Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengatasi Laptop Berhenti di Logonya Saja, Work untuk Semua Jenis Laptop atau Komputer

Tahukah kamu bahwa Kata computer pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmetika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri sehingga diberi nama komputer.

Komputer pribadi diperkenalkan pertama kali di Indonesia pada tahun 1980 oleh Eddy Liew, pendiri Dragon Computer & Communication melalui merek Sinclair yang berasal dari Inggris.

Peranan komputer atau laptop ialah  memudahkan dan percepat pekerjaan manusia. Namun, komputer juga adalah hasil manusia dimana tentu ada kekurangan serta kelemahan pada buatan manusia. Begitu juga dengan laptop yang kita pakai, terkadang mendapatkan permasalahan dari yang tidak serius sampai serius.

Pada kesempatan ini, admin akan mengulas tentang permasalahan pada laptop yakni dimana laptop stuck di logo merek laptop saja. Permasalahan ini tergolong umum, tapi tetap harus kita lihat dengan serius.

Banyak orang yang alami permasalahan ini, namun pemicunya tidak sama. Admin sempat juga lakukan troubleshooting masalah ini, dimana laptop rekan saya disampaikan ke saya mengalami permasalahan.

Laptop cuma berhenti di tanda Logo saja serta saat itu saya coba bongkar terlebih dulu laptopnya serta memeriksa keadaan elemen - elemen yang ada. Tapi, bukan hanya di satu laptop saja ya, bisa saja laptop berhenti di simbol acer,  laptop berhenti di simbol lenovo serta brand yang lain bergantung brand laptop. Kemudian, saya coba kerjakan proses troubleshooting.

Selain itu admin juga lihat beberpa areferensi solusi untuk memecahkan masalah ini, dan berikut yang dapat dilakukan apabila mengalami hal semacam ini.

Langkah Langkah Melakukan perbaikan Laptop Yang Stuck Di Logo Bios 


Instal Ulang Windowsnya

Kemungkinan pertama penyebabnya adalah karena windowsnya corupt atau rusak otomatis kita harus instal ulang kembali windowsnya, tetapi jangan lupa backup dulu datanya barangkali ada data penting yang tersimpan di data C anda.

Lihat Kondisi Elemen dalam Laptop atau PC anda 

Apakah terdapat debu atau tidak didalam komponen laptop anda. Langkah awal yang perlu kalian kerjakan ialah, memeriksa semua elemen pada computer atau laptop apa ada debu atau mungkin tidak. Terdapatnya debu yang melekat pada elemen computer atau laptop bisa membuat kapasitas elemen itu terganggung, akhirnya memunculkan permasalahan. 

Jadi, jika ada debu kalian bisa membersihkan elemen - elemen itu.  Apabila telah dibersihkan, kalian bisa memasangnya kembali elemen - elemen yang ada pada laptop atau computer. Jika tidak memperoleh hasil kalian bisa meneruskan langkah selanjutnya.

Gosok Soket RAM Dengan Penghapus Ini adalah langkah yang umum, kalian bisa menggosok soket pada RAM dengan penghapus bersih. Gosok dengan hati - hati serta jika telah kalian gosok kalian bisa pasang RAM itu di tidak sama tempat. Slot RAM yang ada pada mainboard laptop ada 2 serta slot RAM yang ada pada mainboard computer ada 4 slot RAM atau lebih. Bila telah, kalian coba apa mendapatkan hasil atau mungkin tidak. Bila tidak, kalian bisa meneruskan langkah setelah itu.

Kerjakan Reset CMOS Langkah ini cukup gampang namun, kalian harus tahu terlebih dulu seperti apa bentuk baterei CMOS serta tempat CMOS yang ada pada mainboard laptop atau computer kalian masing - masing. Kadang tempat tiap baterei CMOS pada merek mainboard itu tidak sama.

Baterei CMOS Pada Mainboard Pc 


Gambar di atas ialah CMOS yang ada pada mainboard komputer, kalian bisa temukan pada mainboard masing - masing. Nah, jika yang memiliki masalah pada computer kalian bisa mencabut baterei itu dengan mendesak jumper pada lingkaran warna merah yang saya lingkari. Nah, jika CMOS pada laptop tidak sama ya dengan CMOS yang ada pada mainboard computer. Memiliki bentuk sama namun ada bingkisan serta langkah mencabutnya tidak sama dengan CMOS yang ada pada computer.

Baterei CMOS Pada Mainboard Laptop Nah, tidak sama kan? Untuk lingkaran bewarna kuning itu ialah baterainya. Sedang lingkaran yang bewarna merah ialah jumpernya. Jadi, jika kalian ingin mereset baterainya kalian mencabut kabel yang ada pada lingkaran bewarna merah. Jika telah dicabut karena itu kalian bisa memasangnya kembali.

Jika reset CMOS tidak membuahkan apa saja kalian bisa meneruskan kembali pada langkah setelah itu berikut ini.

Hardisk

Cek Harddisk Apa Dalam Kondisi Baik - Baik Saja Dalam permasalahan ini dapat terkait dengan harddisk. Mengingat skema operasi yang terpasang tersimpan pada harddisk jadi, kita jangan lupakan elemen yang satu ini.

Yakinkan, harddisk yang dipakai tidak keluarkan suara yang bising atau suara yang seperti terdapatnya elemen yang rusak. Jika harddisk mendapatkan permasalahan, karena itu skema operasi tidak bisa digerakkan namun, biasanya sesudah booting akan ada pemberitahuan jika ada error di bagian harddisk.

Langkah mengeceknya kita mustahil membuka harddisk, sedang piringan harddisk harus jangan terserang debu. Sebab, jika piringan harddisk terserang debu bisa mengakibatkan guratan kecil yang bisa menimbulkan permasalahan semakin besar misalnya, Bad Sector.

Jadi, langkah mengeceknya kalian bisa memakai harddisk lain serta kalian pasang pada computer atau laptop kalian. Jika dengan harddisk lain skema operasi bisa berjalan karena itu, bisa diambil kesimpulan jika pemicunya ialah harddisk alami kerusakan.



Post a comment for "Mengatasi Laptop Berhenti di Logonya Saja, Work untuk Semua Jenis Laptop atau Komputer"