena portabilitas mereka, tetapi banyak pengguna melaporkan bahwa speaker laptop tidak bekerja . Ini bisa menjadi masalah besar, tapi hari ini kita akan mencoba untuk memperbaiki masalah ini.

Masalah dengan speaker laptop bisa sangat menjengkelkan, dan berikut ini adalah beberapa masalah umum yang pengguna alami pada laptop mereka:

  • Speaker laptop tidak mengeluarkan suara tetapi ketika memakai headphone suara keluar masalah ini dapat terjadi jika speaker Anda tidak dikonfigurasi dengan benar. Periksa pengaturan suara dan pastikan bahwa speaker laptop Anda ditetapkan sebagai perangkat audio default.
  • Suara tidak bekerja pada laptop – masalah ini biasanya disebabkan oleh driver Anda, jadi pastikan untuk menginstal ulang mereka dan memeriksa apakah yang memecahkan masalah.
  • Speaker laptop tidak bekerja Dell, Lenovo, Acer, HP, Toshiba, Sony Vaio, Samsung masalah ini dapat muncul di hampir semua merek laptop, tetapi Anda dapat memperbaiki masalah ini menggunakan salah satu solusi kami.
  • Speakers not recognized, showing in playback devices. Kadang masalah ini dapat muncul jika Anda tidak memiliki driver yang tepat atau jika speaker Anda dinonaktifkan.
  • Laptop speakers not working failed to play test tone speaker laptop tidak bekerja gagal untuk bermain nada tes-ini adalah masalah lain yang cukup umum, tapi kami membahas masalah ini secara mendalam di kami gagal memainkan artikel nada uji, jadi pastikan untuk check it out.

Speaker laptop tidak bekerja, bagaimana memperbaikinya?

  1. Menginstal ulang driver audio
  2. Memperbarui driver audio
  3. Memodifikasi Registry Anda
  4. Pastikan sensor audio Anda berfungsi
  5. Pastikan suara Anda tidak dibisukan
  6. Memeriksa perangkat audio default
  7. Jalankan pemecah masalah bawaan
  8. Mencoba speaker eksternal atau headphone

Solusi 1-instal ulang driver audio

  • Tekan tombol Windows + X untuk membuka menu Win + X. Sekarang pilih Device Manager dari daftar 
  • Temukan driver audio Anda pada daftar, klik kanan dan pilih uninstall perangkat dari menu
audio-device manager

  • Jika tersedia, periksa Hapus perangkat lunak driver untuk perangkat ini sekarang klik tombol uninstall untuk melanjutkan.
  • Setelah Anda menghapus driver klik Pindai ikon perubahan perangkat keras untuk menginstal pengandar asali.
Jika speaker laptop tidak bekerja, masalahnya mungkin driver Anda. Terkadang driver audio mungkin rusak, dan untuk memperbaiki masalah, pengguna menyarankan untuk menginstalnya kembali. Hal ini cukup sederhana untuk dilakukan, seperti yang ditunjukkan pada langkah di atas.

Setelah melakukan itu, driver default harus diinstal dan masalah Anda akan diselesaikan.

Solusi 2-Perbarui driver audio

  1. Kunjungi situs web produsen laptop Anda.
  2. Navigasikan ke bagian driver dan Cari model laptop Anda.
  3. Sekarang Cari dan Unduh driver audio terbaru untuk perangkat Anda.
  4. Setelah driver di-download, Jalankan file setup untuk menginstalnya.
Jika Anda mengalami masalah dengan speaker laptop, masalahnya mungkin terkait dengan driver usang. Terkadang driver default mungkin tidak bekerja dengan laptop Anda, dan untuk memperbaiki masalah, disarankan agar Anda memperbarui driver Anda.

Operasi sederhana lain yang memerlukan hanya beberapa langkah seperti yang ditunjukkan di atas.

