Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Contoh Susunan Acara Kenaikan Kelas dan Perpisahan di Sekolah

Susunan acara kenaikan kelas dan perpisahan
Pada akhir tahun pelajaran acara kenaikan kelas dan perpisahan di sekolah merupakan hal yang biasa dilaksanakan dan bisa dikatakan hal yang wajib khususnya bagi anak-anak ditingkat sekolah dasar, itu yang admin rasakan ketika masa SD dulu,,hehee

Acara kenaikan kelas dan perpisahan dapat menjadi kesan tersendiri bagi guru, orangtua wali dan tentunya bagi peserta didik di sekolah tersebut. Biasanya acara tersebut dibuat semeriah mungkin dan menjadi ajang silaturahmi antara pihak sekolah, orangtua/wali dan masyarakat sekitar.

Acara kenaikan kelas dan perpisahan cerminan dari kearifan lokal budaya daerah tersebut yang mana kesenian daerah seperti seni tari dan musik dipentaskan dalam acara kenaikan kelas ini. Acara ini menjadi salahsatu cara menjaga dan melestarikan kebudayaan yang ada Indonesia agar jangan sampai tergerus oleh arus globalisasi.

Agar acara kenaikan kelas ini terlaksana dengan sukses, perlu dibuat perencanaan sematang mungkin salahsatunya adalah dengan membuat susunan acara keikan kelas dan perpisahan. Berikut admin uraikan beberapa contoh susunan acara kenaikan kelas yang dapat menjadi bahan referensi bagi yang membutuhkan.

Contoh Susunan Acara Kenaikan Kelas 1

SUSUNAN ACARA


ASSALAMUALAIKUM WR. WB
Acara Kenaikan Kelas, Perpisahan Murid Kelas Enam SDN .................... TAHUN PELAJARAN ............................, Segera dimulai.
Dengan susunan acara sebagai berikut :
1. Pembukaan
2. Pembacaan ayat suci Al-qur’an beserta sari tilawah
3. Sepatah kata dari Panitia Pelaksana
4. Hiburan Tarian Malampit
5. Kata Perpisahan dari murid kelas 6 yang meninggalkan
6. Kata Perpisahan dari murid yang ditinggakan
7. Lagu Perpisahan dari murid kelas 6 yang meninggalkan
8. Hiburan Tarian .........
9. Kata Sambutan dari Bapak Pengawas UPT
10. Kata Sambutan dari kepala Sekolah SDN .............
11. Hiburan Bercerita
12. Pengokohan dan Pelepasan Murid Kelas 6
13. Hiburan Silat.
14. Pembacaan daftar nama siswa yang naik kelas
15. Doa
16. Penutup

   
Marilah kita memasuki pada acara pokok :
Acara Pertama
Pembukaan untuk ini marilah kita bersama-ssama membacakan Surah Al-Fathah . . .
Dengan membaca Surah Al-Fatihah tadi, semoga acara pada hari ini dapat berjalan dengan lancar dan mendapatkan berkah Allah SWT. Amin . . .
Acara Ke 2
Pembacaan Ayat Suci Al-qur’an oleh . . . . . . . . . . . . . . . . . . dari kelas . . .
Dan sari tilawah oleh . . . . . . . . . dari kelas . . .
Acara Ke 3
Sepatah kata dari Panitia Pelaksana yang disampaikan oleh . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Acara Ke 4
Persembahan Tarian . . . . . . . . . . . .  .
Acara Ke 5
Kata Perpisahan dari Murid Kelas 6 yang meninggalkan disampaikan oleh . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Acara Ke 6
Kata perpisahan dari murid yang ditinggalkan, disampaikan dari wali kelas 5,oleh . . . . . . . . . . . . . . .
Acara Ke 7
Lagu Perpisahan dari murid kelas 6 yang meninggalkan
Acara Ke 8
Persembahan Tarian . . . . . . . . . . . .  .
Acara Ke 9
Kata Sambutan dari Bapak Pengawas UPT Bapak Fajeriannor Kepada Bapak di persilahkan
Acara Ke 10
Kata Sambutan dari kepala Sekolah SDN Rantawan 2 Kepada Ibu di persilahkan
Acara Ke 11
Hiburan Bercerita oleh Nadia Kelas 5A Dengan Judul Cerita : Asal Mula Pulau Kambang
Acara Ke 12
Pengokohan dan Pelepasan Murid Kelas 6
Acara Ke 13
Persembahan Hiburan Silat oleh . . . . . . . . . . . . . . . . . dari kelas . . .
Acara Selanjutnya
Acara yang sudah dinanti nanti yaitu pembacaan kenaikan kelas
Acara Ke 15
Pembacaan Doa yang dibacakan oleh . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Acara Ke 16
Penutup
Untuk menutup acara ini marilah bersama-sama kita membacakan HAMDALLAH
(Alhamdulillahirabbil Alamin)


