Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download Klippng Ciri-ciri Tumbuan (Bunga dan Pohon)




CIRI – CIRI KHUSUS TUMBUHAN

1.   KANTUNG SEMAR

Hasil gambar untuk kantong semar
sumber: wikipedia

Tumbuhan Kantong Semar
Tumbuhan ini merupakan tumbuhan pemakan serangga dengan ciri-ciri khusus:
   Kantong semar dan venus memiliki cairan pada bagian daun unutk menarik perhatian dan menjebak serangga untuk dimangsanya.
   Bunga rafflesia memiliki ciri dengan baunya yang sangat busuk seperti bangkai, hal ini terjadi karena bunga raflesia ingin menarik perhatian lalat untuk membantu melakukan penyerbukan.


2.   BUNGA TERATAI (TUMBUHAN AIR)

Hasil gambar untuk bunga teratai
wikipedia.org
 Tumbuhan Air: Bunga Teratai
Bunga teratai merupakan tumbuhan yang hidup di air atau lumpur yang tergenang air. Tumbuhan ini memiliki ciri-ciri daun yang lebar dan tipis untuk memperbesar proses penguapan air dari dalam tubuhnya. Kandungan air yang terlalu banyak dibuang melalui penguapan daun agar bunga teratai tidak busuk meskipun hidup di air. Daun yang tipis juga merupakan salah satu cara supaya gaun teratai tetap terapung di atas air. Batang dari bunga teratai ini memiliki rongga yang berfungsi untuk jalan keluar udara dan menjadikan teratai tetap terapung di air. Akar teratai yang panjang mampu menambatkan diri dengan kuat di dalam lumpur dasar air untuk menahan teratai dari hempasan arus air.


3.   KAKTUS (TUMBUHAN GURUN)

Hasil gambar untuk kaktus
wikipedia.org
Tumbuhan Kaktus Gurun
Tumbuhan kaktus merupakan tumbuhan yang habitatnya ada di gurun, dimana tumbuhan ini memiliki ciri-ciri dengan daun yang berbentuk duri. Duri ini berfungsi untuk mengurangi proses penguapan air dari dalam tubuhnya. Disamping berduri, kaktus juga memiliki batang yang besar dan menggembung untuk penyimpanan cadangan air serta berklorofil, sehingga dapat dijadikan tempat untuk ber fotosintesis. Selain itu kaktus juga memiliki akar yang umumnya panjang untuk mencari air sebanyak mungkin.


4.   CIRI BUNGA RAFLESIA

Hasil gambar untuk raflesia
id.wikipedia.org

Tumbuhan Bunga Raflesia (Gambar : kanalsatu.com)
Tumbuhan Raflesia merupakan tumbuhan parasit yang hidup pada akar tumbuhan lain. Untuk memperoleh makanannya, Raflesia harus mengambil makanan dari tanaman lain karena tumbuhan ini tidak berklorofil sehingga tidak dapat melakukan fotosintesis atau tidak dapat membuat makanan sendiri.
Batang tumbuhan Raflesia terdiri atas jaringan benang halus yang tumbuh di dalam jaringan tumbuhan inangnya. Raflesia baru terlihat ketika kuncup bunganya menembus tumbuhan inang. Setelah itu lama-kelamaan

ukuran bunga Raflesia akan terus membesar.
Raflesia merupakan bunga terbesar di dunia. Garis tengah Raflesia berukuran sekitar 1 meter. Ciri khusus bunga Raflesia adalah dapat mengeluarkan bau busuk seperti bangkai. Bau busuk yang dikeluarkan oleh Raflesia ini ternyata ada tujuan dan fungsinya.
Raflesia sengaja mengeluarkan bau busuk seperti bangkai berfungsi untuk menarik serangga (lalat) agar datang dan membantu penyerbukannya. Lalat memang sangat bermanfaat bagi Raflesia, karena Raflesia berkembang biak melalui penyerbukan yang dibantu oleh lalat.

