Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Program Kegiatan Ujian Sekolah/Madrasah Tahun 2020

Program Kegiatan UJian SEkolah

Assalamualaikum. Wr. Wb

Hallo teman-teman ketemu lagi dengan blog ruslan-ruslandi.blogspot.com kali ini saya akan berbagi file contoh proposal kegiatan ujian sekolah.

Contoh proposal ini dibuat berdasarkan POS UN pada tahun pelajaran 2019/2020 yang telah disesuaikan dengan kondisi sekolah. Nanti teman-teman edit sendiri disesuaikan dengan sekolah masing-masing ya.

Tak terasa kita sudah menginjak semester ke II di tahun pelajaran 2019/2020 yang mana pada semester II khusus untuk wali  kelas VI sebentar lagi akan disibukkan dengan persiapan menghadapi ujian. Salah satunya adalah dengan membuat proposal kegiatan Ujian Sekolah/Madrasah yang didalamnya memuat tentang kegiatan ujian sekolah anggaran biaya dan sebagainya.

Berikut contoh proposal kegiatan ujian sekolah/madrasah yang dapat dilihat di bawah ini
BAB I
PENDAHULUAN

Evaluasi atau penilaian  adalah bagian integral dari suatu proses pendidikan. Evaluasi dilakukan secara kontinyu dan berkesinambungan sebagai upaya untuk memantau proses, kemajuan dan perbaikan pembelajaran. Evaluasi pendidikan terdiri dari berbagai macam bentuk. Salah satu bentuk evaluasi di lembaga pendidikan terutama di Sekolah Dasar pada tahun terakhir pendidikan siswa berupa  ujian akhir yang pada tahun pelajaran 2019/2020  berupa Ujian Sekolah/Madrasah (US/USBN)
      Menurut Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 pasal 57 ayat 1  bahwa evaluasi dilakukan dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan.  Oleh karena itu pelaksanaan Ujian Sekolah/Madrasah (US/USBN) tahun pelajaran 2019/2020  diselenggarakan untuk kelas VI (enam) SD Negeri Cijantung adalah salah satu wujud evaluasi pelaksanaan kegiatan pembelajaran khususnya dan pelaksanaan pendidikan pada umumnya, sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan khususnya di SDN Cijantung. Hasil evaluasi juga dijadikan tolok ukur untuk menentukan keberhasilan suatu proses yang telah  diprogramkan dan untuk membuat rencana selanjutnya.
      Selain ini bahwa lulusan dari lembaga pendidikan akan terjun dan dimanfaatkan oleh masyarakat, sebagai generasi penerus yang akan melanjutkan pembangunan bangsa, oleh karena itu hasil evaluasi dari lembaga pendidikan ini sebagai informasi pencapaian kompetensi lulusan  pada masyarakat pengguna lulusan.
A.   Dasar Penyelenggaraan
      Sebagai dasar penyelenggaraan Ujian Sekolah/Madrasah (US/USBN)  di SD Negeri Cijantung tahun pelajaran 2019/2020  adalah sebagai berikut  :
1.    Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
2.    Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 244);
3.    Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, sebagaimana telah beberapa kali diubah dengan Peraturan Pemerintah nomor 13 tahun 2015 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005;
4.    Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun tentang Standar Kompetensi Lulusan;
5.    Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan;
6.    Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Menengah;
7.    Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2018 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan dan Penilaian Hasil Belajar oleh Pemerintah;
8.    Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor : 0045/BSNP/II/2018 tanggal 7 Februari 2018 tentang Prosedur Operasional Standar Ujian Sekolah Berstandar Nasional Tahun Pelajaran 2019/2020 ;
9.    Keputusan Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor 0283/SKEP/BSNP/2018 tanggal 24 Januari 2018 tentang Kisi-Kisi USBN Tahun Pelajaran 2019/2020 ;
10. Penjelasan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah melalui surat bernomor 313/D2/D2/2018 tanggal 19 Februari 2018 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan USBN SD.
11. Keputusan Bupati Kabupaten .............. 

B.   Fungsi
      Tujuan diselenggarakan Ujian Sekolah/Madrasah (US/USBN) SD Negeri Cijantung Tahun Pelajaran 2019/2020  sebagai berikut :
1.      menentukan tingkat keberhasilan bagi peserta didik
2.      menilai pelaksanaan dan efektifitas program pembelajaran
3.      menghasilkan rekomendasi program perbaikan yang akan datang
4.      memotivasi peserta didik agar lebih giat belajar
C.   Tujuan
      Tujuan diselenggarakan Ujian Sekolah/Madrasah (US/USBN) SD Negeri Cijantung Tahun Pelajaran 2019/2020  sebagai berikut :
1.      Terlaksananya bagian dari proses pendidikan
2.      Tersedianya data ketercapaian kompetensi lulusan
3.      Meningkatnya kualitas pendidikan
4.      Mendorong ketercapaian target wajar dikdas yang bermutu
D.   Manfaat
1.      Menjamin penguasaan kompetensi minimal
2.      Sebagai bahan laporan pendidikan bagi stik holder
3.      Sebagai bahan perbaikan proses pembelajaran
4.      Sebagai obyek identifikasi penyajianprogram
5.      Dapat dijadikan unsur seleksi
6.      Sebagai motivasi untuk giat belajar  dan dapat meningkatkan kebagaan atau percaya diri
E.   Ruang Lingkup
     Ruang lingkup program kerja penyelenggaraan Ujian  Sekolah/Madrasah (US/USBN) SD Negeri Cijantung Tahun Pelajaran 2019/2020  meliputi  :
1.    Hal-hal yang berkenaan dengan landasan kerja, latar belakang penyusunan rencana kerja, fungsi, tujuan dan manfaat Ujian Sekolah (US)
2.    Pengorganisasian, pembagian tugas, dan pembiayaan
3.    Persiapan, pelaksanaan, pengawasan, pelaporan, penyelenggaraan serta evaluasi program.

4.    Lampiran-lampiran yang berhubungan dengan penyelenggaraan Ujian  Sekolah/Madrasah (US/USBN) SD Negeri Cijantung Tahun Pelajaran 2019/2020  
*Keterangan
Nama sekolah di atas hanya sample saja yg dibuat admin

Bagi teman-teman yang membutuhkan filenya dalam bentuk word bisa diunduh atau di download dengan mudah melalui tautan unduhan di bawah ini

=========LINK DOWNLOAD============


Post a comment for "Contoh Program Kegiatan Ujian Sekolah/Madrasah Tahun 2020"