Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rencana Kerja Tahunan Sekolah Dasar Tahun 2019/2020



RENCANA KERJA TAHUNAN SD


Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Pendidikan Nasional mempunyai fungsi dan tujuan sebagai berikut : Untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, beriman, cakap, kreatif mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Sekolah merupakan lingkungan pendidikan (Wiyata Mandala) dan Kepala Sekolah merupakan jabatan fungsional yang memiliki peranana yang sangat strategis dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah, oleh sebab itu kepala sekolah harus memiliki kemmapuan yang sesuia dengan standar yang kompetensi yaitu : Kepala Sekolah sebagai Pemimpin (Leader), Administrator, Wiraswastawan, Penyelia (Supervisor), sebgaai Pembina Iklim Kerja (Climate Maker) dan Kepala Sekolah sebagai Pendidik (Edukator).
Undang-undang no. 32 tahun 2004 tentang otonomi daerah, dan Undang-undang no. 25 tahun 1999, tentang perimbangan keuangan antara pemerintah pust dan daerah, serta Peraturan Pemerintah no. 25 tahun 2000, tentang pembagian kewenangan antara pemerintah pusat dan daerah memberikan nuansa baru dalam system pengelolaan pendidikan di sekolah, nuansa baru itu antara lain untuk melaksanakan desentralisasi pengelolaan pendidikan sejalan dengan otonomi daerah.
Desentralisasi pendidikan diharapkan mendorong peningkatan pelayanan pemerintah terhadap masyarakat yang bermuara pada upaya peningkatan kualitas pendidikan dalam tatanan yang palinmg bawah yaitu di sekolah, dalam hal ini Kepala Sekolah, Guru dan Komite Sekolah memegang peranan penting dalam upaya melaksankan desentralisasi pendidikan tersebut, untuk melaksankan hal itu, maka Kepala Sekolah SDN ....... menyusun Pedoman dan Program  Kerja Kepala Sekolah pada tahun 2019/2020 dengan latar belakang sebagai berikut :
1.      Sebagai realisasi Rencana Induk Sekolah (RIS).
2.      Memberi pedoman kepada kepala sekolah yang berperan sebagai manager, leader, administrator, wiraswastawan, supervisor, climate maker dan educator.
3.      Sebagai landasan dan acuan bagi kepala sekolah, guru, dan karyawan sekolah dalam melaksankaan tugas.
4.      mengangkat dan menggali potensi yang ada di sekolah.
Sebagai tindak lanjut dan kerja samasekolah, masyarakat dan pemerintah
Program Kerja/Rencana Kerja meupakan syarat mutlak yang harus dikerjakan, karena melakukan kegiatan tanpa rencana adalah ngawur dan sebaliknya ada rencana tanpa dikerjakan adalah mimpi. Rencana Kerja Tahunan ini merupakan acuan atau pedoman untuk melakukan suatu kegiatan agar pekerjaan itu dapat berjalan lancar, tertib, terarah dan terkendali. 

Berikut hanya saya tampilkan covernya saja jika ingin anda download isinya sebagai referensi atau contoh silahkan di 



6 comments for "Rencana Kerja Tahunan Sekolah Dasar Tahun 2019/2020"