Contoh Susunan Acara Kenaikan Kelas 2

Assalamu alaikum warahmatullah wabarakatuh... Salam sejahtera untuk kita semua…

Yang terhormat Kepala Sekolah / Madrasah….., Bapak/Ibu Guru, Bapak/Ibu Dewan Komite, Bapak/Ibu Orang Tua (Wali Murid) Kelas .. dan …., Bapak/Ibu Tamu Undangan, serta teman-temanku siswa-siswi ………(nama sekolah/madrasah) yang berbahagia....

Alhamdulillahirobbil’alamiin... Segala puji bagi Allah SWT. Yang telah memberikan berbagai  kenikmatan serta kesempatan, sehingga di hari yang berbahagia ini kita dapat bersama-sama dapat berkumpul dalam acara perpisahan siswa-siswi kelas …………………..(nama sekolah/madrasah).

Selanjutnya sholawat serta salam semoga senantiasa Allah SWT curahkan kepada Nabi Muhammad SAW yang mana dari beliaulah kita mendapatkan contoh maupun suri tauladan terbaik bagi kita dalam menjalani berbagai segi kehidupan sehari-hari sehingga kita semua dapat diridloi-Nya dan semoga kita semua mendapatkan safa’at dari beliau pada hari pembalasan kelak. Amiin...

Selamat datang kami ucapkan kepada seluruh hadirin, dan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kami haturkan atas kehadiran Bapak/Ibu hadirin sekalian yang telah meluangkan waktunya dengan rela meninggalkan aktivitas sehari-hari untuk hadir dalam acara ini.

Saya di sini sebagai pembawa acara, oleh karena itu saya akan membacakan susunan acara perpisahan siswa-siswi kelas …………….. (tingkat/kelas dan nama sekolah/madrasah) tahun Pelajaran ...../......, selengkapnya sebagai berikut :


  1. Pembukaan Acara Kenaikan Kelas dan Pepisahan oleh Pembawa Acara.
  2. Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an yang akan dibawakan oleh saudara/i …… dan ..........
  3. Sambutan Ketua Panitia Acara Perpisahan oleh Bapak/Ibu ……………….
  4. Sambutan Kepala Sekola/Madrasah …………….
  5. Hiburan Pembukaan ; Tari persembahan tari daerah dan pembacaan puisi oleh siswa.
  6. Sambutan dari Wali Murid kelas …………. / Perwakilan Guru ; Penyerahan siswa-siswi kepada orang tua (wali murid) serta pesan dan kesan dari guru terhadap orang tua (wali murid) dan siswa-siswi.
  7. Sambutan dari Perwakilan Orang Tua (Wali Murid) Kelas ……………… ; Penerimaan siswa-siswi kembali kepada orang tua (wali murid) serta kesan dari orang tua (wali murid kepada sekolah).
  8. Hiburan; Pementasan kreativitas pelajar oleh siswa-siswi ……………….
  9. Sambutan dari Perwakilan Siswa-Siswi Kelas ………………. ; Pesan dan kesan terhadap guru / sekolah serta adhik-adhik kelasnya.
  10. Sambutan dari Perwakilan Adhik-Adhik Kelas; Perwakilan Siswa-siswi kelas ……s.d. ……
  11. Hiburan ; Pentas Seni oleh Siswa-siswi
  12. Pengumuman tentang Kelulusan Siswa.
  13. Penyerahan Kenang-kenangan ataupun hadiah.
  14. Pembacaan Do’a.
  15. Sayonara ; Saling berjabat tangan antara guru dan orang tua (wali murid), siswa-siswi kelas ……………. dengan siswa-siswi adhik kelas, siswa-siswi kelas …………… dengan majelis guru, orang tua / wali murid, dan seluruh hadirin.
  16. Penutup.


Hadirin sekalian yang kami hormati....

Memasuki acara yang pertama adalah pembukaan, marilah kita bersama-sama mengawali acara perpisahan kelas …………….. (tingkat/kelas dan nama sekolah/madrasah) tahun pelajaran ...../..... ini dengan bacaan Basmalah; Bismillahirohmanirrohim......

Semoga seluruh rangkaian acara pada acara perpisahan hari ini dapat berjalan dengan baik dan lancar karena perlindungan dan ridlo-Nya.... Amin.....
                                                         
Hadirin sekalian yang kami hormati

Memasuki acara yang kedua yaitu Pembacaan ayat suci Al-Quran yang akan dibawakan oleh Saudara/i ……………. dengan  Sari Tilawah oleh saudara/I ...................., kepada Saudara/i .................... dan Saudara/i, waktu dan tempat kami persilahkan.

