Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Solusi Tidak Bisa Log In BOS Online



Entah mengapa sebabnya ketika saya hendak log in ke https://bos.kemdikbud.go.id/ untuk melaporkan BOS K7a pada saat memasukkan email beserta pasword muncul keterangan user name dan pasword tidak terdaftar hal tersebut saya coba hingga beberapa kali al hasil tetap tidak bisa log in, akhirnya saya coba mengirim email ke pelaporan.bos@gmail.com dengan format berikut:

Namun belakangan OPS dikeluhkan dengan susahnya masuk atau login ke https://bos.kemdikbud.go.id sehingga kesulitan untuk mengisi data pelaporan BOS di triwulan yang akan dilaporkan.

Selain itu ada surat edaran mengenai update rekening BOS sekolah Sesuai surat nomor : 0271/C/KU/2020 tentang Pemberitahuan  Pre Cut Off BOS Tahun  2020, terutama point 2 untuk verifikasi Data/Rekning, Saat ini di Bos Online rupanya sudah disediakan/sudah ada menu Update rekening, silahkan di cek dan di Update ...!!!

1. login (pakai user DAPODIK) ke : bos.kemdikbud.go.id dan da notif :
Segera update rekening sekolah untuk penyalura dan BOS
2. Pilih Menu Profil sesuai no 1
3. Setelah terbuka klik Update Rekening sesuai no 2
4. Silahkan pilih Kode Bank sesuai no 2
5. Simpan sesuai _no 4

Baca Juga :  Cara Mengerjakan ARKAS dengan Mudah

Namun untuk mengerjakannya OPS kesulitan untuk masuk dan berikut beberapa masalah dan solusinya agar bisa masuk ke bos online.

Permasalahan


1. 502 Bad Gateway
Menurut narasai yang saya baca penyebab 502 bad gateway yakni telah terjadi miss komunikasi antar-server. Kesalahan komunikasi tersebut tentu saja di luar kontrol kamu. Penyebab lainnya dari 502 bad gateway yakni terjadi kerusakan terhadap satu atau semua upstream server, server mengalami kelebihan muatan, terdapat bug di script PHP, cache browser bermasalah, serta gangguan jaringan. Penyebab lainnya yakni disebabkan ada masalah di Content Delivery Network (CDN) atau ada masalah terkait sistem nama domain.

Solusinya



  1. Hapus atau clear chance dan history di broswer teman-teman baik mozila atau Chrome.
  2. Coba di broswer lain seperti Internet Explorer 
  3. Jika cara ini masih tidak bisa berarti situs tersebut(bos online) sedang kelebihan muatan diibaratkan angkot diisi penumpang 25 orang jelas gak akan muat.(maaf perumpamaannya terlalu absurd). Kita coba log in pada saat tidak banyak yang login

2. Kesalahan Username dan Pasword

Pastikan Username yang diketikkan sesuai dengan di dapodik yang biasa teman-teman pakai saat login ke Dapodik. Selain itu di dapodik 2020 kita mengharuskan mengganti pasword Dapodik dengan yang baru nah pastikan sobat OPS ingat yah atau kita bisa simpan di pengaturan broswer sandi yang tersimpan

Solusinya

Pakai pasword yang terbaru di dapodik kita, jika memang pasword dapodik kita tidak ingat tapi tersimpan di broswer kita lihat saja di sandi yang tersimpan seperti gambar di atas.

3. Sever Sedang Sibuk

Seperti yang telah dijelaskan di atas salah satu penyebab tidak bisa login adalah karena kelebihan muatan sehingga terjadi trouble atau masalah pada jaringan yang akan kita akses.

Solusinya

  1. Kita akses di jam-jam yang tidak banyak dipakai orang lain biasanya pada waktu dini hari.(Sambil Shalat Tahajud)
  2. Kita coba dengan ping website tersebut dengan CMD
Kita buka CMD >>>> Klik kanan >>> Run as administrator

Setelah itu kita ketikkan ping data.dikdasmen.kemdikbud.go.id -t


*Update terbaru

Sepertinya TIM BOS pusat merespon dari keluhan OPS yang gagal login BOS. Baru-baru ini TIM BOS Pusat menambah alternatif Login BOS online. Yaitu dengan 2 pilihan antara login menggunakan SSO Dapodik dan Login Alternatif.
Login alternatif Bos Online

Dimana Login Alternatif kita memasukkan username email sekolah/email operator dapodik, NPSN dan Kode Registrasi Dapodik.


Demikianlah yang dapat saya sampaikan mudah-mudahan bermanfaat. Tetap semangat 

Salam Satu Data
Simak juga video di bawah ini:



Guru Honorer tidak tampil di aplikasi ARKAS


























2 comments for "Solusi Tidak Bisa Log In BOS Online"

  1. Artikelnya sangat membantu...saya juga mengalami hal itu, dan saya mencoba untuk berkirim email seperti yang anda anjurkan...terima kasih

    ReplyDelete
  2. mau tanya kode regis sekolah itu yang mana ya?

    ReplyDelete