Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Generate Prefile Dapodikdas

Dalam proses instalasi dapodikdas versi 3.00 kita wajib melakukan generate prefill. Apa itu generate prefill, Prefill sederhananya adalah sebuah proses  yang berguna sebagai back up database dapodik yang diambil dari server dapodik. Menurut web generate prefill Generate prefill adalah pembaharuan isi data prefill hasil sinkronisasi terakhir dari sekolah yang ditarik ke dalam file database persekolah. Sebagiamana kita tahua Ada beberapa macam jenis back up database dapodik, dengan cara manual, dengan dapodik helper dan yang terakhir dengan generate prefill.

Proses generate prefill bisa dilakukan oleh siapapun saat ini, namun untuk mendownload prefill hasil tadi tentu saja hanya bisa dilakukan oleh mereka yang mengetahui kode registrasi sekolah dalam dapodikdas. Tentu saja operator dapodik.

Generate prefill sendiri awalnya hanya bisa dilakukan oleh operator KKdatadik Kabupaten, namun saat ini sudah ada aplikasi yang bisa dilakukan oleh operator sekolah sendiri dengan memakai kode NPSN dan atau Kode Registrasi Dapodikdas.

Caranya cukup mudah, silakan masuk ke http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/prefill_final/generate_prefill.php
akan muncul tampilan gambar seperti dibawah, Pilih jenis prefill lalu masukkan kode NPSN




Bagi anda operator dapodikmen silakan buka di link http://sync.dikmen.kemdikbud.go.id/prefill/generate_prefill.php
Caranya sama saja dengan  dapodikdas
Setelah memasukkan kode NPSN klik generate, tunggu proses generate, Jika selesai akan muncul waktu proses generate dan data-data yang berhasil digenerate.





Nah tautan/link kata DISINI lah yang harus di klik untuk mendownload prefill tadi. Setelah di klik akan muncul permintaan download seperti gambar di atas. Nah buat anda operator yang mau coba-coba mau generate prefill silakan di coba.
Ruslan
Ruslan Seseorang yang suka menulis dikala senggang, hobi makan bakso dan suka ngajak jalan-jalan istri