Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rumus Menghitung Jumlah Karakter yang Ada di Dalam Sel Ms. Excel (Teks, Angka, Spasi, tanda Baca)

Pernah suatu ketika saya diminta untuk mencari data invalid dari data pemilih untuk pemilihan umum yaitu mencari jumlah digit nomor Induk Kependudukan (NIK) yang kurang dari 16 Digit dan yang lebih dari 16 Digit, yang mana jumlah digit angka untuk Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau no KTP adalah 16 digit.

Jadi sudah jelas jika ada jumlah digit angka pada no NIK tersebut kurang atau lebih dari 16 maka dinyatakan invalid. Oleh karena itu saya diharuskan mengetahui data tersebut untuk ditindaklanjuti

Coba bayangkan kala itu data yang harus dicari berjumlah 5.600 data dalam sebuah sel excel.

Jika kita cari dengan manual pastinya akan sangat membutuhkan waktu yang lama terlebih kala itu kita sedang dikejar deadline.

Akhirnya saya ingat pernah belajar tentang menghitung jumlah karakter yang ada dalam cel excel sehingga saya menggunakan rumus berikut ini.

Fungsi LEN()

Fungsi LEN bertugas untuk mencari jumlah karakter yang ada di dalam sel atau data. Karakter di sini termasuk teks, angka, karakter, spasi, tanda baca dan lain-lain. Untuk lebih jelasnya ikuti langkah-langkah di bawah ini.
  • Lihatlah tabel di bawah ini.
  • Untuk mengisi kolom Fungsi LEN gunakan rumus =LEN(A2) setelah itu klik enter maka akan tampil seperti tabel di bawah ini
Gimana mudah kan?

Sekarang coba teman-teman coba sendiri.

Malas belajar kerja manual ingat itu ya!!
Terimakasih semoga bermanfaat


Post a Comment for "Rumus Menghitung Jumlah Karakter yang Ada di Dalam Sel Ms. Excel (Teks, Angka, Spasi, tanda Baca)"