5.   CIRI KHUSUS POHON JATI
Hasil gambar untuk pohon jati
kompasiana
Ciri ciri Pohon Jati
Ciri Khusus Pohon Jati - Ciri Khusus Tanaman Pohon Jati
ü   Ketika muda (semai) batang berbentuk segi empat karena termasuk Fam. Verbenaceae,
ü   Ciri Khusus Pohon Jati dengan Perakaran dalam dengan tipe tunggang,
ü   Batang monopodial (hanya memiliki satu batang pokok),
ü   Tipe percabangan arah agak keatas,
ü   Tipe daun tunggal,
ü   Duduk daun berseling,
ü   Bentuk daun oblong,
ü   Tipe perbungaan malai hingga malai rata,
ü   Tipe buah batu (terdiri dari 3 lapisan),
ü   Kayu termasuk kualitas awet 1,
ü   Meranggas saat musim kemarau


6.   CIRI KHUSUS TUMBUHAN KEJORA ATAU VENUS DAN FUNGSINYA
Hasil gambar untuk tumbuhan kejora venus
biologipedia
Tumbuhan Kejora Atau Venus 
Selain tumbuhan kantong semar, ternyata masih ada lagi tumbuhan yang termasuk insektivora. Tumbuhan itu adalah venus flytrap atau yang dikenal juga dengan nama tumbuhan kejora. Lalu kira-kira bagaimana cara tumbuhan venus menangkap serangga? Apakah sama dengan kantong semar?
Ciri khusus tumbuhan venus atau kejora adalah memiliki daun yang berengsel dan berbulu yang fungsinya untuk menangkap serangga. Daun tersebut terbuka menunggu serangga datang. Saat serangga menyentuh bulu-bulu halus pada daun tersebut, kedua bagian daun akan mengatup dengan cepat


7.   CENDANA
Hasil gambar untuk cendana
kumau.com

Ciri Khas dari Kayu Cendana
1.         Pada umumnya kayu cendana berwarna kuning belerang, tapi ada juga yang berwarna coklat tua.
2.        Kayu cendana memiliki tekstur yang sangat halus.
3.        Kayu cendana memiliki arah serat beragam. Ada yang lurus, bergelombang, dan ada juga yang berpadu.
4.        Menurut laman situs indonesianforest.com, kayu cendana dari Indonesia memiliki bobot sedang dengan berat jenis rata-rata sebesar 0,84.
5.        Tingkat keawetan kayu cendana termasuk sedang ( kelas awet II).
6.        Tingkat kekuatan kayu cendana termasuk sedang hingga baik (kelas kuat II-I).
7.        Kayu cendana memiliki kemungkinan susut adalah kecil hingga sedang.
8.        Daya retak kayu cendana adalah rendah hingga sedang.
9.        Tingkat kekerasan kayu kayu cendana adalah termasuk sedang hingga keras.
10.      Sifat pengerjaan kayu cendana agak sulit.


8.   KAYU MERANTI MERAH 
Hasil gambar untuk kayu meranti merah
wikipedia.com

 Kayu meranti merah termasuk jenis kayu keras, warnanya merah muda tua hingga merah muda pucat, namun tidak sepucat meranti putih. selain bertekstur tidak terlalu halus, kayu meranti juga tidak begitu tahan terhadap cuaca, sehingga tidak dianjurkan untuk dipakai di luar ruangan. Termasuk kayu dengan Kelas Awet III, IV dan Kelas Kuat II, IV. Pohon meranti banyak ditemui di hutan di pulau Kalimantan


