Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara memindahkan Windows 10 ke SSD tanpa menginstal ulang

Windows 10 kini telah mempercepat peningkatan kinerja boot dibandingkan dengan versi Windows sebelumnya, tetapi memindahkannya dari HDD biasa ke SDD baru tentu akan lebih mempercepat waktu boot dan kinerja dalam keseluruhan sistem bahkan lebih. lalu kita bertanya-tanya apakah kita dapat memindahkan Windows ke SSD tanpa kehilangan data sebelumnya?.
Gambar SSD
Ada beberapa cara untuk mentransfer data sistem dari HDD saat ini ke SDD baru, dan saya akan mencoba menjelaskan caranya di sini berdasarkan pengalaman dan dari berbagai sumber yang saya pelajari tentunnya

Mungkin penjelasan sederhananya seperti ini, ketika kita melakukan pemasangan windows atau instal ulang pada SSD tentunya data di SSD akan hilang bersih pada drive dan kita akan kehilangan semua data kita, dan kita harus menginstal semua program lagi satu-persatu pasti sangat ribet. Dan itu bisa memakan waktu lebih lama daripada memindahkan sistem operasi yang sudah terpasang, tetapi jika kita tidak ingin seperti itu, kita dapat memilih cara berikut ini.

Menginstal Windows 10 pada drive SSD tidak berbeda dengan menginstalnya pada HDD. Kita harus memformat partisi sistem saat ini, dan kemudian menginstal salinan Windows 10 baru pada SSD.

Lalu bagaimana caranya agar saya bisa memindahkan Windows 10 ke SDD tanpa harus menginstal ulang kembali?

Tetapi ada juga cara untuk memindahkan sistem yang sudah diinstal ke SSD, tanpa melakukan instalasi yang menghapus data sebelumnya. Yang harus Anda lakukan adalah 'mengkloning' partisi sistem Anda ke SSD. Tetapi apakah itu semua begitu mudah dan sederhana?

Tentunya, ini membutuhkan sedikit tips dan pengerjaan  untuk menggerakkan sistem dengan cara benar, maka dari itu perhatikan dengan seksama artikel ini, karena saya tidak dapat menunjukkan semua tutorial ini secara detail untuk memindahkan sistem yang terpasang ke drive SSD.


Tetapi sebelumnya, Anda harus membuat cadangan data dengan membackup data anda, karena jika terjadi kesalahan, mungkin akan kehilangan data anda maka dengan membackup data terlebih dahulu adalah salah satu antisipasi dari kehilangan data karena kesalahan.

Mari kita mulai dengan penjelasan singkat ini. Untuk memindahkan sistem Windows 10 Anda ke drive SSD, Anda perlu: mencadangkan drive (backup), 'shrink' ruang disk Anda, menyalin partisi sistem ke SSD, dan memformat partisi sistem pada HDD. 

Sesudah kita membackup file dengan aman, saatnya untuk membuang ruang disk tambahan, karena SSD memiliki ruang yang jauh lebih sedikit daripada hard disk biasa, jadi kita harus menyesuaikan dengan drive SSD.


Jadi, hapus file pribadi Anda, musik, foto, video, dan terutama semua file non-sistem untuk membuat partisi sekecil mungkin. Tidak masalah untuk menghapus file tersebut karena kita bisa mendapatkannya kembali dari file cadangan yang telah kita backup sebelumnya ( jadi sangat penting untuk membackup data kita terlebih dahulu), setelah proses selesai.

Sekarang, sesudah kita yakin bahwa semua data partisi yang akan kita pindahkan dapat muat ke SSD, saatnya untuk mengerjakan langkahnya. Cara termudah untuk memindahkan partisi sistem Anda ke SSD adalah dengan menggunakan alat EaseUS Todo Backup.


Cukup unduh perangkat lunaknya. Juga, tetapi sebelumnya disarankan untuk melakukan defrag pada hard drive sistem Anda terlebihdahulu, sebelum Anda memindahkannya pada SSD, jadi ingatlah itu.



Dan sekarang, saatnya untuk memindahkan Windows 10 Anda ke SSD! Untuk mengerjakannya, ikuti langkah-langkah ini.

Langkah-langkah untuk memindahkan Windows 10 ke SSD

Metode 1: Gunakan AOMEI Backupper Standard

Anda dapat berhasil menggunakan AOMEI Backupper Standard untuk memindahkan OS Anda ke SSD Anda.

  1. Pertama-tama, Anda perlu mengunduh dan menginstal AOMEI Backupper Standar  ke komputer anda.
  2. Setelah itu,kita menghubungkan hard drive Anda ke komputer.
  3. Sekarang, buka Clone > System Clone untuk memproses.
  4. Setelah itu akan muncul jendela baru yang menanyakan di mana kita akan memindahkan file OS. Pilihlah SSD  dan konfirmasi.
  5. Tekan ‘Next’ dan ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan proses.



Metode 2: Ada sofware lain yang dapat Anda gunakan untuk memindahkan Windows 10 t0 SSD

Download

  1. Buka cadangan EaseUS Todo.
  2. Pilih Klon dari bilah sisi kiri.
  3. Klik Disk Clone.
  4. Pilih current hard drive yaitu Windows 10 yang telah diinstal sebagai sumber, dan pilih SSD Anda sebagai target.
  5. Centang kotak Optimize for SSD (ini memastikan bahwa partisi Anda 'diformat' dengan benar untuk SSD).
  6. Klik Next.
  7. EaseUS akan mulai menyalin data, kemudian  matikan komputer saat operasi selesai, dan komputer Anda akan shutdown saat ‘transfer’ selesai.
Jika proses selesai tanpa ada kesalahan (satu-satunya kesalahan yang mungkin muncul adalah pesan yang memberi tahu  bahwa isi drive yang akan dipindahkan terlalu besar , dalam hal ini cukup hapus file dari HDD Anda , kemudian sistem akan dipindahkan ke SSD, dan yang perlu Anda lakukan adalah memisahkan partisi HDD dengan Windows 10 di atasnya.

Post a Comment for "Cara memindahkan Windows 10 ke SSD tanpa menginstal ulang"