Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download Data Calon Peserta UN SD/SMP/SMA/SMK Tahun Pelajaran 2017/2018

Salam Operator Sekolah !!

Sahabat Operator yang berbahagia, mudah-mudahan kita semua diberi keberkahan dalam hidup dan ikhlas dalam menjalankan tugasnya hingga data sekolah kita berkualitas dan akurat.


Pada tahun pelajaran 2017/2018 ini data peserta UN sudah bisa di unduh di halaman

http://pdun.data.kemdikbud.go.id/. 

Pastikan kebenaran data diri siswa sehingga tidak terdapat kesalahan pada biodata UN nantinya, selain itu kita dapat mengecek data di Dapodik itu sendiri jika ada data seperti tanggal lahir yang belum sesuai bisa di edit di verpalpd.

Setelah kita memastikan kebenaran data peserta UN terssebut selanjutnya kita dapat mengunduhnya di halaman http://pdun.data.kemdikbud.go.id/  dalam unduhan terdapat dua file yang pertaa berekstensi .dz yang akan digunakan di aplikasi offline Bio UN dan yang ke dua berekstensi .xls berupa file excel. Di bawah ini langkah-langkah kita dalam mengunduh file peserta UN.

Baca tahap demi setahap ya supaya lebih dimengerti!!

Kita masuk ke halaman http://pdun.data.kemdikbud.go.id/  

Muncul tampilan seperti ini



Kita masukkan username dan pasword dapodik




Kita klik calon peserta UN kemudian akan muncul deretan nama siswa berikut dengan biodatanya.




tampilan terdiri dari Pengaturan Nomor Kursi,  Unduh File Calon Peserta UN, Unduh CPUN ke Excel, Unduh Berita Acara, dan Filter DB Berdasar NISN

PENTING !!!!!!

Oh ya teman-teman OPS sebelum kita mengunduh file calon peserta UN pastikan kita mengatur No Kursi dengan klik menu Pengaturan No Kursi supaya file excel yang kita download tidak kosong.

Banyak teman-teman OPS bertanya tentang file Excel Biodata Calon Pesrta UN yang didownloadnya kosong, penyebabnya adalah kita belum mengedit pengaturan no Kursi.

Nah sebaiknya kita mengisi pengaturan nomor kursi dulu sesuai dengan jumlah rombel masing-masing, setelah itu kita pastikan kebenaran data diri calon peserta UN apakah sudah sesuai, jika terdapat kesalahan kita bisa mengeditnya di https://sso.data .kemdikbud.go.id.

Selain file Excel kita juga dapat mengunduh file daam bentuk .dz nah utuk apa file yang ber ekstensi .dz kita unduh tersebut, ini akan kita gunakan pada aplikasi Bio UN atau DB UN sebagai data base dari calon peserta UN di sekolah kita.

Nah sekian dulu yang dapat saya sampaikan, mudah-mudahan ada manfaatnya bagi teman-teman OPS se Nusantara, terus kita tingkatkan kualitas data dengan bekerja secara ikhlas walaupun kita belum mendapat perhatian khusus dari pemerintah (Jadi curhat euuy) heeee. 

Semoga ada pejabat yang berwenang yang membaca artikel ini (walaupun agak mustahil hehe).

Sekali lagi terimakasih selamat bekerja Salam Satu Data Salam Operator Sekolah

Wassalamualaikum !!
Ruslan
Ruslan Seseorang yang suka menulis dikala senggang, hobi makan bakso dan suka ngajak jalan-jalan istri