Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara menyembunyikan aplikasi, foto, dan file di HP Android (Xiaomi, LG, Samsung, Huawei)

Ada banyak alasan mengapa kita ingin menyembunyikan aplikasi, foto, dan file lainnya di perangkat Android Anda. Mungkin Anda punya beberapa gambar yang ingin anda rahasiakan agar pacar kamu tidak tahu,(hee) jadi saat dia pinjam ponsel kamu merasa aman.

Atau mungkin memiliki beberapa dokumen pribadi yang berisi informasi pribadi yang sensitif. dan terinstal aplikasi yang tidak cukup ramah anak bagi kamu untuk merasa aman menyerahkan telepon Anda ke keponakan Anda sehingga dia bisa bermaingame kesayangannya.

Apapun alasannya, ada banyak pilihan ketika ingin menyembunyikan konten pada ponsel Anda. Kita akan melihat yang dapat Anda gunakan pada setiap ponsel Android dan juga mereka yang tersedia di berbagai merk HP android.

1. cara untuk menyembunyikan aplikasi pada setiap ponsel Android

Anda dapat dengan mudah menyembunyikan aplikasi pada telepon apapun dengan dua metode di bawah ini, terlepas dari merek yang Anda gunakan. Yang pertama cocok untuk menyembunyikan aplikasi pra-instal yang tidak Anda gunakan serta menyembunyikan aplikasi yang Anda gunakan tetapi ingin memastikan tidak ada satu tapi Anda melihat.

Metode kedua, di sisi lain, jauh lebih terbatas. Ini hanya bekerja dengan aplikasi sistem, yang merupakan aplikasi pra-instal yang tidak dapat dihapus. Tapi itu membutuhkan lebih sedikit pekerjaan dan tidak akan mengubah tampilan dan nuansa ponsel Android Anda seperti metode pertama.

Menggunakan Nova Launcher


Banyak peluncur Android memungkinkan Anda untuk menyembunyikan aplikasi hanya dengan beberapa taps. Download di SINI

Kenapa kami sarankan dengan menggunakan Nova Launcher itu karena banyak fitur dan blazingly cepat. Satu-satunya masalah adalah bahwa Anda perlu meng-upgrade ke versi berbayar untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, karena Anda tidak dapat menyembunyikan aplikasi dengan versi gratis. Jika ke dalam kustomisasi dan menginginkan pengalaman seperti saham pada smartphone Anda, it's Worth membayar beberapa dolar untuk mendapatkan aplikasi.

1. Cara untuk menyembunyikan aplikasi pada ponsel Samsung, OnePlus...

Banyak ponsel memiliki fitur built-in yang memungkinkan kamu untuk menyembunyikan aplikasi yang hanya dapat kamu lihat. 

Di sini kami tidak akan mencantumkan petunjuk untuk setiap merek yang ada di luaran sana, tetapi kami akan menunjukkan cara menyembunyikan aplikasi di ponsel Samsung, OnePlus, LG, Xiaomi, dan Huawei/Honor.

Perlu diingat bahwa tidak setiap telepon dari merek yang disebutkan mendukung kemampuan untuk menyembunyikan aplikasi. Jika Anda memiliki perangkat lama yang menjalankan versi Android yang lebih lama, fitur tersebut mungkin tidak tersedia. Jalur ke fitur mungkin juga sedikit berbeda berdasarkan handset dan versi OS Anda.

Cara menyembunyikan aplikasi di ponsel OnePlus


Fitur Hidden Space memungkinkan kamu untuk menyembunyikan aplikasi di ponsel OnePlus. Untuk mengaksesnya, buka laci aplikasi lalu gesek ke kanan. Dari sana, ketuk ikon "+", pilih aplikasi yang ingin Anda Sembunyikan, dan ketuk tanda centang untuk menyelesaikan pekerjaan.

Anda juga dapat mengatur kata sandi/proteksi sidik jari untuk memastikan Anda adalah satu-satunya yang dapat mengakses folder ruang tersembunyi. Untuk melakukannya, ketuk ikon di pojok kanan atas (tiga titik vertikal), pilih "Aktifkan kata sandi", lalu ikuti petunjuk pada layar.

Petunjuk langkah demi langkah:

  1. Buka aplikasi drawwer.
  2. Gesek ke kanan untuk mengakses folder ruang tersembunyi.(Hidden Space folder)
  3. Ketuk ikon "+" di pojok kanan atas.
  4. Pilih aplikasi yang ingin disembunyikan.
  5. Ketuk tanda centang di pojok kanan atas.

