Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cepat Mengerjakan EDS PMP 2019 untuk Mengejar Deadline

Cara Cepat Mengerjakan PMP
Hallo Sobat Operator Nusantara dimanapun berada. Kali ini Saya akan berbagi informasi mengenai cara mengerjakan EDS PMP secara Offline dengan cara cepat. (jangan dikerutkan keningnya ya sobat, hehe walau belum beres isi kueh sionernya wkwkk) tenang di sini saya akan sedikit berbagi pengalaman ketika mengerjakannya, maka jangan berkecil hati bagi sobat OPS yang masih belum mengerjakannya, ada solusi yang bisa dijadikan referensi bagi sobat sekalian dalam mengerjakan EDS ini secara cepat sesuai target nilai yang dihasilkan pada raport mutu nantinya.

Sebelum saya melanjutkan bagaimana cara cepat mengerjakan EDS PMP Offline simak dulu uraian di bawah ini untuk menambah wawasan literasi sobat mengenai PMP (Penjamin Mutu Pendidikan) tentang rilis Aplikasi Penjamin Mutu Pendidikan dalam surat edaran di bawah ini.

Dalam rangka percepatan pengumpulan data EDS di seluruh Indonesia, dengan semangat integrasi dan peningkatan kualitas data pokok pendidikan, Ditjen Dikdasmen telah merilis Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan tahun 2019 yang terdiri dari Aplikasi Web Portal PMP, EDS Dikdasmen Daring, Supervisi Mutu, dan Manajemen PMP. Aplikasi tersebut dapat diakses dengan metode dalam jaringan (daring). Melihat kondisi jangkauan internet yang masih beragam pada sekolah-sekolah di beberapa wilayah Indonesia, Ditjen Dikdasmen merilis Aplikasi PMP Offline atau yang sekarang disebut Evaluasi Diri Sekolah dengan metode luar jaringan (luring) atau Aplikasi EDS Dikdasmen Offline.

Kami menyampaikan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang berpartisipasi aktif dalam pengembangan Aplikasi EDS Dikdasmen Offline mulai dari petugas LPMP, Dinas Provinsi dan Kabupaten/Kota, Fasilitator Nasional/Daerah, para pengawas, kepala sekolah, operator sekolah, dan Tim Pengembang Dapodik Ditjen Dikdasmen sehingga Aplikasi EDS Dikdasmen Offline versi 2019.11 dapat dirilis pada tanggal 11 November 2019. Batas Waktu pengiriman data Pemetaan Mutu Pendidikan yaitu tanggal 1 Desember 2019.

Beberapa catatan penting dalam Aplikasi EDS Dikdasmen Offline adalah:


  • Pastikan di komputer/laptop Anda terinstall Aplikasi Dapodikdasmen
  • Unduh Aplikasi EDS Dikdasmen Offline pada laman pmp.kemdikbud.go.id/unduhan
  • Install Aplikasi EDS Dikdasmen Offline versi 2019.11
  • Unduh prefill dengan menggunakan username, password, dan kode registrasi Dapodikdasmen pada laman pmp.kemdikbud.go.id/unduhan
  • Masukkan file prefill sekolah Anda ke folder C:\prefill_dapodik
  • Buka Aplikasi EDS Dikdasmen Offline dan lakukan proses registrasi seperti Aplikasi Dapodikdasmen
  • Login ke Aplikasi EDS Dikdasmen Offline dengan menggunakan akun Dapodikdasmen
  • Pilih kandidat responden pada manajemen pengguna sesuai dengan buku panduan
  • Lakukan pengisian instrumen untuk seluruh responden
  • Lakukan sinkronisasi untuk mengirim data EDS sekolah Anda

Saran dan perbaikan dapat disampaikan melalui LPMP/Dinas Pendidikan atau menu laporan dan saran pada EDS Dikdasmen Daring.

Panduan Penggunaan Aplikasi EDS Dikdasmen Offline dapat diunduh di laman pmp.kemdikbud.go.id/unduhan

Jadi sobat OPS biasakan baca setiap ada surat pemberitahuan mengenai update tentang aplikasi yang akan kita gunakan yah! biasanya dalam bentuk surat edaran atau user manual agar kita lebih memahami apa yang akan kita kerjakan nantinya.

Oke baiklah sekarang saya akan mencoba menguraikan pengalaman saya selama mengisi PMP Offline dengan cara yang lumayan cepat jika dibandingkan dengan cara manual tentunya berikut uraiannya di bawah ini:


1. Mengerjakan EDS PMP dengan banyak laptop atau HP 

Dari judulnya saja kita sudah tahu hasilnya jika kita mengerjakan EDS PMP dengan banyak laptop atau HP, jadi setiap responden dapat mengerjakan masing-masing kuesionernya dengan sendiri melalui HP ataupun laptop yang digunakannya sehingga jelas pengisian kuesioner akan lebih cepat selesai lalu bagaimana caranya?

Berdasarkan literatur yang saya baca melalui berbagai sumber data yang salah satunya saya dapat dari blog sebelah (sumbernya saya cantumkan di bawah postingan). Cara pertama ini cukup efektif dan membuat beban pekerjaan kita sebagi OPS jadi lebih berkurang bayangkan saja oleh sobat sekalian jika menjadi OPS di 3 sekolah yang harus dientri kuesionernya oleh sendiri wah pasti sangat kerepotan sekali.


2. Menggunakan Faster PMP (Sangat tidak direkomendasikan)

Faster PMP merupakan salahsatu alternatif yang digunakan dan dicari tiap OPS guna untuk membantu mempercepat pengisian instrumen atau koesioner dari tahun ke tahun selalu ada alternatif bagi OPS dari para oprekers yang mungkin peduli karena tidak tahan melihat penderitaan OPS yang harus mengisi yang segitu banyaknya pertanyaan dan harus diselesaikan mengingat pekerjaan mereka tidak ada henti-hentinya.

Untuk mengetahui bagaimana cara mengerjakan faster PMP sobat OPS cukup mengikuti petunjuk yang tersedia dalam artikel berikut ini jadi perhatikan baik-baik caranya agar sobat bisa lebih mudah menggunakannya dengan bijak

Catatan yang harus diingat ketika menggunakan faster PMP

  • Kita harus memeriksa ulang pertanyaan yang diisi secara otomatis takutnya isiannya tidak sesuai dengan kondisi real sekolah kita
  • Pastikan nilai isiannya sesuai dengan target mutu sekolah jangan sampai menurun dari tahun sebelumnya
Mungkin sekian uraian tentang bagaimana solusi agar kita cepat mengerjakan EDS PMP 2019 offline, mudah2an pengalaman saya ini dapat bermanfaat bagi sobat OPS di manapun berada.

Salam literasi Salam satu data.

OPS Indonesia sejahteralah dengan cara yang baik.


Post a comment for "Cara Cepat Mengerjakan EDS PMP 2019 untuk Mengejar Deadline"