Memasuki acara yang ketiga yaitu sambutan dari Ketua Panitia yang akan disampaikan oleh Bapak/Ibu ...................., kepada Bapak/Ibu ...................., waktu dan tempat kami persilahkan.

Hadirin sekalian yang berbahagia, demikian sambutan dari ketua panitia, kepada Bapak/Ibu .................... kami ucapkan terima kasih.

Hadirin sekalian yang saya hormati,

Memasuki acara yang keempat yaitu sambutan dari Kepala Sekolah/Madrasah ………………….. yang akan disampaikan oleh Bapak/Ibu ...................., kepada Bapak/Ibu ...................., waktu dan tempat kami persilahkan.

Hadirin sekalian yang berbahagia, demikian sambutan dari Bapak/Ibu Kepala Sekolah/Madrasah…....................., kepada Bapak/Ibu .................... kami ucapkan terima kasih.

Dan seterusnya....................

Hadirin sekalian yang berbahagia, demikian acara demi acara telah kita lalui bersama-sama dengan baik dan lancar. Sebelum kita akhiri acara ini sebagai ucapan syukur atas sukses terselenggaranya acara ini marilah kita bersama-sama mengucapkan Hamdalah, Alhamdulillahirobbil’alamin.......

Akhirnya saya sebagai pembawa acara mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila ada kesalahan tutur kata jika ada kesalahan sikap maupun kata-kata yang kurang berkenan di hati hadirin sekalian. Terima kasih atas segala perhatian dan semoga dari acara ini kita semua mendapatkan hal-hal yang positif dari Allah SWT.... Amin.......

Akhiru kalam wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh.

Contoh Susunan Acara Kenaikan Kelas 3


Perpisahan Siswa-Siswi Kelas  ……………
Tahun Pelajaran 20…../20…

Assalamu alaikum warahmatullah wabarakatuh...
Yang terhormat Kepala SMP Negeri …………, Bapak/Ibu Guru, Bapak/IbuDewan Komite, Bapak/Ibu Orang Tua (Wali Murid) Kelas IX, Bapak/Ibu TamuUndangan, serta teman-teman siswa-siswi SMP Negeri ……………. yang berbahagia....
Alhamdulillahirobbil’alamiin... Segala puji bagi Allah SWT. Yang telah memberikan kepada kita semua kenikmatan yang tak terhingga diantaranyakesadaran iman, kesehatan serta kesempatan yang berbahagia ini, sehingga kitadapat bersama-sama dapat berkumpul dalam acara perpisahan siswa-siswi kelas IX SMP Negeri ...... Selanjutnya sholawat serta salam semoga senantiasa Allah SWT curahkan kepada Nabi Muhammad SAW yang mana dari beliaulah kita mendapatkan contohmaupun suri tauladan terbaik bagi kita dalam menjalani berbagai segi kehidupansehari-hari sehingga kita semua dapat diridloi-Nya dan semoga kita semua mendapatkan safa’at dari beliau pada hari pembalasan kelak. Amiin...
Tidak lupa juga ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kehadiranBapak/Ibu hadirin sekalian yang telah meluangkan waktunya dengan relameninggalkan aktivitas sehari-hari di rumah untuk hadir dalam acara ini.Adapun acara perpisahan siswa-siswi kelas IX SMP ........ Tahun Pelajaran ...../............., sebagai berikut :

1. Pembukaan Acara Pepisahan oleh Pembawa Acara.2.
2. Pembacaan Kita Suci Al-Qur’an yang akan dibacakan oleh ………………………….
3. Shalawat Badar yang akan di lantunkan oleh kelas (Selingan lainnya)
4. Laporan Ketua Panitia Oleh : ………………………..
5.  Upacara adat Perpisahan Sekolah yang akan dipandu oleh Oleh: …… (Jika ada / telah dipersiapkan )
6. Sambutan-sambutan
a) Kepala Sekolah
b) Komite Sekolah
c) dll sesuai kebutuhan
7. Selingan hiburan (tergantung persiapan)
8. Pidato / Ucapan Perpisahan dari Kelas IX yang akan disampaikan Oleh : ………………….
9. Pidatao Ucapan Perpisahan dari Perwakilan Kelas VII dan VIII disampaikan oleh ,,,,,,,,,,,,,,,,,,
10. Selingan hiburan (tergantung persiapan)
11. Penutup Do’a
12. Hiburan :


Post a comment for "3 Contoh Susunan Acara Kenaikan Kelas dan Perpisahan di Sekolah"