Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Gagal Instal Aplikasi Dapodik 2019d



Aplikasi Dapodikdasmen Versi terbaru (Versi 2019.d) sudah resmi dirilis. Dalam proses instalasi ternyata masih banyak yang menemui banyak masalah. Masalah gagal Menginstal ini dikarenakan spesifikasi Komputer (PC) atau Laptop yang digunakan atau dipasangi Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019.d belum memenuhi spesifikasi minimum seperti yang tertulis dalam Juknis BOS pada Permendikbud No 3 Tahun 2019 mengenai spesifikasi komputer/laptop yang harus dimiliki:
  • Processor intel core i3 atau yang setara
  • Memori standar 4 GB
  • Hard drive 120 GB SSD/500 GB HDD
  • Sistem Operasi windows 10
  • Aplikasi terpasang peramban web google chrome, mozilla
Komputer/laptop yang tidak memenuhi persyaratan minimal ini nantinya akan muncul banyak masalah seperti Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019.d tidak bisa di instal dan hang / error saat mengisi data maupun gagal saat proses sinkronisasi. Padahal data dari Aplikasi Dapodik ini sangat penting bagi masing-masing sekolah, dan operator sekolah dituntut untuk bekerja secara cepat dan efisien.

Biasanya beberapa warning yang muncul antara lain:

The Program Can't Start Because api-ms-win-crt-runtime-/1-1.0.dll is missing from your computer. try reinstalling the program to fix this problem

The Program Can't Start Because VCRUNTIME140.dll is missing from your komputer. Try Reinstalling the Program to fix this Problem

Tidak dapat mengeksekusi berkas : C:/Program files/Dapodik/temp/vcredist/_x86-2017.exe CreateProcess gagal: kode 5, Access is denied

Permasalahan gagal install aplikasi dapodik Versi 2019.d di komputer / laptop ini biasanya bagi yang yang menggunakan sistem operasi windows 7 Sesuai dengan panduan dapodik 2019.c, Spesifikasi Minimum perangkat harus menggunakan windows 10. Tetapi di windows 7 atau 8 masih bisa digunakan untuk Aplikasi dapodik versi 2019c.

Bagi yang mengalami masalah (error) atau gagal memuat aplikasi dapodik di browser chrome atau browser mozilla Firefox saat instalasi Aplikasi dapodik 2019.c ini, diantara yang sering terjadi ada 2 yang perlu diperhatikan:
  • Pertama Windowns 7 Pada Komputer Anda belum pernah melakukan Instal/Update vs_redist.
  • Kedua adalah Net Framework Windowns 7 di Komputer/laptop juga belum pernah melakukan instal/Update.
Bagi yang mengalami Error atau setup failed ketika Melakukan Instal Aplikasi Dapodik 2019.c, Untuk yang kesulitan cara melakukan Update Aplikasi diatas, gunakan langkah-langkah berikut ini:

WINDOWS 7 UNTUK 32/64 Bit
1. Uninstal smua aplikasi yang berhubungan dengan aplikasi Dapodik
2. Download & Instal Service Pack 1 Windows 7 di link resminya dibawah :
Windows 7 dan Windows Server 2008 R2 Service Pack 1 x86/x32
Windows 7 and Windows Server 2008 R2 Service Pack 1 (KB976932)-x64
Windows 7 and Windows Server 2008 R2 Service Pack 1 (KB976932)-IA64
setelah selesai download dan instal, laptop akan restart sendiri.
3. Hapus Aplikasi Microsoft Visual  C++ 2015 jika tidak ada sama sekali bisa di abaikan, bisa lihat di control panel.

Jika Point nomor 3 tidak ada file C++ 2015 bisa di abaikan saja langsung saja instal point nomor 4
4. Download & Instal Microsoft Visual C++ di link resminya :
5. Download & Instal Update Windows 7 SP 1 di link resmi :
6. Instal Dapodik V. 2019c. Download Installer Dapodik Disini.
WINDOWS 8 UNTUK 32/64Bit



WINDOWS 8.1 UNTUK 64Bit

WINDOWS 10 UNTUK 32/64Bit
Windows 10 ini secara otomatis mengunduh dan menginstal pembaruan untuk memastikan perangkat telah aman dan mutakhir. Ini berarti telah dilakukan perbaikan terbaru dan pembaruan keamanan, membantu perangkat berjalan secara efisien dan tetap terlindungi.
Meskipun pembaruan diunduh dan diinstal secara otomatis, pembaruan itu mungkin tidak tersedia di semua perangkat secara bersamaan maka pembaruan telah siap dan kompatibel.
Untuk memeriksa pembaruan secara manual, pilih tombol Start, lalu pilih Setting> Update & Security> Windows Update, lalu pilih Cek Update.

Demikian informasi mengenai trik cara mengatasi masalah gagal instal Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019.d. Semoga Berguna.


Post a comment for "Cara Mengatasi Gagal Instal Aplikasi Dapodik 2019d"