Cara menyembunyikan aplikasi di ponsel Samsung


Menyembunyikan aplikasi di ponsel Samsung sangat mudah. Buka laci aplikasi, ketuk ikon di pojok kanan atas (tiga titik vertikal), dan pilih opsi "pengaturan layar Beranda". Langkah selanjutnya adalah menemukan dan mengetuk opsi "Sembunyikan aplikasi", setelah itu daftar aplikasi akan muncul di layar. Pilih aplikasi yang ingin disembunyikan, lalu ketuk "Terapkan" untuk menyelesaikan.

Petunjuk langkah demi langkah:

  1. Buka pengaturan aplikasi.
  2. Ketuk ikon di pojok kanan atas (tiga titik vertikal).
  3. Pilih opsi "Home Screen Settings".
  4. Temukan dan ketuk opsi "Sembunyikan aplikasi".(Hide app)
  5. Pilih aplikasi yang ingin disembunyikan.
  6. Ketuk opsi "Terapkan".(Apply)

Cara menyembunyikan aplikasi di ponsel Huawei


Kamu dapat menyembunyikan aplikasi di ponsel Huawei/Honor dengan menggunakan fitur yang disebut PrivateSpace. Ini memungkinkan kamu membuat "ruang" baru atau akun pada ponsel kamu dengan aplikasi yang berbeda, file, dll. kamu dapat mengaksesnya dengan membuka telepon dengan sidik jari yang kamu tetapkan ke ruang baru yang telah kamu buat.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengatur PrivateSpace. Ke pengaturan > keamanan & privasi > PrivateSpace dan ikuti petunjuk pada layar. Setelah itu, buka kunci ponsel dengan pemindai sidik jari yang telah kamu pilih selama proses penyiapan dan unduh aplikasi yang ingin disembunyikan. Dengan begitu, aplikasi tersebut hanya akan tersedia di ruang terpisah dan tidak akan muncul di akun utama kamu.

Namun, kamu tidak dapat mentransfer aplikasi dari satu ruang ke spasi lainnya. Ini berarti bahwa untuk menyembunyikan aplikasi, kamu harus menghapusnya dari ruang utama kamu dan kemudian mengunduhnya ke PrivateSpace kamu. Ini sedikit rasa sakit, tetapi tidak akan mengambil seluruh banyak waktu.

Ikuti petunjuk berikut ini tahap demi tahap:

  1. Pengaturan > keamanan & privasi > PrivateSpace.
  2. Ikuti petunjuk pada layar untuk menyiapkan PrivateSpace.
  3. Buka kunci ponsel dengan sidik jari yang ditetapkan untuk mengakses PrivateSpace.
  4. Unduh aplikasi apa pun yang ingin Anda jaga agar tetap pribadi.

Cara menyembunyikan aplikasi di ponsel Xiaomi


Untuk menyembunyikan aplikasi di ponsel Xiaomi kamu, pertama-tama kamu harus mengaktifkan fitur tersebut. kamu dapat melakukannya dengan membuka Settings > App Lock dan kemudian mengetuk ikon roda gigi di pojok kanan atas. 

Langkah selanjutnya adalah menggulir ke bawah, beralih pada "aplikasi tersembunyi" pilihan, dan kemudian tekan "mengelola aplikasi tersembunyi" tepat di bawahnya. Daftar aplikasi akan muncul dan yang harus kamu lakukan adalah mengetuk foto yang ingin disembunyikan. Itu semua ada untuk itu.

Untuk mendapatkan akses ke aplikasi tersembunyi, Cubit keluar pada layar awal dan kemudian menggunakan sidik jari Anda untuk membuka folder.

Petunjuk langkah demi langkah:

  1. Settings > App kunci dan tekan ikon roda gigi.
  2. Beralih pada "aplikasi tersembunyi" pilihan.
  3. Ketuk opsi "Kelola aplikasi tersembunyi".
  4. Pilih aplikasi yang ingin disembunyikan.

Cara menyembunyikan aplikasi pada ponsel LG


Ada dua cara kamu dapat menyembunyikan aplikasi pada ponsel LG kamu. Yang pertama digunakan jika kamu tidak memiliki laci aplikasi diaktifkan, sementara yang kedua datang ke dalam bermain jika kamu melakukannya. Mari kita mulai dengan yang pertama.


Buka pengaturan di telepon kamu dan ketuk opsi "layar Berkamu" yang terletak di bawah tab "tampilan". atau, kamu juga dapat menekan lama pada layar awal dan pilih opsi "pengaturan layar Berkamu" untuk mempercepat segalanya. Langkah selanjutnya adalah membuka menu "Sembunyikan aplikasi", ketuk aplikasi yang ingin disembunyikan, lalu pilih opsi "selesai".