Seperti yang dapat Anda lihat, proses ini tidak rumit, tetapi jika Anda tidak tahu bagaimana untuk mencari dan di mana untuk men-download driver, Anda dapat selalu menggunakan alat pihak ketiga seperti TweakBit Driver Updater untuk secara otomatis memperbarui semua driver Anda hanya dengan beberapa klik.


Solusi 3-memodifikasi Registry Anda

  • Tekan tombol Windows + R dan masukkan regedit. Sekarang tekan Enter atau klik OK 
  • Setelah membuka Registry Editor, navigasikan ke kunci berikut ini:
HKEY_LOCAL_MACHINE/SOFTWARE/Microsoft/Windows/CurrentVersion/MMDevicesAudioRender
  • Klik kanan render di panel kiri dan pilih Permissions dari menu. 
  •  Sekarang pilih User dari daftar akun. Periksa Full Control di kolom Izinkan dan klik Apply dan OK untuk menyimpan perubahan.

Ini banyak terjadi pada laptop Asus dari berbagai lapran dari windows report . Masalah ini dapat terjadi saat menggunakan driver Realtek, dan untuk memperbaiki masalah, Anda perlu mengubah beberapa pengaturan di registri Anda. Untuk melakukan itu, ikuti langkah yang dijelaskan di atas.

Setelah melakukan perubahan ini, periksa apakah masalahnya masih ada. Pengguna melaporkan bahwa solusi ini memperbaiki masalah untuk perangkat Realtek mereka, tetapi bahkan jika Anda tidak menggunakan Realtek audio, Anda mungkin ingin mencoba solusi ini.

Solusi 4-pastikan sensor audio Anda berfungsi

Semua laptop memiliki Jack output audio, tapi terkadang masalah dengan Jack audio dapat terjadi dan yang dapat menyebabkan speaker laptop Anda berhenti bekerja. Audio Jack memiliki sensor mereka sendiri, dan jika Anda menghubungkan headphone Anda sensor akan mengenali mereka dan secara otomatis mematikan speaker Anda.

Namun demikian, gangguan pada sensor audio terkadang dapat terjadi, dan sensor Anda mungkin menjadi macet. Akibatnya, PC Anda akan bertindak seolah-olah headphone terhubung dan menonaktifkan speaker internal Anda. Ini bisa menjadi masalah, tapi ada solusi cepat dan mudah yang dapat membantu Anda.

Menurut pengguna, Anda hanya perlu menghubungkan setiap perangkat audio ke Jack audio Anda pada laptop dan sensor audio akan mendapatkan unstuck. Jika Anda tidak memiliki perangkat audio, Anda dapat menggunakan objek lain seperti tusuk gigi, tetapi Jack audio bekerja yang terbaik.

Banyak pengguna melaporkan bahwa sensor audio mereka adalah masalah, tetapi mereka tetap masalah dengan menggunakan solusi ini.

Solusi 5-pastikan suara Anda tidak dibisukan

Jika speaker laptop Anda tidak berfungsi, mungkin suara Anda dibisukan. Untuk memeriksa apakah suara Anda dibisukan, cari ikon volume di pojok kanan bawah desktop Anda. Klik ikon dan pastikan bahwa volume Anda diatur ke maksimum.

Selain kontrol volume, Anda juga disarankan untuk memeriksa mixer audio Anda. Jika Anda tidak tahu, Windows memiliki mixer audio sendiri yang memungkinkan Anda untuk mengontrol tingkat audio untuk setiap aplikasi. Untuk memeriksa apakah mixer audio Anda bermasalah, lakukan hal berikut:

Memutar file multimedia. Anda dapat melakukannya dengan memainkan video YouTube atau dengan menggunakan pemutar multimedia Anda untuk memutar file multimedia lokal.

Sementara file diputar di latar belakang, klik kanan ikon volume dan pilih open volume mixer dari menu.


