Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kabaret Sangkuriang untuk Anak SD MP3 Lengkap dengan Naskahnya

Cerita legenda Sangkuriang tentunya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Cerita yang berasal dari Tatar Sunda ini dikenal dari mulut ke mulut sebagai asal usul gunung Tangkuban Perahu.

Kabaret sangkuriang ini pernah dipakai ketika acara kenaikan kelas di Sekolah dan alhamdulillah berjalan dengan sukses dimana kabaret ini dikemas dengan lelucon yang bisa menggelitik perut penontonnya.

Dengan tidak merubah alur yang sebenarnya dalam cerita ini hanya saja ditambah dengan beberapa adegan yang dibuat agar lebih menarik dan sebagai hiburan anak-anak dengan tidak melupakan unsur pendidikan di dalamnya.

Pengisi suara dari kabaret ini adalah siswa/i SDN Sempurcagak diolah dengan bantuan software audacity. Kebetulan saya sendiri yang editnya jadi mohon maaf apabila ada yang dirasa kurang berkenan.

Jumlah pemain/pemeran dari kabaret ini dapat disesuaikan dengan keadaan 6 sampai 8 orang pemaian dan beberapa penari latar.

Berikut naskah kabaret Sangkuriang

kabaret sangkuriang

KABARET SANGKURIANG

Para hadirin wal hadirot………!
Marilah kita saksikan bersama, sebuah cerita rakyat yang sudah tidak asing lagi di wilayah nusantara, yang dikemas dalam bentuk cabaret, dengan menampilkan sederet actor dan aktris papan atas di dunianya masing-masing.
Selamat menyaksikan…! (narator)

Alkisah, di sebuah tempat yang masih termasuk wilayah tatar sunda, hiduplah seorang permaisuri yang bernama Dayang Sumbi dengan seorang anaknya yang bernama raden sangkuriang, mereka berdua ditemani oleh seekor anjing yang bernama Tumang.
Pada suatu hari……(narator)

Dayang sumbi : anakku sangkuriang, siganteng kalem, rasanya ema sudah lama tidak makan kerecek uncal,  bisakah kamu berburu untuk ema ?

Sangkuriang    : ow,ow,ow, tenang mak, jangankan kerecek uncal, kerecek onta pun pasti ujang berikan untuk emak, hari ini juga ujang akan berangkat berburu untuk emak.

Tidak menunggu waktu lama, sangkuriang pun berburu kehutan belantara untuk berburu hewan pesanan sang ibu, dengan ditemani si tumang. (narator)

Namun setelah sekian lama Sangkuriang berburu, hewan buruan pun tak kunjung ia dapatkan. Akhirnya sangkuriang menangkap situman untuk dijadikan binatang buruan.
Alangkah marahnya dayang sumbi setelah tahu bahwa yang dibawa adalah situmang. (narator)

Sangkuriang    : bagaimana mak, enak??

Dayang sumbi : sangkuriaaaaang….! Dasar anak tidak tahu diri… tahukah kau…! Siapa binatang yang kau bedil itu..! dia adalah ayahmu sendiri…..

Tumang           : haduuuuuuh…haduuuuh nyeriiiiii….nyeriiiiii

Dayang sumbi : lihatlah……

Tumang           : haduuuuuuh…haduuuuh nyeriiiiii….nyeriiiiii

Sangkuriang    : adduh maaf mak ujang teu apal ma….

                           Lagu peterpan (ayah)

Dayang sumbi : kalah nyanyi deuih…. Dasar budak belllleguug… memang film india kitu..?
Kurang ajjjar kau……… ku takol kau….! Pergi kau dari sini…!

Sangkuriang    : addduh ampuuuuun mak… ujang teu apal mak ampuuun….!

Akhirnya sangkuriang pun pergi mengembara membawa bekas luka di kepalanya ( lagu berkelana)
Setelah sekian lama mengembara tibalah pada suatu saat… (lagu maju mundur cantik)+(rhoma berantem)+(saban kamanehna)

Dayang sumbi : haaaah ternyata kau sangkuriang anakku….

Sangkuriang    : yaaa ketahuan dech..!

Setelah mengetahui bahwa sangkuriang itu adalah anaknya sendiri, akhirnya dayang sumbi mengajukanpermintaan yang tak masuk akal kepada sangkuriang.

Dayang sumbi : Sangkuriang……..! kau boleh menikah dengan ku, asalkan pada malam ini juga kau harus buatkan aku sebuah bendungan yang dilengkapi dengan sebuah perahu besar, dan jangan lupa mobil portuner, motor CBR, dan helicopter untuk kita jalan jalan nanti….
Sangkuriang    : oookee….. siapa takut…

Akhirnya sangkuriang dengan dibantu oleh para jin segera bergegas untuk memenuhi semua keinginan dayang sumbi.(music serem) (sangkuriang kemudian bersila seraya bertapa untuk mengundang para Jin agar membantu keinginannya) "sangkuriang duudk bersila dengan kedua tangannya diatas dada"

Karena Sangkuriang tidak tahan ingin kentut akhirnya sangkuriang gagal membuat perahunya

Nah saudara sekalian….. mungkinkah sangkuriang mampu mengabulkan semua permintaan dayang sumbi ?

Akankah dayang sumbi menikah dengan sangkuriang?
Marilah kita saksikan kelanjutan cabaret ini pada acara pentas seni tahun yang akan dating…… sampai jumpaa!!!!

Berikut kami lampirkan link unduhan naskah kabaret dan file MP3nya 


Kabaret Sangkuriang MP3




Ruslan
Ruslan Seseorang yang suka menulis dikala senggang, hobi makan bakso dan suka ngajak jalan-jalan istri