Petunjuk langkah demi langkah:

  1. Panjang-Tekan pada layar awal.
  2. Pilih opsi "pengaturan layar utama".
  3. Ketuk "Sembunyikan aplikasi."
  4. Pilih aplikasi yang ingin disembunyikan.
  5. Ketuk opsi "selesai".
Jika kamu memiliki laci aplikasi diaktifkan (app drawer enabled), prosesnya sedikit berbeda. kamu tidak akan menemukan opsi "Sembunyikan aplikasi" dalam pengaturan. 

Sebagai gantinya, apa yang harus kamu lakukan adalah membuka laci aplikasi, ketuk ikon di pojok kanan atas (tiga titik vertikal), lalu pilih opsi "Sembunyikan aplikasi". Dari sana, pilih aplikasi yang ingin kamu Sembunyikan dan ketuk "selesai."

Petunjuk langkah demi langkah:

  1. Buka laci aplikasi.
  2. Ketuk ikon di pojok kanan atas (tiga titik vertikal).
  3. Pilih opsi "Sembunyikan aplikasi".
  4. Pilih aplikasi yang ingin disembunyikan.
  5. Ketuk opsi "selesai".

2. bagaimana  menyembunyikan foto dan menyembunyikan file pada setiap ponsel Android

Sama seperti dengan aplikasi persembunyian, kami akan menunjukkan dua metode untuk menyembunyikan foto dan file yang dapat digunakan pada telepon apapun. Keduanya mendapatkan hasil yang didapat tetapi dengan cara yang sangat berbeda.

Dua metode ini mengharuskan kamu mengunduh aplikasi dari Play Store, dan dapat kamu unduh secara gratis.

Menggunakan aplikasi GalleryVault


Seperti yang dapat kamu tahu dengan namanya, aplikasi ini berfungsi sebagai kubah untuk gambar kamu serta file lainnya. kamu dapat memindahkan file yang hanya untuk mata kamu dari galeri dan aplikasi lain ke GalleryVault, di mana kamu dapat mengaksesnya dengan kode PIN atau sidik jari kamu. Ini adalah aplikasi gratis-mendapatkannya di sini-tetapi didukung oleh iklan yang bisa mengganggu.

Setelah kamu men-download aplikasi, membuat account dan tekan tombol "+" di pojok kanan bawah. Pilih Apakah kamu ingin menambahkan gambar dan video atau file lainnya. Kemudian cukup pilih file yang ingin kamu Simpan dengan aman, ketuk "tambah," dan pilih folder yang ingin kamu tempatkan. Itu semua ada untuk itu!

Petunjuk langkah demi langkah:

  1. Unduh aplikasi GalleryVault dan buat akun.
  2. Luncurkan aplikasi dan tekan tombol "+" di pojok kanan bawah.
  3. Pilih jenis file yang ingin Anda tambahkan ke Vault (gambar, file...).
  4. Pilih file.
  5. Ketuk opsi "Tambah".
  6. Pilih folder yang Anda inginkan agar file ditempatkan.
Dapatkan aplikasinya DISINI

Gunakan AppLock


Jika kamu tidak ingin memindahkan gambar dan file lainnya dari satu tempat ke lokasi lain, aplikasi seperti AppLock adalah pilihan yang lebih baik untuk kamu. Hal ini memungkinkan kamu untuk mengunci aplikasi apapun pada ponsel kamu dan mengaksesnya dengan sidik jari kamu. Misalnya, kamu dapat mengunci aplikasi Galeri dan Google foto, sehingga bahkan jika seseorang tidak bermain-main dengan ponsel kamu, mereka tidak dapat melihat foto dan file yang kamu miliki di ponsel kamu karena aplikasi dikunci.

Untuk memulai, Unduh AppLock dari Play Store, buka, dan kemudian ikuti petunjuk pada layar untuk mengaturnya. Untuk mengunci aplikasi, gulir ke bawah sampai kamu melihat daftar aplikasi yang ada di ponsel kamu, lalu ketuk yang ingin kamu Lindungi. Kami juga menyarankan agar kamu mengaktifkan kunci sidik jari untuk menghindari penggunaan pola yang ditetapkan secara default. kamu dapat melakukannya dengan menuju ke tab "Lindungi" dalam aplikasi dan kemudian mengetuk opsi "kunci sidik jari".

Petunjuk langkah demi langkah:
  1. Unduh AppLock dan atur.
  2. Scroll ke bawah dan Tap aplikasi yang ingin dilindungi.
  3. Aktifkan "kunci sidik jari" di bawah tab "Lindungi".




Ruslan
Ruslan Seseorang yang suka menulis dikala senggang, hobi makan bakso dan suka ngajak jalan-jalan istri