Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apache Tidak Bisa Start Di Aplikasi Si Lala BOS


Apache adalah server web yang dapat dijalankan di banyak sistem operasi. Tidak hanya Microsoft Windows, Apache dapat berjalan di Unix, BSD, Linux serta sistem informasi lainnya.

Kepopuleran Apache dikarenakan aplikasi ini dapat digunakan sebagai pengganti hosting dan dapat berjalan di komputer lokal. Developer, khususnya developer website pasti sudah tidak asing lagi dengan web server ini.

Di Windows untuk melakukan instalasi Apache, biasanya satu paket dengan MySQL dan phpMyAdmin melalui aplikasi XMPP.  Sedangkan di sistem operasi Linux dapat di instal hanya Apache saja.

Meskipun sudah banyak digunakan di berbagai sistem informasi, terkadang ada masalah yang muncul saat menggunakan Apache. Berikut ini merupakan panduan untuk mengatasi Apache yang tidak start sehingga server tidak bisa berjalan.

Mengatasi Error Port pada Apache

Mengatasi Apache Tidak Bisa Start di Windows Masalah Apache Xampp tidak bisa start bisa start biasanya banyak ditemui pada sistem operasi Windows. Port 80 merupakan port yang digunakan Apache agar bisa digunakan. Masalah ini bisa jadi dikarenakan pada sistem operasi sudah ada aplikasi yang menggunakan port yang disediakan. Akibatnya service tidak bisa dijalankan.

Cara Mengatasi Apache Tidak Bisa Start

Aplikasi yang menggunakan port yang sama dengan Apache seperti Virtual Machine(VM), Skype, dan aplikasi lain. Error yang akan dimunculkan pada logs adalah Error: Apache shutdown unexpectedly.

Anda tidak perlu khawatir jika terjadi masalah tersebut, sudah banyak panduan yang tersebar di internet. Agar memudahkan Anda untuk memahami dan menyelesaikan permasalahan tersebut. Berikut ini adalah cara mengatasi Apache tidak bisa start.

Panduan berikut untuk mengatasi Apache yang tidak bisa start di Windows:

Hal pertama yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan perubahan pada file httpd.conf yang terletak di C:\BOS\apache\conf\ kemudian cari file httpd.conf
  • Langkah 1 – Buka file httpd.conf.

    Buka file tersebut menggunakan aplikasi editor, Anda bisa menggunakan notepad, sublime, atau lainnya.
  • Langkah 2 – Ganti beberapa atribut.

     ‘Listen 80’ diubah menjadi ‘Listen 8080’ ‘ServerName localhost:80’ diubah menjadi ‘ServerName localhost:8080’
Kemudian simpan.

Langkah 3 – Buka file httpd-ssl.conf

File httpd-ssl.conf berada di folder C:\BOS\apache\conf\extra\

Langkah 4 – Ganti beberapa atribut berikut:

‘Listen 443’ diubah menjadi ‘Listen 4499’‘
Virtualhost_default_:443’ diubah menjadi ‘4499’
Kemudian simpan.

Langkah 5 – Jalankan XAMPP Control Panel

Jalankan XAMPP Control Panel dan jalankan Apache menggunakan tombol start.

Post a comment for "Apache Tidak Bisa Start Di Aplikasi Si Lala BOS"