Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Solusi Dapodik 2020.a yang Tidak Bisa Login setelah Registrasi, Keterangan Pasword Username yang Anda Masukkan Salah

Hallo sobat Operator Sekolah di manapun berada, semoga aktivitas sehari-hari kita  berada dalam kesehatan dan keberkahan. Aamiin

Awal saya ingin menulis tentang solusi ini adalah berkat dari pengalaman pribadi dan dari teman-teman operator sekolah yang merasa kebingungan ketika melakukan registrasi setelah instal ulang dapodik versi 2020.a dan kesulitan untuk login kembali setelah proses registrasi dapodik.

Biasanya masalah ini muncul ketika proses registrasi online yang tidak sempurna dan menyebabkan tidak bisa login ataupun registrasi kembali baik secara ofline maupun online sehingga kita tidak bisa mengerjakan dapodik selanjutnya.

Oke teman OPS yang masih kebingungan dengan maslah ini tenangkan hati jangan cemberut tersenyumlah walaupun belum gajian atau tidak dapat uang tips dari guru sertifikasi,,hehehe candalah teman jangan dianggap serius moga pak ibu gurunya baca juga,hii

Baiklah berikut langkah-langkah solusi permaslahan di atas yang dapat saya tulis dalam beberapa tahap simak satu persatu ya kawan (mau bilang guys  takut disebut kek youtuber wkwkw). Berikut langkah-langkahnya.

Pertama

Pastikan pasword yang kita input pas registrasi awal tidak lupa takut-takutnya kesalahan login ini adalah karena kita lupa pasword dan salah memasukkan pasword yang sama ketika registrasi, untuk itu pastikan dulu diingat kembali paswordnya.

Kebiasaan suka lupa pasword saking banyaknya username dan pasword OPS itu biasa nyampe buku agendanya penuh dengan coretan username sama pasword2 atau yang lebih aman disimpan di drive deh (eh kok jadi kemana-mana sih

Lalu bagaimana kalau saya lupa pasworsnya?

Tenang berikut langkah-langkahnya jika kita lupa pasword dapodik agar kita dapat melihat pasword yang pernah diinput pas waktu registrasi dapodik.
langkah pertama buka di C: dan kita cari tempat instal dapodik biasanya di program file atau program file (86) bagi yang windowsnya 64 bit. kita cari >>> dapodik>>>webserver>>>logs>>>access.log kemudian kita buka dengan notepad seperti di bawah ini.

Waduh! apaan itu yah? bagi OPS seperti saya yg newbie ngeliat tampilan code seperti itu rasanya puyeng kayak nungguin pas sinkronisasi dapodik yang lama ngeloading muter-muter. hehee

Ternyata kode registrasi, username sama paswordnya tersimpan di sini. Lalu bagaimana cara mencarinya? Cukup kita pakai kata kunci atau shortcut ctr+F seperti di bawah ini.


Setelah kita mengetahui username dan paswordnya, kemudian kita coba masukkan paswordnya pas login. Setelah dimasukkan paswordnya ternyata berhasil, maka letak kesalahannya pada lupa pasword saja. 
Lalu bagaimana jika masih belum berhasil?

Langkah kedua

Sepertinya ini cara terakhir adalah uninstal dapodik kita dan kita instal ulang lagi dapodiknya, kemudian kita ulangi proses registrasi dari awal. Disarankan proses registrasinya dengan cara offline dengan bantuan prefill dapodik yang kita unduh di sini.

Akhir kata semoga tulisan dari pengalaman ini dapat bermanfaat bagi teman-teman OPS di manapun berada yang mengalami nasib yang sama ketika proses registrasi dan login di aplikasi dapodik 2020.a ini. Mohon maaf apabia ada kata-kata yang tak enak dibaca dan tentunya jauh dari kesempurnaan baik dalam susunan kalimat maupun pembendaharaan kata-kata.

Salam satu data
Salam literasi
Biasakan membaca agar tidak gagal faham






Post a Comment for "Solusi Dapodik 2020.a yang Tidak Bisa Login setelah Registrasi, Keterangan Pasword Username yang Anda Masukkan Salah"