Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

prakerja.go.id Buka Pendaftaran Penerima Kartu Prakerja | Ini Langkah-Langkahnhya

Salam Literasi

Program Kartu Prakerja, melalui situs prakerja.go.id diluncurkan pada Sabtu, 11 April 2020. Tanggal peluncuran ini mengalami sedikit perubahan dari rencana awal pada 9 April 2020.


Penjelasan Kartu Pra Kerja

Kartu Prakerja ialah Program peningkatan kompetensi kerja yang diperuntukkan untuk pencari kerja, pekerja ter-PHK, atau pekerja yang memerlukan kenaikan kompetensi.

Buat seorang yang sudah mendapatkan kartu pra kerja, dapat dipakai untuk ikuti training serta bayar memakai kartu prakerja baik online atau off line ; memperoleh sertifikat training yang disadari baik training yang online atau off line ; dan memperoleh dana stimulan langsung ke wallet kamu serta ditransfer dalam tiga tahap

Kamu yang mau melakukan Pendaftaran Kartu Pra Kerja di www.prakerja.go.id, tentu harus mengetahui cara daftar kartu Pra Kerja secara online, dan apa saja syarat-syaratnya Namun sbelum kamu daftar, kamu juga harus menyiapkan beberapa dokumen pribadi antara lain;

1. Nomor Induk Kependudukan (NIK) sesuai KTP beserta data pribadi lengkap

2. Persiapkan Nomor HP/telepon (yang aktif)

3. Email (yang masih aktif)

Syarat-syarat Kartu Pra-Kerja:

1.Warga Negara Indonesia (WNI)

2. Berusia minimalnya 18 tahun (saat mendaftar)

3. Tidak sedang mengikuti pendidikan/pelatihan formal

Kartu Prakerja mempunyai tujuan untuk meningkatkan kapabilitas angkatan kerja, tingkatkan produktivitas serta daya saing angkatan kerja. Kartu Prakerja ialah program pertolongan ongkos training untuk tingkatkan kapabilitas kerja.

Jadi, tidak untuk menggaji pengangguran ya!. Kartu Prakerja ini dperuntukkan buat orang yang sedang cari pekerjaan. Tetapi, orang yang telah kerja, karyawan serta korban PHK bisa mendaftarkan program Kartu Prakerja.

Seperti Langkah Mendapatkan Kartu Prakerja. Pada umumnya di bawah ini langkah yang perlu dilaksanakan untuk mendapatkan Kartu Prakerja

  1. Daftar di Web Kartu Prakerja https ://www. prakerja. go. id/ untuk penginputan data serta seleksi online. 
  2. Pilih Training yang Diisyaratkan Industri. Pilih training dari service SISNAKER serta bayar memakai saldo Kartu Prakerja untuk online atau off line. 
  3. Ikuti training dengan cara online atau off line serta peroleh sertifikat training dari instansi. 
  4. Peserta diharap memberikan Penjelasan & Rating Pada Instansi Training. Beri penjelasan serta rating pada instansi training lewat SISNAKER sesudah lakukan proses training. 
  5. Memperoleh Stimulan Sesudah Ikuti Training. Peroleh stimulan serta akan ditransfer dalam 3 step ke saldo wallet Kartu Prakerja kamu. 
  6. Isi Survey Kebekerjaan untuk Masukan Efektivitas Program. Survey yang ditanyakan dalam 3 step dengan stimulan pengisian survey sebesar Rp150. 000 untuk masukan efektivitas program, keselarasan training serta peletakan kerja, dan lain-lain. 


Lalu bagaimana cara mendaftarkan diri online untuk memperoleh Kartu Prakerja. Di bawah ini tata langkah membuat account untuk daftarkan diri memperoleh Kartu Prakerja.

Buat Account di situs https://www.prakerja.go.id/ 


1. Pertama, masukan alamat e-mail atau nomor hp (yang aktif). 


2. Lalu, click kolom daftar 

3. Pilih menu metode verifikasi. 

4. Selanjutnya input code verifikasi diterima baik melalui e-mail atau sms ke HP kamu. 

5. Bila selesai, maka pendaftaran dianggap telah sukses serta kamu telah punyai account Kartu Pra Kerja. 

Mendaftar Account Kartu Pra Kerja 

Sesudah beres membuat account pendaftaran Kartu Pra Kerja di www. prakerja. go. id, kamu langsung dapat daftarkan diri. Di bawah ini kami terangkan langkah daftar kartu pra kerja ; 

1. Sesudah masuk situs prakerja. goi. id kamu tinggal login account, serta click menu daftar Kartu Pra Kerja 

2. Kemudian isi formulir pendaftaran sesuai dengan pola yang disiapkan 

3. Lalu, click setelah itu 

4. Kemudian, kamu harus lakukan serta isi tes potensi fundamen. 

5. Selanjutnya, click usai. 

6. Bila telah beres lakukan isi formulir pendaftaran serta tes potensi fundamen, kamu (peserta) akan terima pemberitahuan melalui account kamu yang telah tercatat. 

Kamu langsung dapat mengecek status pendaftaran Kartu Pra Kerja di www. prakerja. go. id melalui account punya kamu yang telah tercatat. Sesudah masuk account, kamu tinggal click menu Cek Status Pendaftaran. Selekasnya daftar kartu pra kerja sebelum telat.

Menko Bagian Perekonomian Airlangga Hartarto, menyebutkan ketertarikan warga yang ingin lakukan pendaftaran kartu pra kerja di wwww. prakerja. go. id tinggi sekali. Hal itu kelihatan dari diagram kunjungan warga ke situs prakerja. go. id. Sepanjang 1 minggu ini tertera 1, 3 juta warga buka web resmi Kartu Pra Kerja ini.


Pastikan kamu juga telah membaca syarat dan ketentuannya dengan lengkap.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi yang dan semoga berhasil



Post a Comment for "prakerja.go.id Buka Pendaftaran Penerima Kartu Prakerja | Ini Langkah-Langkahnhya"