9.   AQUILARIA, SP (Gaharu)
wikipedia

 ciri-ciri gaharu asli beraroma harum, ada sejenis kayu yang mempunyai getah mirip dengan gaharu, namun aromanya berbeda dengan gaharu, aromanya mirip kemenyan, bebtuk getah nya licin seperti kaca, ada pula yang berwarna hitam, ada pula yang berwarna coklat, dan juga mengandung damar yang sangat bnyak, untuk mencari getah gaharu perlu belajar dulu ciri-ciri gaharu asli, sebab banyak sekali macam kayu yang mirip dengan gaharu, baik daunnya maupun pohonnya, hanya saja gaharu memiliki kandungan damar wangi yang kuat, dan melekat di tangan apabila di pegang, aroma gaharu yang bagus kuat sebagai mana kuat nya aroma nilam, hanya saja aroma gaharu berbeda dengan aroma nilam, menurut salah seorang petani kopi yang sudah mengenal pohon gaharu, dan sipat-sipat pohon gaharu, apabila di hutan yang masih subur tanaman nya, dangan tanda-tanda buah-buahan masih dapat berbuah lebat secara alami, biasanya di hutan tersebut masih terdapat pohon penghasil gaharu, ada beberapa penyabab yang sering terjadi yang dapat membuat gaharu manghasilkan getah nya, dari pengalaman mereka yang pernah melihat biasanya pada pohon penghasil gaharu ada sejenis semut tertentu yang bersarang pada pohon penghasil gaharu tersebut, akibat pohon tersebut di hinggapi semut yang bersarang pada pohon tersebut, sehingga membuat lobang, maka pohon tersebut terimfeksi sehingga menghasilkan getah nya, seorang petani yang biasa mencari kopi luwak di perkebunan kopi pernah menemukan kayu yang mirip sekali ciri-cirinya dengan gaharu asli, namun ternyata getah yang di temukan nya tersebut bukanlah getah gahru, orang tua mengatakan namanya damar kaca, karna getah tersebut aromanya seperti kemenyan, sedangkan gubal gaharu aromanya harum sebagaimana aroma pardum, memang sebenarnya gaharu di gunakan untuk bahan pembuat parfum, yang mempunyai aroma wangi yang kuat, dan mampu mengalahkan aroma’AROMA YANG LAIN

10.  CIRI – CIRI TUMBUHAN MINT
Hasil gambar untuk TUMBUHAN MINT
paunadanflora
Mentha atau sering kali dikenal dengan kata "Mint" adalah tanaman  genus dari keluarga Lamiaceae. Berdasarkan informasi dari www.theplantlist.org, terdapat 38 spesies yang di akui dari 1.806 spesies yang terdaftar.
Tanaman mint mudah ditemukan, namun kadang-kadang kita tidak mengetahui ciri-ciri dari tanaman tersebut. Nah kali ini saya akan berbagi cara untuk mengidentifikasi atau mengenali tanaman mint.
1.     Perhatikan daunnya; pada umumnya varietas tanaman mint memiliki keistimewaan, tekstur ubby, dan  setiap batang mint memilki mahkota yang berkerumun sangat erat, tanaman min juta memiliki daun yang berwarna hijau terang.
2.     Petik daunnya kemudian cium; setelah anda memperhatikan daunnya akan tetapi anda belum yakin bahwa itu adalah tanaman mint, maka petik satu daun dari batang tanaman tersebut kemudian cium. Jika anda mencium bau mint yang sangat kuat, maka tidak usah ragu lagi, bahwa tanaman tersebut adalah tanaman mint.
3.     Periksa bunga dan mahkota pada tanaman mint; Peppermint contohnya, memiliki bunga berwarna ungu, sementara spearmint memiliki warna bunga merah muda.Sebagian besar bunga dari tanaman mint berukuran kecil dan tidak beraturan.
4.     Mengukur tinggi tanaman; Tanaman mint tumbuh dengan rata-rata tinggi 10-120 cm.
5.     Perhatikan lokasi tanaman mint tumbuh; Mint tumbuh subur di tempat yang teduh, berlembab dan dengan pencahayaan sedikit. Mint tidak akan tumbuh pada tanah kering atau berbatu yang mendapat sinar matahari sepanjang hari.

 Bagi adik-adik yang membutuhkan file dalam bentuk wordnya bisa di unduh di bawah ini




Post a comment for "Download Klippng Ciri-ciri Tumbuan (Bunga dan Pohon)"