Sebuah jendela baru sekarang akan muncul. Mengubah ukuran jendela sehingga Anda dapat melihat semua audio Cari pemutar multimedia Anda dan gerakkan penggeser volume sepanjang jalan ke atas. Selain itu, pastikan bahwa speaker dan sistem suara slider saluran yang diatur sepanjang jalan ke atas.

Setelah melakukan itu, periksa apakah masalah dengan audio masih ada.

Selain kontrol volume dan audio mixer, juga disarankan untuk memeriksa apakah suara sebenarnya diaktifkan pada laptop Anda. Banyak laptop memiliki tombol kontrol audio bawaan, serta tombol Mute, jadi pastikan untuk memeriksanya.

Kunci ini biasanya ditetapkan ke tombol F di bagian atas keyboard, dan untuk mengaktifkannya, Anda harus menahan tombol FN di laptop dan menekan tombol F yang sesuai.

Solusi 6-Periksa perangkat audio default

  • Klik kanan ikon sound di sudut kanan bawah. Pilih suara dari menu 
  • Jendela suara sekarang akan muncul. Pergi ke playback klik kanan ruang kosong dan pastikan bahwa Show Disabled Devices dan Show Disconnected Devices pilihan dicentang. 
  • Sekarang klik kanan speaker Anda dan pilih Set as default device dari menu. Klik Apply dan OK untuk menyimpan perubahan.
Jika speaker laptop Anda tidak berfungsi dengan baik, disarankan agar Anda memeriksa perangkat audio default. Terkadang speaker Anda mungkin tidak disetel sebagai perangkat audio default, dan itu dapat menyebabkan berbagai masalah. Pada langkah di atas, Anda dapat melihat cara memeriksa perangkat audio default.

Setelah melakukan perubahan ini, periksa apakah masalahnya masih ada.

Solusi 7-menjalankan built-in troubleshooter

  • Buka aplikasi setelan dan navigasikan ke bagian Update & Security.
  • Pilih Troubleshoot dari panel kiri. Pilih Playing Audio dan sekarang klik Jalankan Troubleshoot 
  • Ikuti petunjuk troubleshooter untuk menyelesaikan pemecah masalah.
Jika Anda mengalami masalah dengan speaker laptop, mungkin Anda dapat memperbaiki masalah hanya dengan menjalankan built-in pemecah masalah. Jika Anda tidak tahu, Windows memiliki banyak built-in pemecah masalah yang memungkinkan Anda untuk memperbaiki berbagai kesalahan komputer. Pemecah masalah ini sepenuhnya otomatis, jadi Anda harus dapat memperbaiki masalah hanya dengan beberapa klik seperti yang Anda lihat di atas.

Setelah pemecah masalah selesai, periksa apakah masalah masih ada. Jika masalah masih ada, Anda dapat mencoba menjalankan pemecah masalah tambahan seperti pemecah masalah perangkat keras dan perangkat dan memeriksa apakah yang membantu.

Solusi 8-coba speaker eksternal atau headphone

Jika masalah ini terus muncul di laptop Anda, mungkin ada masalah dengan speaker Anda. Terkadang masalah ini dapat terjadi jika speaker Anda dinonaktifkan atau jika ada masalah audio pada PC Anda. Untuk menentukan apakah penyebab masalah, disarankan bahwa Anda menyambungkan speaker eksternal atau headphone ke laptop Anda dan memeriksa apakah mereka bekerja.

Jika masalah muncul saat menggunakan speaker atau headphone, masalahnya kemungkinan besar terkait dengan pengaturan audio atau driver Anda.

Dalam kasus speaker laptop Anda tidak bekerja, masalah ini kemungkinan besar terkait dengan driver atau pengaturan, jadi pastikan untuk memperbarui mereka dan memeriksa apakah yang membantu. Jika masalah masih ada, jangan ragu untuk mencoba solusi lain dari artikel ini.
Ruslan
Ruslan Seseorang yang suka menulis dikala senggang, hobi makan bakso dan suka ngajak jalan-jalan istri